Senin, 10 Desember 2012

Muhammad Arfian Mubarak - Laporan 2 - Rohis 53

Organisasi Islam Intra Sekolah (ROHIS) SMAN 53 Jakarta

 

Nama : Muhammad Arfian Mubarak

NIM : 1112051100013

 

I.            Latar belakang

Rohis berasal dari kata "Rohani" dan "Islam", yang berarti sebuah lembaga untuk memperkuat keislaman. Rohis biasanya dikemas dalam bentuk ekstrakurikuler (ekskul). Padahal fungsi Rohis yang sebenarnya adalah forum, mentoring, dakwah, dan berbagi. Susunan dalam rohis layaknya OSIS, di dalamnya terdapat ketua, wakil, bendahara, sekretaris, dan divisi-divisi yang bertugas pada bagiannya masing-masing. Rohis umumnya memiliki kegiatan yang terpisah antara anggota pria dan wanita hal ini dikarenakan perbedaan muhrim di antara anggota. kebersamaan dapat juga terjalin antar anggota dengan rapat kegiatan serta kegiatan-kegiatan di luar ruangan. utama rohis mendidik siswa menjadi lebih islami dan mnegenal dengan baik dunia keislaman, dalam pelaksanaannya anggota rohis memiliki kelebihan dalam penyampaian dakwah dan cara mengenal Allah lebih dekat melalui alam dengan tadzabur alam, hal itu karena dalam kegiatannya rohis juga mengajarkan hal tersebut. Rohis selalu mendekatkan anggotanya kepada Allah SWT, dan menjauhkan anggotanya dari terorisme, kesesatan, dsb.

Rohis manfaatnya sangat luar biasa, ketika banyak masalah kita bisa berbagi ke sahabat kita lewat Qodoya (salah satu acara dalam mentoring) dan mendapatkan banyak solusi dari sahabat kita yang seiman. ana mersakan itu. ana pun banyak teman di rohis ini. dan berbagai macam rupa orang kita bertatap muka. tapi belkangan ini anggota rohis semakin sedikit (berkurang peminatnya). tapi perjuangan harus tetap kita teruskan yakinlah Allah bersama kita. saya jadi ingat janji Allah dalam Al-Qur'an "Barang siapa menolong agama Allah, niscaya Allah akan menolong kita". tetap semangat dan terus berjuangan kebenaran harus kita tegakan.

Rohis juga bermanfaat untuk kaum muda mudi di dunia untuk mengetahui jati diri nya.. dan menambah sisi positif pada diri kita dan menjahui sisi negatif pada diri kita

 

II.         Pertanyaan pokok penelitian

1.   Apakah sesungguhnya makna dan fungsi dari rohis itu sendiri bagi masyarakat sekitar?

2.   Bagaimana perkembangan rohis sejak berdirinya rohis di sekolah ini?

3.   Metode penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah metode kualitatif. Karena lebih mudah bagi saya untuk mewawancarai individu secara langsung dibanding memproses suara/pendapat khalayak banyak.

Waktu Penelitian: Hari Sabtu, 10 November 2012, pukul 3 sore.

Tempat        : Masjid Al-Qodar, SMAN 53 Jakarta, Cipinang Jaya, Jakarta Timur.

4.   Gambaran subyek/obyek penelitian

Narasumber adalah Yarham Ramadhan, alumni rohis angkatan 2007. Beliau adalah mantan wakil ketua rohis di angkatannya dan merupakan mentor dari para anggota rohis yang masih aktif di sekolah sekarang.

5.   Analisis

Rohis berasal dari 2 kata yaitu Rohani dan Islam, yang berarti sebuah lembaga untuk memperkuat nilai keislaman dan biasanya rohis dikemas dalam bentuk ekstrakulikuler di dunia pendidikan. Nama rohis disini adalah Roleega. Roleega merupakan singkatan dari Rohis SMAN 53. Fungsi rohis yang sebenarnya adalah forum mentoring, dakwah dan berbagi antar sesama anggota maupun antar anggota dengan sang mentor itu sendiri.


Sejarah Berdirinya Rohis SMAN 53 Jakarta Angkatan Awal

§  Pendiri pertama Fahmi Islam, Fahmi Muzahar, Pak Asep Suhendra, SAg

§  Fahmi Islam Lulusan Al Azhar Mesir anak dari Anggota dewan Fraksi Golkar Komisi 10 begerak di bidang pendidikan dan sekarang beliau berdakwah sampai keluar Indonesia

§  Fahmi Islam dakwah di kelas IPA

§  Fahmi Muzahar di Kelas IPS

§  Pak Asep mulai membangkitkan dakwah dari kesenian dan sekarang beliau menjadi Guru Agama Islam di Mts.Negeri 25 dan sebelumnya Menjadi Guru Honorer di SMAN 53 Jakarta

§  Setelah masa awal dakwah dan pendirinya lulus dari SMAN 53

§  Dimulai kegiatan mentoring


LATAR BELAKANG BERDIRINYA ROHIS

§  Melatar belakangi dari Sirah Nabawiyah, sahabat,salafus salih, khulafaurasyidin.

§  Berdirinya Gerakan Islam Al Ikhwan Al Muslimun 1928.

§  Al Ikhwan Al Muslimun berjuang untuk kemerdekaan Negara-negara di dunia yg terjajah, termasuk Palestina dan Indonesia.

§  Pemuda Indonesia belajar ke Mesir dan mengambil gagasan pergerakan Al Ikhwan Al Muslimun.

§  Sejarah pergerakan Islam zaman penjajahan (Sumpah Pemuda).

§  Kedaulatan Indonesia merdeka dan negara yg pertama kali mengakuinya adalah Mesir.

§   Tahun 1960 sampai 1980 dimulai lagi kegiatan kegiatan yang hedonisme.

§  Tahun 1980 pelajar-pelajar Indonesia yang belajar di Universitas Islam tertua Al Azhar  kembali ke Indonesia mengembangkan dakwah di negerinya.

    §  Dakwah mulai di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. 

Daftar ketua pengurus Rohis periode 1996-2013

  1. 1996 Ketua Rohis Pak Ardi
  2. 1999 Ketua Rohis Pak Arif
  3. 2000 Ketua Rohis Kak Fandam
  4. 2001 Ketua Rohis Hendra Winata Kusuma Rohis mulai terbuka karena ketua rohisnya Supel dan pandai bergaul (Pendekatan kebaikan)
  5. 2002 Ketua Rohis Kak Hermanto (Rohis tukang Takbir, Tukang nasyid, Tukang belajar, Tukang nginep, Tukang main bola)
  6. 2003 Ketua Rohis Imanullah
  7. 2004 Ketua Rohis Salman Farisi
  8. 2005 Ketua Rohis Agus Ibrahim
  9. 2006 Ketua Rohis Nasip Setyan Mulai turunnya kegiatan Rohis dengan anggotanya dengan kualitas yang turun dari tahun sebelumnya
  10. 2007 - Ketua Rohis Agus Surya (Masa Stagnansi)

          - Ketua Rohis Erick (Masa Stagnansi)

  1. 2008 Ketua Rohis Adrian Mulai naik kembali kegiatan dakwah di 53
  2. 2019 Ketua Rohis Restu
  3. 2010 Ketua Rohis Bagus
  4. 2011 Ketua Rohis Aswin
  5. 2012 Ketua Rohis Fajrul
  6. 2013 Ketua Rohis Lucky

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini