Senin, 22 September 2014

TUGAS 2_ SOSIOLOGI PERKOTAAN

Nama               : Ahmad Ali Nidaulhaq

NIM                : 1113054000027

Jurusan            : PMI 3 

            Seperti yang kita ketahui urbanisasi adalah proses perpindahan penduduk dari desa ke kota, pasti tentu nya ada sebab dan akibat atas hal tersebut. Seperti hal nya daerah yang saya tinggali, tepatnya di daerah Citayam, Depok Jawa Barat. Di Citayam saat ini hampir 40% dari penduduk Citayam ialah mereka yang datang dari luar kota, dan menetap di wilayah ini. Bukan suatu kejanggalan, tapi itulah realita yang terjadi pada saat ini. Kebanyakan dari mereka bahkan rela pindah ke kota walaupun meninggalkan keluarga mereka di Desa asal mereka tinggal. Itu hasil pengamatan saya terhadap orang-orang pendatang di lingkungan saya. Hal ini dapat menjadikan dasar ukuran yang membuat kita bertanya sebetulnya ada apa, karena apa dan mengapa mereka pindah ke kota.

Saya mewawancarai seorang warga urban asal kota pemalang yang bernama pak joko. Ia Sudah menetap di Citayam sekitar 15 tahun. Sekarang beliau sudah mempunyai 3 anak. Awal belliau tinggal di Citayam  memang bukan menjadi awal beliau pindah ke kota. Awalnya beliau sudah bertempat di Jakarta lalu pindah ke Citayam, dengan alasan perkerjaan. Sikap kaum urban atau pendatang memang sangat ramah terhadap pribumi, hal ini juga yang menjadi dasar dari di terimanya para pendatang di lingkungan kami, mereka pun pandai bergaul, bermasyarakat.

Pak Joko ini berkerja di salah satu instansi yang gaji nya standard upah minimum rata-rata. Setiap bulan uang yang di perolehnya untuk di bayarkan kontrakan tempat tinggal dan makan sehari-hari. Bila kita perhatikan disinilah beda nya kaum urban dengan kaum pribumi. Si kaum urban lebih memanfaatkan uang yang di prolehnya untuk kebutuhan dan usaha tambahan, beda dengan masyarakat pribumi pada umumnya, lebih senang menggunakan hasil kerja nya selama satu bulan untuk dibelikan barang-barang pemuas hati dan foya-foya

 

 

Saya akan menghubungkan masalah sosial ini dengan teori yang di kemukakan oleh Max Webber. Yaitu teori Tindakan Rasional, dan saya ambil "Rasionalitas praktis", beliau menuturkan, Rasionalitas praktis yang didefinisikan sebagai setiap jalan hidup yang memandang dan menilai aktifitas-aktifitas duniawi dalam kaitannya dengan kepentingan individu yang murni pragmatis dan egoistis.

Hal ini yang menjadi dasar saya berfikir bahwa sikap kaum urban yang datang ke perkotaan memang tidak di salahkan dan menjadi suatu hal yang tidak bisa di larang, karena sah-sah saja. Akan tetapi dari hal tersebut perlahan membuat masyarakat yang menetap di kota tersaingi, dan bahkan diambil kedudukan nya. Memang sudah menjadi hal wajar bila berkompetisi dalam kehidupan, tetapi hal ini juga menjadi hal yang lama kelamaan membuat sikap respect terhadap para kaum urban menjadi berkurang. Karena itu tadi, tersingkirnya masyarakat yang tinggal di perkotaan akibat kalah persaingan. Kalau sudah seperti ini apakah masyarakat kota harus berpindah ke pedesaan agar dapat leluasa dalam berkehidupan.

Awal saya berpendapat seperti ini karena menurut saya, kenapa kita manusia sudah di beri tempat tinggal oleh Allah, dan diberikan tempat lahir yang berbeda-beda masih saja datang ke tempat lahir orang untuk mengambil apa yang menjadi hak orang tersebut didaerahnya, itu menurut pemikiran saya. Karena saya berdasar atas pendapat Max Webber dalam teori Tindakan Rasional nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini