Rabu, 12 Desember 2012

Laporan3_Wita Eka Sucita_KPI 1D (jilid 1) tokoh yang bepengaruh

Nama              : Wita Eka Sucita
NIM                : 1112051000126
Kelas               : KPI 1D
 
Tokoh Yang Berpengaruh Dilingkungan Masyarakat
 
A.      Latar Belakang
Dengan Berkembangnya dunia modern ini kehidupan masyarakat sangatlah berbeda dengan kehidupan di masyarakat yang dulu, banyak masyarakat yang mulai acuh dengan lingkungannya padahal banyak orang-orang yang membutuhkan bantuan untuk berubah menjadi yang lebih baik lagi. Maka dari situlah dibutuhkan seseorang tokoh yang dapat merubah kehidupan menjadi lebih baik lagi karena lewat seseorang itulah kehidupan menjadi lebih baik lagi.
Salah satu cara agar kita dapat mengubah kehidupan menjadi lebih baik adalah mencoba menerapkan contoh baik yang ditanamkan tokoh untuk masyarakat.. Oleh karena itu saya memilih metode penelitian ini dengan tema tokoh yang bepengaruh dilingkungan masyarakat.
 
B.      Pertanyaan Pokok Penelitian
Bagaimana cara mengubah pola pikir masyarakat agar masyarakat dapat menjadi lebih baik lagi?
 
C.      Metode Penelitian
Metode yang saya gunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif.  Metode ini sangat akurat dalam mengambil data-datanya karena dilakukan langsung kelapangan melalui tekhnik wawancara dengan narasumber.
Lokasi :  Kediaman H. Sayuti Nurulloh
Waktu  : Minggu, 9 Desember 2012
 
D.      Gambaran Subyek/Obyek penelitian
Yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah H. Sayuti Nurulloh, seorang ustad dan pemilik yayasan islam ar-rohman.
 
E.       Analisis
            kehidupan masyarakat di daerah ini sangatlah terpuruk karena kebanyakan yang tinggal di sini adalah orang-orang yang berpenghasilan menengah kebawah. Karena dari situlah masyarakat disini banyak yang berprilaku menyimpang seperti berjudi, minum-minuman, hingga tindakan kriminal lainnya.
Kurangnya pendidikan yang dimiliki oleh masyarakat itulah yang membuat banyak perilaku menyimpang. Maka dengan hadirnya seorang ustad Sayuti inilah sedikit demi sedikit mengubah pola pikir masyarakat agar manjadi lebih baik lagi.
Langkah awal yang beliau lakuakan adalah dengan membuka pengajian karena menurut beliau modal utama untuk merubah pola pikir yang buruk adalah lewat mengaji, al-qur'an telah menjelaskan baik buruknya tingkah manusia maka dari itu ustad Sayuti memberikan pendidikan agama terlebih dahulu.
Setelah beliau memberikan ilmua agama kemudian beliau mendirikan sebuah taman kanak-kanak, beliau bilang anak-anak adalah obyek yang paling penting untuk di ubah karena masa depan kehidupan selanjutnya ada di anak-anak yang nantinya akan menjadi generasi berikutnya, apabila anak-anak salah mendapatkan pengajaran dari orang tua dan lingkungan sekitarny maka itu akan menjadi dokrin sendri dalam pola pikir anak tersebut, disitulah yang ingin di ubah ustad supaya kehidupan yang selanjutnya tidah menjadi hancur.
Dari taman kanak-kanak kemudian beliau mendirikan madrasah ibtidaiyah dan sekolah menengah pertama dengan kerja samanya dengan suatu lembaga sosial. Kedua sekolah ini bisa dikatakan sekolah gratis untuk masyarakat yang tidak mampu. Karena memang sekolah ini tidak memungut biaya apapun, tujuan dari sekolah ini didirikan agar anak-anak tidak putus sekolah dikarenakan biaya sekolah yang mahal.
Dilingkungan masyarakat ustad sangatlah dihormati dan disegani. Walaupun demikian beliau tidak lantas diri sombong karena hal tersebut, beliau tetap pada koridor rendah hati dan ramah kepada tetangga. Bahkan beliau mendirikan sebuah panti asuhan dan podok pesantren di samping rumah beliau, untuk menolong masyarakat yang tidak mampu dilingkungan lain bahkan diluar daerah tempat tinggalnya.
Menurut keluarganya beliau adalah sosok ayah yang tegas tapi bukan karena galak melainkan beliau ingin keluarganya terutama anak-anaknya tidak menjadi sampah masyarakat.beliau ayah yang sanyang pada anak-anaknya, serta beliau sangat mencitai istrinya, walaupun beliau jarang ada dirumah dikarenakan harus ceramah dari satu tempat ke tempat lainnya. Tapi beliau selau memberikan kabar kepada keluarganya dirumah melaui seluler.
Berdasarkan penelitian yang saya lakukan pada tanggal 9 Desember 2012 ini saya dapat menyimpulkan  bahwa Ustad Sayuti Nurulloh ini merupakan seorang tokoh yang pantas untuk ditiru dan beliau juga mampu untuk merubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik terutama dalam masalah akhlak.
Sekolah yang beliau dirikanpun semakin lama semakin banyak peminatya, karena sudah mulai banyaknya masyarakat yang memiliki pemikiran bahwa pendidikan itu penting dan mulai menghilangkan kebiasaan buruk mereka seperti berjudi, minum-minuman keras hingga tindak kriminal lainnya manfaat yang positif dari yang beliau tanamkan kepada masyarakat  ini setiap tahunnya beberapa santrinya mampu mengurus kepanitian masjid dilingkungan dengan jujur dan adil serta anak-anak dari lulusan smpnya setidaknya memiliki ijazah untuk bekal mereka kedepannya dalam mencari pekerjaan walaupun itu semua tiak ada apa-apanya di jaman semoderen ini.
F.       Daftar Pustaka
Narasumber     :  H. Sayuti Nurulloh
                           H. Biqih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini