Rabu, 12 Desember 2012

laporan ke3_tokoh masyarakat_tiara desta arum_kpi1d

PERUBAHAN YANG DIBAWA OLEH SEORANG KETUA LINGKUNGAN MASYARAKAT_TIARA DESTA ARUM(1112051000124)_KPI1D
 
1.      LATAR BELAKANG
Adanya tokoh masyarakat dalam sebuah lingkungan tentulah sangat penting karena seorang tokoh masyarakat tentulah akan menciptakan sebuah perubahan pada lingkungan masyarakat tersebut, seperti seorang ketua RT tentulah ia harus mempunyai visi dan misi dalam menjalankan programnnya untuk memajukan suatu lingkungan tersebut menjadi apa yang telah ditujukan dan diharapkan oleh warganya.
Dalam penelitian ini alasan penulis memilih seorang Ketua Rukun Tetangga, karena dari sebuah sistem lingkungan terkecilpun seorang tokoh masyarakat akan membawa suatu perubahan dan pengaruh terhadap lingkungannya, dan ia pun akhirnya banyak dikenal lingkungan masyarakat sebagai seorang tokoh masyarakat.
 
2.      PERTANYAAN POKOK
 
1.      Perubahan apa saja yang telah bapak lakukan dalam lingkungan Bulak Barat ini, sebagaimana bapak seorang Ketua Rukun Tetangga diwilayah ini?
 
Jawaban    : Tentu banyak dan sedikit agak sulit, yaitu karena pada awalnya saya adalah seorang pendatang jadi perlu banyak adaptasi dan belajar banyak hal terhadap lingkungan baru, namun setelah saya berhasil menjalankan visi misi saya sebagai seorang Ketua Rukun Tetangga Alhamdulillah banyak yang memberi dukungan untuk saya dalam melakukan perubahan agar menjadi lebih baik lagi terhadap lingkungan ini.
 
3.      METODE
 
·         Metode Penelitian   : Disini penulis menggunakan metode Kualitatif, agar mendapatkan data yang deskriptif dari narasumber
·         Waktu Penelitian     : 12 Desember 2012 ( 19.00-20.00 WIB)
·         Lokasi Penelitian     : Jl.Bulak Barat Rt.001/08 Cipayung No.38 ,Depok
 
4.      GAMBARAN SUBJEK PENELITI
Bapak Rt. Topik Kurohman adalah seorang Ketua Rukun Tetangga diwilayah Bulak Barat Cipayung,Depok ia sudah tiga kali periode menjabat sebagai seorang ketua RT diwilayah Bulak Barat, sebenarnya bukan keinginannya untuk menjadi seorang ketua RT sampai tiga kali berturut-turut, namun masyarakatlah yang memilih dirinya. Pada awalnya Bapak Topik ini kurang mendapatkan dukungan dari warga sekitar yang mayoritas orang asli wilayah tersebut, karena Bapak Topik ini adalah seorang pendatang yang masih belum mengerti akan perbedaan dan berbedanya suatu adat dan pola pikir masyarakat pada suatu daerah. Namun seiring berjalannya waktu dan pembuktian serta perubahan yang dibawanya akhirnya dapat merubah cara pandang masyarakat tersebut terhadap dirinya sebagai orang yang masih awam terhadap lingkungan tersebut.
Hal yang ia lakukan untuk membuat masyarakat percaya pada beliau ialah meyakinkan bahwa ia bukanlah seorang ketua lingkungan yang ingin menjadi penguasa yang harus ditakuti melainkan ia adalah seorang ketua lingkungan yang akan menjadi seorang pelayan masyarakat yang siap membantu masyarakatnya terhadap lingkungannya. Dan mengakifkan program-program struktur organisasi pada sebuah lingkungan dan ia juga menggalangkan program-program yang dapat dilakukan oleh masyarakat seperti kerja bakti.
 
5.      ANALISIS
Suatu pengaruh yang sangat signifikan sepertinya yang dilakukan Bapak Topik ini, sehingga membuat banyak masyarakat yang mempercayainya agar menjadi Ketua Lingkungan yang sudah berjalan tiga periode ini, yang sebelumnya ia mendapat sindiran dan kritikan dari masyrakat karena ia belum mengetahui banyak hal tentang adat, letak georagis suatu lingkungan, dan pola pikir masyarakat yang berbada tiap daerahnya. Namun semangatlah yang membuat ia harus berjuang dalam mengemban tanggung jawab yang telah diberikan kepadanya.
Pengalaman yang menarik saat mengetahui perjalanan beliau, pengaruh positif yang ia bawa dapat meluluhkan hati warganya yang manuai kritikan terhadap dirinya sebelumnya, perubahan dan pengaruh terhadap cara pandang masyarakat yang berbeda tiap daerah, suku, adat dan letak geografis yang harus ia ubah dengan memandang masa depan yang harus maju dengan bersama-besama dengan perbedaan yang ada karena kita adalah orang Indonesia yang berprinsip "bhineka tunggal ika" . visi misi yang baiklah yang dapat memajukan suatu lingkungan dan dukungan dari masyarakat pulalah yang dapat mensukseskan suatu program yang telah dirancang untuk sebuah kebaikan.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini