Senin, 22 September 2014

Fwd:


---------- Pesan terusan ----------
Dari: Nurul Hidayanti <nunuhdynti@gmail.com>
Tanggal: 22 September 2014 17.31
Subjek:
Kepada: kuliahtantan@gmail.com



Nama : Nurul Hidayanti

NIM : 1112051000027

Kelas : KPI 5D


ETIKA DAN MORAL

Etika dan moral sama artinya, tetapi dalam pemakaiannya sehari-hari ada sedikit perbedaan. Moral atau moralitas dipakai untuk perbuatan yang sedang di nilai, sedangkan etika dipakai untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang ada. Dalam Encyclopedia Britanica, etika dinyatakan dengan tegas sebagai filsafat moral, yaitu studi yang sistematik mengenai sifat dasar dari konsep konsep nilai baik, buruk, harus, benar, salah dan sebagainya.

Kesadaran moral merupakan faktor penting untuk memungkinkan tindakan manusia agar selalu bermoral, berprilaku susila, lagi pula tindakannya akan sesuai dengan norma yang berlaku.


AMMORAL DAN IMMORAL

Ammoral tidak berhubungan dengan konteks moral. Immoral adalah sesuatu yang bertentangan dengan moralitas yang baik.


ETIKA DAN ETIKET

Etika merupakan teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari sisi baik dan buruk sejauh yang masih dapat ditentukan oleh akal. Sedangkan etiket merupakan peraturan sopan santun dalam pergaulan dan hidup bermasyarakat.


MORALITAS

Moralitas merupakan kualitas dalam perbuatan manusia yang menunjukan bahwa perbuatan itu benar atau salah, baik atau buruk. Moralitas mencakup tentang baik buruknya perbuatan manusia.


ETIKA DESKRIPTIF

Etika deskriptif menjadi sering menjadi bahasan dalam ilmu sosiologi. Etika deskriptif bersangkutan dengan pencatatan terhadap corak-corak, predikat-predikat serta tanggapan-tanggapan  kesusilaan yang dapat ditemukan dilapangan penelitian.


ETIKA NORMATIF

Etika normatif tidak seperti etika deskriptif yang hanya melihat dari luar sistem nilai etika yang berlaku, tetapi etika normatif melibatkan diri dengan mengemukakan penilaian-penilaian tentang perilaku manusia. Dalam etika normatif tidak bersikap netrla dalam melihat norma.

 

METAETIKA

Metaetika di definisikan sebagai pengkajian tentang asal usul dan makna konsep-konsep yang berhubungan dengan etika. Metaetika merupakan kajian etika yang membahas tentang ucapan-ucapan ataupun kaidah-kaidah bahasa aspek moralitas, khususnya yang berkaitan dengan bahasa etis (yaitu bahasa yang digunakan dalam bidang moral)


HAKIKAT ETIKA FILOSOFIS

Etika bergerak di bidang intelektual, tetapi objeknya langsung berkaitan dengan praktek hidup kita. Etika termasuk dalam filsafat, karena itu berbicara etika tidak dapat dilepaskan dari filsafat. Karena itu, bila ingin mengetahui unsur unsur etika maka kita harus bertanya juga mengenai unsur-unsur filsafat. Etika menganalisis tema seperti: hati nurani, kebebasan, tanggung jawab, nilai, norma, kewajiban, keutamaan,dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini