Senin, 22 September 2014

M.Turmudzi Fikrul I.PMI5 1112054000001

DEMOGRAFI

Dari segi kata berasal dari dua kata yunani, yaitu demos yang berarti rakyat atau penduduk dan grafein yang berarti menggambar ataumenulis. Demografi dapat diartikan sebagai tulisan atau gambaran tentang penduduk, istilah ini pertama kali dipakai oleh Achille guillard dalam karyanya yang berjudul ''Elements de statistique humaine, ou demoghraphie comparee'' atau Elements of human statistics or comprative demoghraphy (dalam Iskandar 1994).

Demografi berkembang seiring dengan perkembangan keada'an penduduk serta pengguna'an statistik kependudukan yang dialami oleh para penulis kependudukan pada zamannya.

Demografi atau kependudukan adalah Ilmu  yang mempelajari dinamika kependudukan Manusia. Demografi meliputi ukuran, struktur dan distribusi penduduk serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi serta penua'an. Analisis kependudukan dapat merujuk masyarakat secara keseluruhan atau kelompok tertentu yang didasarkan kriteria seperti pendidikan, kewarganegara'an, Agama, atau etnisitas tertentu.

 

SEJARAH ILMU KEPENDUDUKAN

Indonesia memiliki jumlah penduduk sebesar 245 juta jiwa. Menjadikan Negara ini Negara dengan penduduk terbanyak ke-4 didunia.

Menurut sejarah, Upaya-upaya untuk pencatatan statistic kependudukan sudah dilakukan sejak berabat-abat yang  lalu, meskipun masih dilakukan dalam ruang lingkup yang kecil dan digunakan secara terbatas. John Graunt (1620-1674) dikenal sebagai pelopor pencatatan statistic penduduk.

 

TEORI TRANSISI DEMOGRAFI

Istilah transisi demografi pada dasarnya dipakai untuk menyatakan perubahan yang terjadi terhadap tiga komponen utama pertumbuhan penduduk, yaitu kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan penduduk (mobilitas/migrasi). Dari berbagai literatur dapat disarikan bahwa transisi demografi dibedakan atas  empat tahapan yaitu : tahap 1. (pre Industrial), tahap ke 2. (early Industrial), tahap 3. (Industrial), dan tahap ke 4. Mature Industrial.

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini