Senin, 16 Maret 2015

Tugas1_Aulia Ulfa (1113054000020)_Pengertian dan Ruang Lingkup Antropologi Budaya

Antropologi Budaya
A.    Pengertian dan kegunaan mempelajari antropologi
Secara etimologi, antropolgi berasal dari dua kata, yaitu Antrop dan Logos. Antrop berarti manusia, sedangkan Logos berarti kajian, diskusi, atau ilmu. Ilmu pengetahuan antropologi mengkaji manusia dalam bermasyarakat, berperilaku, dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri. Objek dari antropologi adalah manusia di dalam suatu masyarakat suku bangsa, kebudayaan, dan perilakunya.
 Pengertian  antropologi menurut para ahli :
1.      Menurut Haviland (1985) antropologi ialah studi tentang manusia dan perilakunya dan melaluinya diperoleh pengertian lengkap tentang keragaman manusia.
2.      Menurut Koentjaraningrat (1990) antropologi memperhatikan lima masalah mengenai manusia yaitu:
a. Masalah perkembangan manusia sebagai makhluk biologis
b.  Masalah sejarah terjadinya aneka warna manusia dipandang dari sudut cirri-ciri tubuhnya
c. Masalah sejarah asal, perkembangan serta penyebaran berbagai macam bahasa di seluruh dunia
d.  Masalah persebaran dan terjadinya aneka kebudayaan manusia di seluruh dunia
e. Masalah dasar-dasar dan aneka warna kebudayaan manusia dalam kehidupan masyarakat-masyarakat dan suku-suku bangsa yang tersebar di seluruh bumi pada zaman sekarang ini.
 
Tujuan dari Mempelajari Antropologi
Antropologi mempunyai 3 tujuan utama, yaitu;
1.      Memahami manusia sebagai kelompok tertentu secara keseluruhan.
2.      Mendeskripsikan selengkap mungkin tata cara kehidupan kelompok manusia dari berbagai sudut belahan bumi pada setiap periode dan karakter fisik manusia yang hidup pada kelompok itu
3.       Menemukan prinsip-prinsip umum tentang gaya hidup manusia serta bagaimana gaya hidup itu terbentuk
Menurut pendapat saya, kita harus mempelajari antropologi budaya karena sebelum kita mengembangkan dan memberdayakan suatu kelompok, kita harus mengetahui terlebih dahulu latar belakang kelompok tersebut seperti apa, gaya hidup, pola piker dan kebudayaan yang ada didalam kelompok tersebut. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk membaur dan mensosialisasikan program-progran yang sudah dibuat kepada kelompok masyarakat yang dituju.
 
B.     Pengertian dan ruang lingkup antropologi budaya
Antropologi budaya adalah antropologi yang mempelajari asal usul kebudayaan manusia, penyebaran, dan sejarahnya. Antropologi budaya secara umum mempelajari karateristik tingkah laku manusia sebagai hasil kebudayaannya, baik dahulu, sekarang dan yang akan datang. Antropologi budaya mempelajari kebudayaan pada umumnya dan kebudayaan berbagai bangsa didunia 
Ruang lingkup Antropologi budaya lebih memfokuskan perhatiannya pada kebudayaan manusia ataupun cara hidupnya dalam masyarakat. Antopologi budaya juga merupakan studi praktik-praktik sosial, bentuk ekspresif, dan penggunaan bahasa, dimana makna diciptakan dan diuji sebelum digunakan oleh masyarakat. Menurut Haviland (1992:12) cabang antropologi dibagi menjadi tiga bagian yaitu:
1)      Antropologi Prehistori
2)      Antropologi Etnolinguistik
3)      Antropologi Etnologi
 
Antropologi budaya sangat berpengaruh dalam proses pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, dikarenakan antropologi budaya mempelajari asal usul kebudayaan baik yang ada pada masyarakat itu sendiri. Antropologi budaya sangatlah penting dalam pengembangan masyarakat. Dengan antropologi budaya seorang pengembang masyarakat akan tahu asal usul baik kebudayaan, adat isti adat, suku bangsa serta sejarah manusia dan budaya masyarakat yang dituju. Setelah seorang pengembang masyarakat mengetahui secara detail bagaimana keadaan masyarakat tersebut, barulah ia bisa mengembangan masyarakat tersebut
 
DAFTAR PUSTAKA
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini