Senin, 10 Desember 2012

Muhammad Arfian Mubarak - Laporan 1 - Toko Elektronik Achiva

Meneliti Bisnis Toko Elektronik "Achiva"

 

Nama : Muhammad Arfian Mubarak

NIM : 1112051100013 (Jurnalistik 1a)

 

I.            Latar belakang

Maraknya toko elektronik yang beredar di mall mall besar Jakarta membuat saya berpikir untuk mencoba menggali lebih dalam mengenai toko toko tersebut.

Achiva adalah sebuah toko elektronik yang terletak di lantai 2, distrik toko no 87, Poins Square, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Pada mulanya, Achiva adalah nama sebuah PT yang ingin diniatkan menjadi Franchise. Namun, ada perselisihan pendapat antar anggotanya sehingga PT tersebut pun pecah menjadi 2 bagian toko keluarga yang bernama Achiva dan B-Pro serta ADJ com, sedangkan PT tersebut mengubah namanya menjadi ICA. ICA adalah sebuah PT yang memproduksi UPS untuk computer dan dijual lewat anak anaknya (Achiva dan B-Pro serta ADJ com). Achiva lahir di bulan Desember pada tahun 2006 oleh sang owner, Yuslan Abadi. Sedangkan saudaranya, B-Pro dan ADJ com adalah milik sang kakak, Yusdi Abadi.

 

II.         Pertanyaan pokok penelitian

 

1.   Bagaimana bisnis ini mampu berjalan?

2.   Apakah ada pesaing dalam bisnis ini?

 

III.       Metode penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah metode kualitatif. Karena lebih mudah bagi saya untuk mewawancarai individu secara langsung dibanding memproses suara/pendapat khalayak banyak.

Waktu Penelitian: Hari Jum'at, 9 November 2012, pukul 8 malam.

Tempat        : Toko Achiva, 87, Poins Square lantai 2, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

IV.        Gambaran subyek/obyek penelitian

Narasumber adalah Jusliani Abadi, kepala toko Achiva Poins Jakarta. Ia juga merupakan anak kandung dari owner Achiva, Yuslan Abadi.

V.           Analisis

          Persaingan bisnis pasti selalu ada dalam bisnis apapun terutama bisnis perdagangan. Dalam hal ini, Achiva memiliki pesaing terdekat, yaitu, Bhinneka.com. Bhinneka berada tepat di belakang Achiva. Akan tetapi Bhinneka menggunakan system bisnis perdagangan via online. Dan harga yang diberikan Bhinneka biasanya miring dari harga pasar kebanyakan. Sedangkan Achiva mengikuti harga pasar dan kekuatan modal mereka.          

          Bisnis ini berjalan dengan system MKM. Sistem ini menerapkan iklan dan info berdagang lewat mulut ke mulut. Sistem ini mengharuskan mereka berdagang dengan jujur, melakukan pelayanan baik, ramah, dan tidak main harga. Selain itu, toko ini juga menerapkan system piutang bagi distributor dengan memberikan jangka waktu mulai dari seminggu sampai sebulan.

Struktur dalam toko Achiva adalah sebagai berikut:

-          Kepala Toko:    Jusliani Abadi

-          Akuntan:                   Nur Ainah

-          Teknisi:            Robin

Barang – barang yang dijual di toko ini antara lain:

-          Aksesoris Komputer

-          Aksesoris Laptop

-          Aksesoris UPS

-          Komputer Rakitan

-          Lapto

-          Tablet

-          Meja Komputer

-          Services

Harga, Penghasilan, dan lain lain:

Harga barang di toko ini mulai dari 5.000 rupiah sampai 24 juta rupiah.

Penghasilan bulanan toko ini mencapa 50-100 jutua (omset) dan 3-5 juta (profit).

 Jam buka toko mulai dari pukul 11.00 hingga pukul 20.00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini