Senin, 22 September 2014

rosa juni andri_PMI3_tugas 2_urbanisasi dan budaya perkotaan

Urbanisasi Dan Budaya Perkotaan

a.       Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dan desa ke kota atau dan kota kecil ke kota besar. Orang yang melakukan urbanisasi disebut urban.Timbulnya perpindahan penduduk dan desa ke kota disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor pendorong dari desa dan faktor penarik dari kota

 

b.       Sebab-sebab timbulnya urbanisasi :

1.Adanya pertambahan penduduk secara alamiyah

2.Terjadinya arus perpindahan dari desa ke kota

3.Tertariknya pemukiman pedesaan kedalam lingkup kota, sebagai perkembangan kota yang sangat pesat di berbagai bidang, terutama yang berkaitan dengan tersedianya kesempatan kerja.

c. Akibat-Akibat Urbanisasi

Hubungan antara desa dan kota bersifat timbal balik dalam arti baik desa maupun kota keduanya pengaruh mempengaruhi. Selanjutnya proses urbanisasiakan menimbulkan akibat lebih jauh lagi , antara lain:

1.Terbentuknya suburb (tempat-tempat pemukiman baru di pinggiran kota,akibat perluasan kota).

2.Makin meningkatnya tuna karya,

3.pertambahan penduduk kota yang pesat  menimbulkan masalah perumahan.

            Seperti dikemukakan oleh para ahli atau sumber bahwa masyarakat In¬donesia lebih dari 80% tinggal di pedesaan dengan mata pencarian yang bersifat agraris .Masyarakat pedesaan yang agraris biasanya dipandang antara sepintas kilas dinilai oleh orang-orang kota sebagai masyarakat tentang damai, harmonis yaitu masyarakat yang adem ayem, sehingga oleh orang kota dianggap sebagai tempat untuk melepaskan lelah dari segala kesibukan, keramaian dan keruwetan atau kekusutan pikir.

Maka tidak jarang orang kota melepaskan segala kelelahan dan kekusutan pikir tersebut pergilah mereka ke luar kota, karena merupakan tempat yang adem ayem, penuh ketenangan. Tetapi sebetulnya ketenangan masyarakat pedesaan itu hanyalah terbawa oleh sifat masyarakat itu yang oleh Ferdinand Tonies diistilahkan dengan masyarakat gemeinschaft (paguyuban).

Tetapi sebenarnya di dalam masyarakat pedesaan kita ini mengenal bermacam-macam gejala, khususnya hal ini merupakan sebab-sebab bahwa di dalam masyarakat pedesaan penuh dengan ketegangan-ketegangan sosial.

Jadi pemerintah diharapkan lebih memperhatikan pembangunan di pedesaan, kerena pembangunan yang tidak merata menyebabkan masyarakat pedesaan melakukan urbanisasi. Dengan pembangunan yang merata di harapkan dapat mengurangi urbanisasi dari desa yang terus meningkat. Dengan berkurangnya urbanisasi perkotaan tidak akan semeraut seperti sekarang ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini