Senin, 10 Desember 2012

Muhammad Arfian - Laporan 5 - Jurnalistik 1a

Abraham Lincoln: The Great Emancipator

 

Nama : Muhammad Arfian Mubarak

NIM : 1112051100013 (Jurnalistik 1a)

 

I.                    Latar belakang

Kepemimpinan atau leadership merupakan ilmu terapan dari ilmu-ilmu social, sebab prinsip-prinsip dan rumusannya diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan manusia. Ada banyak pengertian yang dikemukakan oleh para pakar menurut sudut pandang masing-masing, definisi-definisi tersebut menunjukkan adanya beberapa kesamaan.

 

Menurut Tead; Terry; Hoyt (dalam Kartono, 2003) Pengertian Kepemimpinan yaitu kegiatan atau seni mempengaruhi orang lain agar mau bekerjasama yang didasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk membimbing orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok.

Menurut Young (dalam Kartono, 2003) Pengertian Kepemimpinan yaitu bentuk dominasi yang didasari atas kemampuan pribadi yang sanggup mendorong atau mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu yang berdasarkan penerimaan oleh kelompoknya, dan memiliki keahlian khusus yang tepat bagi situasi yang khusus.

Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa kepemimpnan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain, bawahan atau kelompok, kemampuan mengarahkan tingkah laku bawahan atau kelompok, memiliki kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang yang diinginkan oleh kelompoknya, untuk mencapai tujuan organisasi atau kelompok

Macam-Macam Gaya Kepemimpinan

1. Gaya Kepemimpinan Otoriter / Authoritarian

Adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan.

2. Gaya Kepemimpinan Demokratis / Democratic

Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.

3. Gaya Kepemimpinan Bebas / Laissez Faire

Pemimpin jenis ini hanya terlibat delam kuantitas yang kecil di mana para bawahannya yang secara aktif menentukan tujuan dan penyelesaian masalah yang dihadapi.

            Dalam hal ini peneliti akan membahas mengenai tokoh yang amat menarik, salah satu tokoh demokratis terkemuka dunia, tokoh yang memimpin partai republic menjadi partai nasional yang kuat dan mengalahkan konfederasi yang menentang demokrasi Amerika Serikat, tokoh yang menghapuskan perbudakan dalam konfederasi Amerika, presiden terbesar sepanjang sejarah Amerika, sang presiden ke-enam belas; Abraham Lincoln.

II.         Pertanyaan pokok penelitian

1.   Bagaimanakah gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Abraham Lincoln dan apa apa saja pengaruhnya bagi masyarakat dan dunia?

III.       Metode penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah metode kualitatif, dengan menggunakan tekhnik gathering data (pengumpulan data) melalui media internet. Penelitian ini dilakukan pada hari senin, 10 Desember 2012, pukul 19.00 malam.

IV.        Gambaran subyek/obyek penelitian

Abraham Lincoln lahir pada 12 Februari 1809, dari pasangan Thomas Lincoln dan Nancy Hanks di sebuah kota kecil di Kentucky. Masa kecil Lincoln telah penuh peristiwa, dengan keluarganya harus terpaksa dipindahkan ke Indiana karena mereka kehilangan hak atas tanah mereka di Kentucky.

Lincoln menghabiskan 18 bulan di sekolah formal tetapi pendidikannya adalah dari belajar mandiri. Lincoln adalah orang yang benar-benar berbakat, mampu bergulat, dan pelempar/wielder kapak yang terampil. Dia juga bisa sangat berbakat dalam bercerita dan sering menghibur banyak teman-temannya di pertemuan. Lincoln memulai karier politiknya pada usia muda dari 23, dan 5 tahun kemudian, ia memulai protes pertama melawan perbudakan. Selain itu, ia memprotes perang di Meksiko, dengan mengatakan bahwa Presiden Polk melakukannya untuk kemuliaan sendiri.

Ini berbicara melawan Presiden menyebabkan dia kehilangan pijakan panggung politik, tapi ia akan menghabiskan beberapa tahun ke depan berbicara menentang perbudakan sebagai warga negara. Lincoln dua kali gagal dalam pemilihan Senat AS sebelum terpilih sebagai Presiden ke-16 Amerika Serikat.

Saat ia akan menjadi Presiden Amerika Serikat, banyak negara yang menyetujui pengangkatannya menegaskan bahwa mereka akan meninggalkan Perhimpunan. Negara-negara ini menjadi Amerika Konfederasi Amerika. Uni dan Konfederasi akhirnya menyebabkan Perang Saudara Amerika. Perang ini berlangsung selama 4 tahun, dan diakhiri dengan penyerahan Jenderal Lee dan tentara Konfederasi.

Pada bulan November 1863, dalam pertempuran Gettysburg, Lincoln menyampaikan pidato, yang dikenang sepanjang sejarah. Ia mengatakan "…lahir sebuah bangsa baru, yang didirikan berdasarkan kebebasan yang menjunjung tinggi pengakuan bahwa semua manusia diciptakan sederajat." Kata-kata Lincoln di Gettysburg ini memberi dua prinsip kebebasan dan kesamaan yang menjadi dasar didirikannya negara Amerika.

 

Lincoln meninggal dengan cara yang tak disangka-sangka. Saat sedang menyaksikan teater bersama istrinya, ia ditembak oleh seorang bernama John Wilkes Booth. Kematian menjemputnya tatkala perdamaian telah sampai bagi Amerika. Mungkin itu merupakan puncak peristiwa yang harus terjadi sebagai tumbal berakhirnya perbudakan di Amerika. Setelah kematiannya, Lincoln dikenal sebagai orang besar, dan cita-cita yang telah ditegakkannya terus dipertahankan oleh seluruh warga Amerika.

V.           Analisis

Keberhasilan Abraham Lincoln dalam memimpin sebagian besar berasal dari kemampuannya sebagai komunikator. Ada dua yang spesial dalam gaya kepemimpinan Lincoln sebagai berikut:

 

1.      Memberikan peluang kepada orang lain untuk mengkritisi dan mendengarkannya dengan seksama.

Hampir setiap hari dalam masa kepresidenannya, Lincoln membuka pintu White House dengan menyebutnya Public Opinion Baths. Masyarakat biasa membaur dan menyatakan suara mereka, Lincoln akan mendengarnya dengan seksama.

 

2.      Mengkomunikasikan sesuatu dengan jelas dan konsisten.

Lincoln percaya bahwa seorang pemimpin yang dapat dikatakan sebagai pemimpin yang efektif jika mampu untuk berbicara dan menulis dengan jelas sehingga masyarakat biasapun dapat mengerti. Lincoln bekerja keras untuk membuat bahasa yang bisa membawa ide-ide menjadi hidup: kata-kata dan frasa yang hidup dan tegas, analogi yang konkrit serta contoh kehidupan sehari-hari.

 

Dari hal di atas bisa disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan Abraham Lincoln adalah gaya kepemimpinan Demokratis. Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya. Untuk melengkapi pemahaman tentang gaya kepemimpinan demokratis, berikut merupakan ciri-ciri dari gaya kepemimpinan demokratis:

1.       Semua kebijaksanaan terjadi pada kelompok diskusi dan keputusan diambil dengan dorongan dan bantuan dari pemimpin.

2.       Kegiatan-kegiatan didiskusikan, langkah-langkah umum untuk tujuan kelompok dibuat, dan jika dibutuhkan petunjuk-petunjuk teknis pemimpin menyarankan dua atau lebih alternatif prosedur yang dapat dipilih.

3.       Para anggota bebas bekerja dengan siapa saja yang mereka pilih dan pembagian tugas ditentukan oleh kelompok.

4.       Lebih memperhatikan bawahan untuk mencapai tujuan organisasi.

5.       Menekankan dua hal yaitu bawahan dan tugas.

6.       Pemimpin adalah obyektif atau fact-minded dalam pujian dan kecamannya dan mencoba menjadi seorang anggota kelompok biasa dalam jiwa dan semangat tanpa melakukan banyak pekerjaan.

 

Pelajaran Kepemimpinan Abraham Lincoln

 

1. Jangan menyerah
Abraham Lincoln menunjukkan kekuatan kegigihan sambil terus berjalan untuk posisi di Senat AS meskipun dia sudah ditolak dua kali. Ketekunan ini terbayar ketika ia menjadi Presiden ke-16 Amerika Serikat.

2. Miliki keinginan untuk belajar
Meskipun Abraham Lincoln tidak pernah melalui sekolah formal, ia tidak pernah kehilangan keinginan untuk belajar, dan itu menunjukkan minat besar dalam membaca dan selama perang, ia memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang strategi perang.

Keinginan ini membuatnya menjadi pembicara publik yang besar dan juga salah satu orang yang paling dikutip dalam sejarah. Dia memiliki hikmat sehingga orang saat ini masih mengutip dia, dan para ahli menganggap dia yang paling baik dari semua Presiden AS.

Kutipan Terbaik Abraham Lincoln Tentang Kepemimpinan

 

·         "Seorang teman adalah orang yang memiliki musuh yang sama seperti yang Anda miliki." – Abraham Lincoln

·         "Selalu diingat bahwa tekad Anda untuk sukses adalah lebih penting dari yang lainnya." – Abraham Lincoln

·         "Apakah aku tidak menghancurkan musuhku ketika aku berteman bersama mereka?" – Abraham Lincoln

·         "Amerika tidak pernah akan dihancurkan dari luar. Jika kita goyah dan kehilangan kebebasan kita, maka akan hancur karena diri kita sendiri." – Abraham Lincoln

·         "Setiap orang di mana saja, yang cenderung dan memiliki kekuatan, memiliki hak untuk bangkit, dan menyingkirkan pemerintah yang ada, dan membentuk yang baru yang sesuai dan lebih baik. Ini adalah yang paling berharga – hak yang paling suci – hak, yang kami harap dan percaya, adalah untuk membebaskan dunia." – Abraham Lincoln

·         "Seperti saya tidak jadi budak, jadi saya tidak akan jadi ahli. Ini mengungkapkan ide saya tentang demokrasi." – Abraham Lincoln

·         "Seperti kasus kita adalah baru, kita harus berpikir dan bertindak baru." – Abraham Lincoln

·         "Pastikan Anda meletakkan kaki Anda di tempat yang tepat, lalu berdiri teguh." – Abraham Lincoln

·         "Karakter adalah seperti pohon dan reputasi seperti bayangan. Bayangan itu adalah apa yang kita pikirkan; pohon adalah hal yang nyata." – Abraham Lincoln

·         "Jangan khawatir bila Anda tidak diakui, tetapi berusaha untuk layak mendapat pengakuan." – Abraham Lincoln

·         "Semua orang menyukai pujian." – Abraham Lincoln

·         "Delapan puluh tujuh tahun yang lalu nenek moyang kita melahirkan di benua ini, sebuah negara baru, dikandung di Liberty, dan didedikasikan untuk proposisi bahwa semua manusia diciptakan sama." – Abraham Lincoln

·         "Beri aku enam jam untuk menebang pohon dan saya akan menghabiskan empat jam pertama mengasah kapak." – Abraham Lincoln

·         "Pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat, tidak binasa dari bumi." – Abraham Lincoln

·         "Dia memiliki hak untuk mengkritik, yang memiliki hati untuk membantu." – Abraham Lincoln

·         "Saya tidak peduli banyak untuk agama seseorang dimana anjing dan kucing tidak lebih baik karenanya." – Abraham Lincoln

·         "Saya tidak berpikir banyak orang yang tidak bijak hari ini daripada kemarin." – Abraham Lincoln

·         "Saya melakukan yang terbaik yang saya tahu bagaimana – yang terbaik yang saya bisa; dan maksud saya untuk terus melakukannya sampai akhir." – Abraham Lincoln

·         "Aku tidak suka orang itu. Aku harus mengenalnya lebih baik." – Abraham Lincoln

·         "Saya selalu menemukan bahwa belas kasihan beruang buah lebih kaya daripada keadilan yang ketat." – Abraham Lincoln

·         "Saya berharap untuk berdiri cukup kuat untuk tidak pergi ke belakang, namun tidak maju cukup cepat untuk menghancurkan pendiri negara." – Abraham Lincoln

·         "Saya ingin melihat seorang laki-laki bangga dengan tempat di mana dia tinggal. Saya ingin melihat seorang pria hidup sehingga tempatnya akan bangga padanya." – Abraham Lincoln

·         "Aku berjalan perlahan, tapi saya tidak pernah berjalan mundur." – Abraham Lincoln

·         "Saya akan mempersiapkan dan suatu hari kesempatan saya akan datang." – Abraham Lincoln

·         "Jika ada sesuatu, bahwa manusia dapat melakukannya dengan baik, saya katakan biarkan dia melakukannya. Beri dia kesempatan." – Abraham Lincoln

·         "Jika Anda mencari yang buruk pada yang orang mengharapkan untuk menemukannya, Anda pasti akan menemukannya." – Abraham Lincoln

·         "Prinsip dapat penting, dan harus, menjadi tidak fleksibel." – Abraham Lincoln

·         "Pada akhirnya, itu bukan tahun dalam hidup Anda yang menghitung. Ini adalah kehidupan di tahun Anda." – Abraham Lincoln

·         "Lebih baik diam dan dianggap bodoh daripada membuka mulut seseorang dan menghapus semua keraguan." – Abraham Lincoln

·         "Mari kita memiliki iman yang tepat akan membuat mungkin, dan dalam iman yang memungkinkan kita, sampai akhir, berani melakukan tugas kami seperti yang kita mengerti." – Abraham Lincoln

·         "Kebanyakan orang segembira mereka mengambil keputusan untuk menjadi." – Abraham Lincoln

·         "Perhatian besar saya tidak apakah Anda telah gagal, tetapi apakah Anda puas dengan kegagalan Anda." – Abraham Lincoln

·         "Hampir semua orang bisa menghadapi kesengsaraan, tetapi jika Anda ingin menguji karakter seseorang, beri dia kekuasaan." – Abraham Lincoln

·         "Beberapa pikiran tunggal harus menjadi master, yang lain tidak akan ada kesepakatan apa pun." – Abraham Lincoln

·         "Kebijaksanaan adalah kemampuan untuk menggambarkan orang lain sebagaimana mereka melihat diri mereka." – Abraham Lincoln

·         "Bahwa beberapa mencapai sukses besar adalah bukti kepada semua orang lain dapat mencapainya juga." – Abraham Lincoln

·         "Jalan bagi seorang pemuda untuk bangkit adalah untuk meningkatkan diri dalam setiap cara yang dia bisa, tidak pernah menduga bahwa orang ingin menghalangi dia." – Abraham Lincoln

·         "Orang-orang ini meminta hanya hal yang sama, keadilan, dan keadilan saja. Ini, sejauh yang berkuasa, mereka, dan semua orang lain, harus memiliki." – Abraham Lincoln

·         "Apapun Anda, jadilah yang terbaik." – Abraham Lincoln

·         "Ketika saya bersiap-siap untuk alasan dengan orang, saya menghabiskan sepertiga dari waktu saya berpikir tentang diri saya dan apa yang akan saya katakan dan dua pertiga tentang dia dan apa yang akan dikatakan." – Abraham Lincoln

·         "Anda bisa membodohi semua orang untuk beberapa waktu, dan beberapa orang sepanjang waktu, tetapi Anda tidak bisa menipu semua orang sepanjang waktu." – Abraham Lincoln

·         "Anda tidak dapat membangun karakter dan keberanian dengan mengambil inisiatif seorang pria dan kemerdekaan." – Abraham Lincoln

·         "Anda tidak bisa lepas dari tanggung jawab hari esok dengan menghindari hari ini." – Abraham Lincoln

 

 Daftar Pustaka:

http://perilakuorganisasi.com/pandangan-abraham-lincoln-tentang-kepemimpinan-2.html

http://hi-inside.blogspot.com/2012/11/abraham-lincoln-1809-1865.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini