Senin, 10 Desember 2012

Pran penting ustad dalam kehidupan sehari-hari, Nama: DEWI UTARI (1112051000134) KPI I E

Nama : Dewi Utari (1112051000134)
 
PERAN PENTING USTAD DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
 
 
 
       I.            LATAR BELAKANG
Ustad merupakan salah satu asset Negara yang sangat penting, karena dengan adanya ustad di Negara kita dapat membuat atau merubah sebagian dari kaum umat muslim menjadi lebih baik, bisa membuat seseorang menjadi sosok pribadi yang baik, sopan, ramah, dermawan, beretika baik, dan beradab. Sehingga secara tidak langsung sedikit dapat membantu masalah atau kerja pemerintah dalam membangun Negara yang terdiri dari warga-warga yang baik, beretika baik, sopan dan beradab yang tidak akan menghancurkan Negara nya sediri, melainkan berusaha untuk ikut membatu pemerintah untuk membangun Negara yang bersih tanpa ada tindakan-tindakan kinerja yang kotor sehingga dapat membanggun Negara yang merdeka, berdaulat, sejahtera, dan sukses seperti yang selama ini kita impikan.
Karena secara tidak langsung peran ustad dalam kehidupan sehari-hari kita sangatlah penting, apabila selama hidup kita selalu rajin untuk beribadah, tidak pernah sekali pun untuk meninggalkan ibadah dan juga selalu dekat dengan ustad, seperti dengan rajin atau suka berkonsultasi, suka mengikuti acara-acara pengajian yang didalam pengajian tersebut dipimpin oleh ustad yang berhati mulia tentunya secara tidak langsung hal itulah yang dapat membentuk moral, akhlak, etika, dan adab kita pun menjadi baik.
 
 
 
    II.            PERTANYAAN POKOK
                                          1.         Seberapa pengaruhnya ustad dalam kehidupan  kita serta apa perubahannya?
 
 
 
 
 
 
 III.      METODE PENELITIAN
            Pada kesempatan kali ini saya menggunakan metode penelitian kualitatif tentunya dengan melakukan wawancara-wawancara. Metode ini saya gunakan guna mengetahui informasi secara mendalam tentang seberapa pentingnya kah ustad dan perubahan apa saja yang telah dilakukan oleh ustad dalam kehidupan kita.
 
 
 
 IV.            Gambaran Tokoh
Dalam penelitian kali ini saya meneliti seorang ustad yang bernama Ustad Abdullah beliau merupakan pemimpin atau pimpinan dalam sebuah komunitas atau lembaga keagamaan didaerah saya, Nara sumber dalam penelitian ini adalaah Muhammad Ainul Yakin.
 
 
 
    V.            HASIL PENGAMATAN
Bagi sebagian umat masyarakat dan umat islam diderah saya beranggapan bahwa ustad itulah sangatlah penting dalam kehidupan mereka, terlebih lagi ustad Abdullah yang sudah dikenal sebagai sosok tokoh agama yang dermawan, berakhlak mulia, berdadab, selalu mengajarkan kebaikan serta beliau tidak pernah mau mengambil untung besar jika beliau dikasih tawaran untuk berceramah diacara-acara pengajian, serta tidak juga mau mengambil untuk apabila beliau diamanahkan untuk menyembelih hewan kurban atau hewan untuk acara akikah. karena beliau beranggapan itu adalah peerbuatan dosa yang sangat Allah tidak sukai, serta menurut beliau juga rezeki itu tentunya sudah diatur oleh Allah SWT jadi beliau tidak harus melakukan perbuatan-perbuatan kotor tersebut untuk mendapatkan uang.
Dalam ceramah-ceramah yang beliau lakukan diacara pengajian-pengajian baik dilembaga nya maupun didalam acara-acara pengajian biasa, seperti syukuran, akikah, ulang tahun atau bahkan acara-acara penhajian besar belliau selalu memberikan ceramah-ceramah yang berkualitas serta beliau juga tidak ingin selalu memaksaakan kehendak kepada setiap anak didiknya, masyarakat serta keluarga nya untuk harus rajin mengikuti pengajian, bagi perempuan harus memakai jilbab, atau menjadi sperti dirinya, karena beliau memiliki aspirasi jikkabeliau ingun mengubah dan membuat murid atau anak didik dan masyarakatnya menjadi sosok pribadi yang baik, beretika, bermoral dan beradab maka harus didasarkan oleh beliau terlebih dahulu, harus beliau terlebih dahulu lah yang melakukan hal-hal kebaikan sehingga lama kelamaan dan dengan kesadaran diri sendiri pasti anak didik dan masyarakatnya pun  juga akan mengikuti etika, moral dan adab beliau yang baik.
Namun, terkadang masih saja ada sekelompok orang yang tidak menyukai nya karena sekelompok orang itu menganggap bahwa setiap atau semua ustad itu sama yaitu, hanya selalu menyuruh tanpa pernah mau melakukan apa yang diperintahkan nya dalam setiap ceramah dan sekelompok orang itu juga berabggapan jika ingin menjadi pribadi yang baik tidak harus begaul, mengikuti pengajian dan konsultasi dengan ustad tetapi cukup dengan rajin beribadah saja dirumah dan beramal.
 Pemikiran inilah yang sangat miris didengarnya. Oleh karena itu ustad Abdullah sangat berusaha untuk mengubah pandangan dan cara berfikir bagi sekelompok orang tersebut, beliau melakukan usaha-usaha untuk memperbaiki cara pandang mereka, dengan cara sering memberikan undangan dan mengajak atau mengundang sekelompok orang tersebut dalam kegiatan keagaamman seperti: pengajian bulanan, atau acara-acara lainnya. Dengan seiiring berjalan nya waktu lama kelamaan hati mereka pun tergerak untuk sesekali menghadiri acara pengajian tersebut dan ternyata setelah mereka mengahadri acara pengajian tersebut merka merasa hidup mereka menjadi lebih nyaman, baik, membuat jiwa menjadi tenang dan tentram, mereka juga beranggapan bahwa mengikuti acara pengajian dapat membuat kita merasakan kedamaina yang luar biasa, serta akhlak, moral, adab mereka menjadi baik dan warga yang awalnya membenci mereka kini berbah menjadi baik dan tentunya setiap persoalan yang mereka hadapkan mereka selalu merasa dapat menyelesaikannya karena mereka yakin bahwa Allah SWT tidak akan membiarkan umatnya kesepian, dan sendirian dalam mengahadapi masalah tersebut. sehingga mereka menjadi rutin untuk menghadiri setiap acara pengajian yang beliau adakan. Disinilah terjadi perubahan dan peran penting seorang ustad atau tokoh agama dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini