Senin, 10 Desember 2012

Laporan 5, Tokoh 1, Interaksi yang dilakukan sosok pengubah umat, Dityan Zahra, KPI 1E

NAMA : Dityan Zahra P
NIM : 1112051000149

INTERAKSI yang DILAKUKAN SOSOK PENGUBAH UMAT

A. Latar Belakang
Pada zaman sekarang, ruang lingkup agama, sosial, adat istiadat, dan kebudayaan hampir tenggelam karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. Perkembangan seperti inilah yang membuat perubahan-perubahan terjadi didalam individu maupun masyarakat. Baik bersifat positif maupun negatif. Beberapa perubahan negatif yang terjadi, membuat nilai agama, sosial dan lainnya semakin dikesampingkan bahkan terlupakan. Padahal, di dalam kehidupan bermasyarakat, nilai-nilai tersebut penting untuk menjaga sosialisasi antar warga serta mempertahankan adat istiadat dan nilai kebudayaan yang sudah ada dari dulu. Sebuah perubahan juga tak akan terjadi tanpa adanya sosok yang melatarbelakangi atau memimpinnya. Yang kemudian nantinya, akan membawa perubahan dan berpengaruh terhadap sekitarnya.

B. Pertanyaan Pokok
1. Bagaimanakah bentuk interaksi yang disampaikan kepada para anak kecil dan remaja?

C. Metode Yang Digunakan
Dalam penelitian ini saya menggunakan metode kualitatif untuk mengetahui data dari narasumber secara mendalam dan luas. Penelitian dilakukan di Taman Volli, tempat biasa para anak-anak bermain serta para warga melakukan refreshing atau aktifitas kecil, di Jalan Singgalang II. Komplek Keuangan – Ciledug. Berlangsung pada tanggal 4 Desember 2012, pukul 16.15 – selesai.

D. Gambaran Tokoh
Narasumber bernama Ibu Hj. Lukman, beliau adalah guru ngaji dilingkungan Komplek Keuangan.

E. Analisis
Perubahan untuk hal besar, selalu diawali dengan perubahan-perubahan kecil yang dibiasakan yang kemudian perlahan bisa berubah menjadi perubahan yang besar. Seperti sekarang, dimana teknologi canggih perlahan menenggelamkan adat istiadat, agama dan lain-lain dalam lingkup masyarakat. Setiap perubahan, seperti yang dikatakan oleh Ibu Hj. Lukman, memiliki tiga pilihan, terbiasa, terpaksa atau dipaksa. Dan setiap perubahan yang dilakukan terhadap anak-anak, biasanya harus dipaksakan yang kemudian mereka akan terbiasa. Tapi, ada beberapa dari mereka yang melakukan perubahan karena terpaksa, contohnya jika tidak mengaji akan diberi sanksi oleh orangtuanya. Ibu Hj. Lukman, adalah salah satu sosok yang mengubah umat. Dimana umat yang dia ubah adalah para anak kecil serta remaja, karena dari merekalah nantinya bangsa ini terus berdiri. Beliau memang guru ngaji, tapi tak hanya itu, beliau juga memberikan pelajaran untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui dongeng, karena menurut beliau, para anak menyukai cerita yang memunculkan imajinasi sehingga mereka bisa melakukannya dikehidupan sehari-hari. Beliau mengubah para jiwa anak tersebut melalui lagu-lagu islam yang sederhana, mudah diingat namun memiliki makna yang besar didalamnya. Beliau mengharapkan, agar anak-anak tersebut nantinya menjadi anak yang berakhlak shaleh, karena jika begitu, cara dia bersosialisasi terhadap lingkungan kemasyarakatan juga akan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini