Senin, 10 Desember 2012

Ahmad Fauzi - lap.1 - toko Achiva


Persaingan antar toko elektronik di Poins Square

Nama : Ahmad Fauzi

NIM : 1112051100026

 

1.      Latar belakang

Melihat persaingan antar toko, saya ingin mengetahui bagaimana cara toko-toko tersebut bersaing untuk menjadi yang terbaik dan apa saja strategi yang di pakai untuk menyaingi totko-toko yang lain.

2.      Pertanyaan pokok penelitian

-          Apa strategi yang di pakai dalam menyaingi toko-toko yang lain?

Disini saya mewawancarai sebuah toko elektronik yang menjual semua aksesoris komputer yang bernama Achiva. Achiva memakai strategi yang sangat jarang di gunakan oleh pedagang-pedagang lain yaitu tidak main harga dan berjualan dengan jujur. Karena toko-toko yang bersaing dengan Achiva rata-rata memainkan harga.

-          Apa ada pelanggan yang menawar dengan harga di bawah harga aslinya?

Achiva sering mendapat pelanggan seperti itu. ada yang menawar sampai harga barang tersebut seperti harga barang yang bukan berkualitas. Dan ada pula pelanggan yang sok tahu. "pernah ada pelanggan yang sok tahu, dia nanya ada ga VGA card yang 4GB tapi dia ngotot kalo itu ada. Padahal VGA card maksimal 2GB" jelas ketua toko.

3.      Metode penelitian

Saya memakai metode kualitatif karena data yang saya dapatkan lebih factual. Saya mewawancarai salah satu toko di POINS SQUARE tepatnya di lantai 2 no.87 pada hari jum'at 9 November 2012.

4.      Gambaran subyek/obyek penelitian

Saya mewawancarai Yusliani sebagai ketua toko Achiva. Karena beliau adalah anak dari pemilik toko yaitu Yuslan Abadi.

5.      Analisis

Dalam persaingan antar toko di Poins Square. Macam-macam strategi di pakai oleh pedagang. Ada yang saling menjatuhkan walaupun itu tidak langsung dan ada juga yang memakai cara yang sangat kejam dengan memainkan harga supaya barang yang di jual toko tersebut laku di beli oleh para pelanggan. Dalam hal ini saya menemukan sesuatu yang menarik yaitu kejujuran. Kejujuran yang di praktekan oleh Achiva ini sebenarnya penting namun banyak pedagang yang tidak menghiraukan cara apa saja yang membuat dagangannya laku.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini