Rabu, 12 Desember 2012

Tugas Sosiologi_Fadel M.Anugrah_Tokoh AGAMA

·        Fadel M. Anugrah  

·        1112051000113

·        KPI 1 D 2012

 

INSTITUSI TOKOH AGAMA

 

·         Latar Belakang

Saya memilih tokoh agama dalam tugas ini adalah seorang Kiyai yang merupakan seorang pendiri sekaligus pimpinan pondok pesantren darunnajah, yang sebagaimana saya seorang santri di pondok pesantren darunnajah dari semenjak SMP hingga SMA.

·         Metode Penelitian

Saya menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini saya lakukan pada tanggal 10 Dessember 2012 yang bertempat di Jl. Ulujami n Pondok Pesantren Darunnajah. Beliau adalah Drs. K.H. Mahrus Amin.  Karena menurut saya beliau adalah seorang tokoh yang sangat berperan penting dalam menegakkan suatu agama.

 Raya no: 86. Disini saya melakukan penelitian tentang pengaruh seorang tokoh Kiyai Mahrus tersebut terhadap keluarga, komunitas dan masyarakat di sekitarnya.

·         Waktu penelitian

          Hari/tanggal : Senin, 10 Desember 2012

          Tempat         : Pondok Pesantren Darunnajah 1  

·         Gambaran Subyek dan Obyek

Saya meneliti seorang tokoh yang sangat memberikan manfaat kepada santri-santrinya, keluarganya, dan tentunya orang orang di sekitarnya. Beliaumerupakan salah satu pendiri dan pemimpin di Ponpes Darunnajah beliau adalah Drs. K.H. Mahrus Amin. Beliau sangat berpengaruh besar untuk orang-orang disekelilingnya karena beliau adalah salah satu pejuang yang menjunjung tinggi Agama Islam.

\

·         Analisis

Drs. K.H. Mahrus Amin ini adalah sosok yang sangat luar biasa sekali karena beliau tidak pernah berhenti mengeluarkan ide-ide dan selalu berpikir apalagi yang akan dkerjakan. Beliau selalu berpikir positif dan mempunyai optimisme yang tinggi dalam menjalankan idenya. Beliau adalah sosok yang sederhana, tekun, ulet, low profile dan mempunyai jiwa kepemimpinan dan beliau juga mempunyai jiwa entrepreneurship. Beliau dilahirkan di sebuah desa yang latar belakangnya biasa saja tapi beliau mampu menciptakan karya-karya besar yang sebelumnya dianggap aneh oleh orang lain karena mereka kurang percaya dengan mimpi-mimpi beliau tersebut. Dan pada akhirnya beliau mempunyai mimpi bersama 3 rekannya untuk membangun sebuah pondok pesantren yang sampai saat ini telah berdiri Pondok Pesantren Darunnajah. Dan beliau telah mewujudkan mimpinya dengan membangun 12 cabang PP Darunnajah tersebut.

Beliau mempunyai 4 orang anak yang telah sukses dalam hidupnya. Beliau selalu menjadi panutan dalam keluarganya dan selalu menjadi gambaran dalam keluarganya, karena beliau merupakan pemimpin yang tak kenal lelah untuk memipin keluarga, komunitas, dan masyarakat. Dan beliau selalu mengajarkan kepada keluarganya untuk selalu sederhana karena sederhana itu bukan berarti miskin akan tetapi sederhana itu selalu bersyukur terhadap apa yang telah kita miliki. Menurut cucunya yang bernama Nabilah Sari yang pada saat ini menmba ilmu ke negri Jepang beliau adalah seseorang yang mempunyai cita-cita tinggi yaitu membangun pesantren gratis diseluruh Indonesisa, tujuannya adalah agar semua anak bisa merasakan pendidikan yang bermanfaat bagi agama dan Indonesia.

Selain itu, beliau juga sangat berperan penting bagi santri-santri beliau. Kiyai Mahrus ini telah mempunyai beribu-ribu santri yang telah beliau didik bersama para ustad dan ustadzah. Dan saya adalah salah satu dari santri yang beruntung karena dapat bertemu dengan beliau. Para santri disini sangat mencontoh beliau dalam kehidupan sehar-harinya. Karena beliau telah mengajarkan suatu ilmu yang sangat bermakna baik itu dalam pelajaran maupun dalam kehidupan. Entah apa yang pantas diucapkan untuk seseorang yang sangat luar biasa sekali seperti beliau. Beliau selalu menggunakan kata "menggembleng para santrinya dengan ilmu". Dan beliau tidak pernah lelah dengan apa yang telah beliau ajarkan kepada mereka. Dan beliau selalu mengajarkan bagaimana cara dipimpin dan memimpin.

Dan sejumlah upaya kemudian beliau lakukan secara gigihuntuk mendekatkan masyarakat dengan pesantren. Diantaranya, dengan menghidupkan para pengrajin peci dan melebur dengan masyarakat lewat sarana olahraga dan Majlis Taklim. Karena beliau selalu mengajarkan "kita hidup untuk dan demi masyarakat. Dimana saja kita berada kita harus selalu menjadi seseorang yang bermanfaat dan beliau mempunyai cita-cita untuk membangun 1000 pesantren di Indonesia. Subhanallah .. dan tentu saja berkat usaha beliau dan rekan-rekannya kini Darunnajah merupakan Pondok Pesantren yang mempunyai nama di dalam dan luar negri.

 

NARASUMBER :

·       Savinnatunajah

·       Fadel M. Anugrah

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini