Selasa, 15 Maret 2016

Meidiana Utami_Biografi dan Penelitian K.H. Shidqi Yahya_Tugas 2

METODOLOGI PENELITIAN DAKWAH

PELAKU/ AKTOR KEAGAMAAN

Oleh:   Meidiana Utami

NIM:   11140530000041

Jurusan: Manajemen Dakwah – 4B

K.H. SHIDQI YAHYA

            Beliau lahir di Jakarta pada tanggal 24 Agustus 1956, mempunyai 5 orang anak yang terdiri dari 3 laki-laki dan 2 perempuan dan mempunyai seorang istri yang cantik dan pandai agama serta mengurus rumah tangga. Beliau orang yang di hormati dan di segani oleh masyarakat. Selain menjadi mubaligh beliau juga menjadi kepada sekolah di sekolah islam swasta. Beliau juga memiliki toko sembako yang terletak di depan rumahnya. Semua anak-anaknya didik sesuai dengan ajaran islam, ketika SD semua anak-anaknya disekolahkan di sekolah islam, lalu SMP mereka dimasukkan di pondok pesantren yg terdapat di jawa timur kurang lebih selama 6 tahun.

            Beliau juga mengajar di majlis ta'lim di berbagai tempat pada hari-hari tertentu. beliau juga suka "merakyat". Jika hujan datang dan sekitar rumah beliau banjir, beliau selalu membelikan nasi goreng sebanyak 30-50 untuk di bagian kerumah rumah yang terkena banjir. Ketika beliau main kerumah saya karena mempunyai hajat yang penting dengan bapak saya, terkadang beliau suka bercerita tentang pengalaman beliau atau memberikan "wejangan". Dengan gaya yang santai, ketika berkunjung ke rumah dan bapak saya ingin meminta nasihat, cukup dengan segelas kopi dan beberapa batang rokok "nogo sosro" beliau akan semangat memberikan "wejangan" kepada keluarga kami.

            Ketika di sekolah beliau sangat ditakuti oleh para murid-muridnya, menurut beberapa murid di sekolah itu, bila beliau sedang melewati dan mengontrol ke setiap kelas, semua murid terdiam dan tidak ada yang berani membuka suara. Beliau sosok guru yang tegas dan disegani oleh banyak guru-guru dan murid-murid di sekolah. "kadang-kadang kita harus menyesuaikan tempat kak kalo mau bergurau sama beliau" tutur beberapa muruid di sekolah SD islam tempat beliau mengajar. Beliau juga sering memperhatikan kebersihan sekolah tersebut. Jika beliau melihat muridnya buang sampah tidak pada tempatnya, maka anak itu di hukum dengan menggunakan papan yang dikalungi yang bertuliskan "buang sampah sembarangan, sayalah orangnya" maka dari itu murid-murid di sekolah SD itu sangat takut kepada beliau.

           

 

 

Menurut beberapa narasumber, ketika mengajar di majlis ta'lim beliau selalu membuka pengajian tersebut dengan alfatihah dan sholawat nabi, karena menurut beliau semua alam semesta akan tunduk jika mendengar sholawat nabi. Beliau juga sring menganjurkan kepada jamaahnya untuk bersholawat minimal 1000 per hari. Karena dengan sholawat kita akan dipermudahkan urusan dan mendapatkan syafaat dari nabi Muhammad SAW. Kitab yang sering di pakai beliau untuk mengajar jemaahnya yaitu: riyadusholihin, bulughul mahrom, fiqih sunnah, safinatunnajah, dan masih banyak lagi.

Menurut narasumber A dan B cara beliau mengajar tegas, seru diselingi humor-humor sehingga para jamaahnya tidak mengantuk, dan materi yang di sampaikan kepada beliau menyangkut kehidupan sehari-hari. terkadang beliau suka terlambat beberapa menit dikarenakan jadwal padat beliau mengajar majlis ta'lim lainnya. "Pernah sekali beliau lupa jadwal mengajarnya karena "ketiduran" sehingga para jamaahnya menunggu sampai selesai waktunya" tutur narasumber C. kebiasaan beliau setiap sabtu pagi pukul 6:30 yaitu membaca kitab di teras rumah dengan segelas kopi dan beberapa batang rokok.

Jika beliau tidak bisa menghadiri pengajian di masjid ta'lim dikarenakan tugas di luar kota, beliau meminta anaknya yang bernama haikal untuk menggantikan beliau di majlis ta'lim tersebut. Haikal anak kedua K.H Shidqi Yahya sering menggantikan posisi ayahnya, dia kuliah di UIN syarif hidayatullah Jakarta fakultas Syari'ah, dan sekarang dia sedang menyusun skripsi. gaya dia menyampaikan materi sama persis seperti ayahnya, logatnya, humorisnya, dan contoh di kehidupan sehari-hari. jika K.H shidqi yahya terkadang suka terlambat waktu, beda dengan anaknya yang tepat waktu, mungki karna anaknya tidak terlalu padat jadwalnya, sehingga dia sangat tepat waktu.               

Beliau juga mempunyai taman pendidikan Al-Quran (TPA) untuk anak anak berumur 3-15 tahun. Banyak sekali anak-anak yang menimba ilmu di tempat beliau. Karena TPA beliau banyak belajarnya sedikit bermainnya, maka tidak sedikit anak-anak TPA beliau yag perlu diajukan jempol prestasinya. Beliau juga bekerja sama dengan TPA nurul jannah agar ilmunya bertambah banyak dan menciptakan anak-anak yang berprestasi.

Kurang lebih inilah penelitian yang saya dapatkan tentang K.H Shidqi Yahya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini