Rabu, 26 September 2012

tugas 3 KARL MARX_KPI1D_Fathimah Azzahra


nama : fathimah azzahra (1112051000125)
tugas : tugas 3 ( teori karl marx )

Pertentangan Kelas menurut Karl Marx dan contoh pada kehidupan
                                                                                                                                   
Pengaruh Karl Marx (1818-1883) pada sejarah dunia  sedemikian besar sehingga bahkan wall street journal yang merupakan pendukung gigih kapitalisme, menyebutkan sebagai salah seorang pemikir modern terbesar..

kendati marx menulis tentang banyak hal semasa hidupnya, namun yang paling tersorot adalah analisis tentang sejarah, terutama mengenai pertentangan kelas. kelas yang dimaksud oleh mark adalah suatu kelompok orang-orang yang memiliki fungsi dan tujuan yang sama dalam suatu organisasi produksi. faktor utama yang menimbulkan konflik dalam analisis marx adalah terletak pada faktor produksi. dengan adanya perbedaan atau ketimpangan yang semakin tajam dalam proses produksi menjadi dasar terjadi nya konflik atau pertentangan kelas dalam masyarakat

Marx pecaya bahwa pergerak sejarah manusia ialah konflik kelas. Ia mengatakan bahwa kaum Bourjuis (bourgeoise: kaum kapitalis, mereka yang memiliki alat untuk menciptakan kekayaan modal, tanah, pabrik,dan mesin) terlibat dalam konflik dengan kaum proletar ( kelas yang di eksploitasi, massa pekerjaan yang tidak memiliki alat produksi). pada hakikat nya negara dalam sistem kapitalis merupakan negara kelas, artinya negara baik secara langsung maupun tidak langsung telah dikuasai oleh kelas yang menguasai bidang ekonomi.

Contoh pertentangan kelas menurut karl marx. Ketika system Feodal runtuh, massa petani tergusur dari lahan dan pekerjaan tradisional mereka. Mereka lari ke kota, bersaing untuk memperoleh pekerjaan yang hanya sedikit atas pekerjaan mereka, mereka berpakaian compang-camping, kelaperan, dan tidur di bawah jembatan dan dalam bedeng-bedeng.

contoh lain yang menggambar tentang masalah pertentangan kelas dalam teori marx yaitu perbedaan yang mendasar antara pengemis jalanan dengan para orang kaya. perbedaan rumah yang mereka miliki, si pengemis tinggal di daerah kumuh yang terbuat dari kardus sedangkan orang kaya tinggal di tempat yang nyaman dan besar. padahal kedua nya sama-sama tinggal di wilayah yang sama dan sama-sama membutuhkan kehidupan yang layak. namun perbedaan kelas lah yang membedakan kehidupan kedua nya.

agama dan contoh menurut karl marx

Struktur basis dalam konteks Marx adalah bangunan dasar atau pondasi pokok dalam sejarah atau kehidupan manusia, dimana struktur basis ini adalah yang melahirkan struktur supra. Agama, politik, budaya dan sebagainya dilahirkan dari ekonomi, asumsi dasar Marx adalah ketika manusia menjauh dari Ekonomi atau untuk memperkuat kelancaran ekonomi maka manusia akan berpaling atau membentuk struktur yang lain yang mendukunggnya. Mengapa agama lahir dari ekonomi, Pertanyaan ini dapat dijawab menggunakan filsafat yang sederhana " pada manusia primitif agama difungsikan untuk menggambarkan rasa syukur karena panen yang melimpah atau sebagai ritual pengorbanan untuk mempersembahkan korban karena gagal panen atau terserang wabah penyakit". Artinya dalam tesis filsafat tadi agama hanya dijadikan alat sebagai pemenuhan hasrat ekonomi dan ketakutan manusia

Marx menafsirkan agama sebagai candu bagi masyarakat " Kesukaran agama- agama pada saat yang sama merupakan ekspresi dari kesukaran yang sebenarnya dan protes melawan kesukarann yang sebnarnya. Agama adalah nafas lega makhluk tertindas, hatinya dunia yang tidak punya hati, spirit kondisi yang tanpa spirit. Agama adalah candu masyarakat" (Marx, 1843/1970)

Menurut marx di era revolusi. Agama hanya dijadikan sebagai pelampiasan kegagalan manusia yang kalah dalam pertarungan dunia, dan dalam kenyataannya agama hanya dijadikan sebagai penenang diri terhadap kekalahan dari dunia. Agama membuat manusia malas berkarya dan hanya menerima segala dengan harapan surga. Bagi Marx agama adalah hanya sekedar imajinasi dari ketidak berdayaan manusia terhadap struktur basis, Marx mengkritisi filsafat Hegel yang mengatakan bahwa Roh Absolut yang mengerakkan segala tindakan manusia dan alam semesta, kemudian Marx membalikkannya, dengan mengatakan bahwa manusialah penggerak sejarah sesungguhnya, Roh Absolut hanyalah hasil imajinasi dari ketidak bedayaan manusia didunia.

jadi contoh nya menurut apa yang dikemukan marx ketika seseorang sedang dalam kepurukan maupun ketidaberdayaan, agama lah satu-satunya dalam mengatasi masalah mereka. akan tetapi jika seseorang berusaha dan bekerja keras maka mereka mendapati kehidupan yang sesuai

modal produksi

karl marx menyimpulkan bahwa kelas sosial tergantung pada suatu faktor tunggal yaitu alat produksi ( peralatan, pabrik, dan modal yang digunakan untuk memproduksi kekayaan ). marx beragumentasi bahwa perbedaan yang sering dibuat manusia diantara diri mereka sendiri seperti pakaian, tutur bicara, pendidikan, gaji, atau sekarang bahkan mobil yang digunakan merupakan hal-hal yang dangkal.

daftar pustaka
cabin philippe, jean francois. 2004. sosiologi sejarah dan berbagai pemikirannya. Jakarta: kreasi wacana
henslin, james M. 2006. sosiologi dengan pendekatan membumi jilid 1 edisi 6. Jakarta: erlangga
George Ritzer dan Douglas, Sosiological Theory, (New York: McGraw-Hill, 2004)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini