Rabu, 12 Desember 2012

sosiologi agama_Dinda Tiara Alfianti_KPI 1D_laporan ke 4

Nama                  : Dinda Tiara Alfianti
NIM          : 1112051000102
Jurusan   : KPI 1D
Bapak RT yang Memberi Perubahan
 
I.              Latar Belakang
      Pemimpin adalah seseorang yang berperan penting dalam sebuah lembaga, organisasi serta negara. Sifat kepemimpinan juga sangat penting bagi seorang pemimpin.
      Seorang pemimpin yang baik adalah seorang pemimpin yang adil, bijaksana, dapat menjadi panutan bagi masyarakatnya dan lain sebagainya. Suatu negara, organisasi, daerah atau lembaga akan menjadi sangat maju dan makmur apabila mempunyai pemimpin yang memiliki sifat kepemimpinan yang baik.
.
II.            Pertanyaan Pokok
      Pemimpin yang bagaimana yang dapat merubah masyarakat menjadi lebih baik?
III.           Metode Penelitian
      Metode penelitian yang saya gunakan dalam studi kasus ini adalah kualitatif. Karena bersifat obyektif, lebih banyak mengambil informasi melalui wawancara yang mendalam. Selain itu juga dapat lebih cepat mengambil data-data.
      Lokasi penelitian : Jl. Maruga 2 Rt06/04 no.1 Pamulang 2
      Waktu penelitian : Senin, 9 Desember 2012 pkl. 14.30-17.00
      Dalam penelitian ini mengamati seorang ketua RT bernama Bapak Samin Suwarno yang sangat bijaksana dalam memimpin warga nya.
IV.          Gambaran Subjek
      Narasumber penelitian saya kali ini adalah Bapak RT dari RT04 Kp.Maruga. Beliau telah menjadi Ketua RT sejak 4 tahun yang lalu. Awalnya beliau tidak berminat dan tidak percaya diri untuk mengajukan diri menjadi Ketua RT tetapi para warga sangat manginginkan Bapak Samin menjadi Ketua RT.
      Dan hasilnya terpilihlah beliau menjadi Ketua RT. Dan sampai saat ini beliau berhasil membuat maju lingkungan yang ia pimpin.
 
V.           Analisis
      Awalnya Rt04 Kp.Maruga merupakan lingkungan yang sangat tidak aktif ketua RT nya. Tidak pernah ada kegiatan apapun apabila ada hari-hari besar atau nasional. Misalnya ketika 17 Agustus tidak ada lomba apapun untuk memeriahkan hari tersebut. Itu semua karena ketua RT tersebut tidak pernah menjalankan tugasnya dengan baik.
      Sampai pada akhirnya para warga jenuh dan menginginkan pemimpin yang baru. Lalu dibuatlah rapat dan pengumpulan suara untuk memilih Ketua RT yang baru. Ada 3 calon saat itu yaitu Bapak Wahid, Alfian dan Bapak Samin. Ketiganya adalah orang-orang yang dipercaya oleh warga.
      Setelah dikumpulkan suara terpilihlah Bapak Samin Suwarno. Beliau sudah lama menetap diRT04, beliau juga mempunyai kharisma sehingga membuat para warga memilihnya.
      Di dalam keluarganya beliau adalah seorang ayah yang disiplin dan bijaksana terhadap anak-anaknya. Anak-anaknya adalah anak-anak yang baik dan sopan santun. Beliau selalu mengajarkan anak-anaknya hal-hal yang baik. Beliau juga sangat disegani oleh saudara-saudaranya karena kebijaksanaanya.
            Dalam memimpin beliau sangat adil dan bijaksana. Banyak kegiatan yang diadakan beliau apabila ada hari-hari besar atau nasional. Seperti 17 Agustusan, Isra mi'raj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini