Selasa, 15 Maret 2016

Ahmad Taufik_Subjek Dakwah (Ustadz H. Sanin Setiawan)_Tugas 2

Metodologi Penelitian Dakwah

Subjek Dakwah

Nama   : Ahmad Taufik

NIM    : 11140530000044

Jurusan: Manajemen Dakwah – 4B

Ustadz H. Sanin Setiawan

Dalam tugas penelitian dakwah kali ini saya akan membahas subyek dakwah beliau merupakan seorang ustadz/guru agama (guru ngaji)  untuk anak kecil di lingkungan rumah saya yang biasa kita sebut tempat pengajianya dengan nama TPA. Berikut sedikit biodata diri beliau:

Nama   : H. Sanin Setiawan, S.Pd

TTL     : Bogor, 07 Maret 1966

Alamat : Jl. Cinere Raya Gg. Mundu RT04/08 Cinere, Depok

Pendidikan Terakhir: S1 PGMI UIN Jakarta

Profesi : Guru

Mendirikan TPA: Tahun 1999 s/d sekarang

Beliau bersama seorang istrinya yang sangat setia kepadanya dan ikut serta dalam mendirikan taman pendidikan Al-Qur'an untuk anak dan pada akhirnya mereka bersepakat mendirikan TPA (tempat pengajian anak-anak) yang bernama TPA Al-Ihsaniyah yang berlokasi di Cinere, Depok.

Dari kehidupan pribadi beliau dan istrinya, keinginan beliau untuk mempunyai seorang anak sampai sekarang belum juga terpenuhi beliau pun mendirikan sebuah taman pengajian anak-anak untuk mengobati rasa sepi dalam kehidupan rumah tangga beliau bersama istrinya dan mengharapkan keridhoan Allah SWT. Kata beliau mungkin memang sudah kehendak Allah dan Allah belum mempercayai seorang anak untuk diberikan/dititipkan kepada beliau dan juga istrinya.

Taman pendidikan Al-Ihsaniyah sudah berdiri sejak tahun 1999 sampai sekarang di tahun 2016 proses belajar mengajar di TPA Al-Ihsaniyah masih aktif dan berjalan dengan baik hingga sekarang berkat Ustadz H. Sanin. Motivasi beliau mendirikan TPA adalah untuk membentuk karakteristik agama Islam dalam diri kepada anak sejak dini dan mengenalkan Al-Qur'an kepada anak serta mengamalkannya  dalam kehidupan sehari-hari. Waktu pengajianya dibagi 3 waktu yaitu pada waktu pagi, sore dan malam.

Bedirinya taman pengajian anak-anak Al-Ihsaniyah bermula pada saat beliau mengajarkan mengaji seorang anak kecil anak tetangganya, lalu beliau dan istrinya berinisiatif untuk mendirikan tempat pengajian anan-anak, awalnya hanya anak-anak dari sanak saudara dan keluarga saja yang beliau ajarkan mengaji, lama-lama menjadi banyak anak-anak yang berdatangan untuk mengaji dan semakin hari semakin bertambah karena orangtua anak-anak menilai bahwa mengaji di taman pendidikan yang ia dirikan itu cukup bagus dan anak-anak pun pandai membaca dan menulis baik huruf arab maupun huruf latin.

Karena kepuasan para orangtua melihat anaknya pandai membaca dan menulis setelah belajar di TPA Al-Ihsaniyah Cinere yang didirikan oleh Ustadz H. Sanin, akhirnya para orangtua berinisiatif untuk membantu memajukan TPA Al-Ihsaniyah dengan cara bersama-sama mengumpulkan dana dan merapihkan sekaligus merenovasi tempat pendidikan anak-anak mereka yaitu TPA Al-Ihsaniyah. Dari kurang nyaman dan sempit pada awalnya, namun setelah direnovasi oleh para orangtua murid sekarang taman pendidikan Al-Ihsaniyah menjadi sangat luas dan sangat nyaman untuk anak-anak belajar mengaji dan belajar berbagai macam ilmu Agama yang diajarkan oleh Ustadz H. Sanin serta istrinya di dalam TPA Al-Ihsaniyah.

Dari tahun ke tahun jumlah murid di taman pendidikan Al-Ihsaniyah terus bertambah, bertambahnya murid di taman pendidikan Al-Ihsaniyah bukan karena Ustadz H. Sanin menyebar brosur atau sebagainya. Tetapi karena kepuasan para orangtua yang mempercayakan anaknya di taman pendidikan Al-Ihsaniyah di bawah didikan Ustadz H. Sanin, merasa puas dan akhirnya para orangtua menyebarkan berita bahwa taman pendidikan Al-Ihsaniyah itu berkompetensi dalam mengajarkan anak-anak terutama dalam hal agama, dan dari mulut para orangtua muridlah sehingga nama TPA Al-Ihsaniyah dikenal oleh para orangtua dan tersebar di berbagai daerah Depok, khususnya Cinere dan sekitarnya bahkan sampe terdengar sampai Jakarta Selatan dan banyak juga anak murid taman pendidikan Al-Ihsaniyah yang berasal dari daerah Jakarta Selatan. Bagi saya ini sudah cukup membuktikan Ustadz H. Sanin memang berkompetensi dan bisa melahirkan generasi-generasi Islam sejak dini.

Selain sebagai seorang guru ngaji di TPA miliknya, beliau juga mengajar di sekolah MI Hidayatul Athfal Cinere, Depok.  Banyak yang menyukai cara beliau dalam mengajar, dengan sabar beliau mendidik anak-anak kecil yang ia anggap seperti anaknya sendiri. Beliau merupakan sosok memang sederhana, dan selalu mensyukuri apa yang sudah menjadi takdir dari Allah SWT kepada dirinya. Mungkin dari hal-hal itulah yang membuat saya akhirnya memilih beliau sebagai penelitian subjek dakwah saya, dari mulai kehidupan pribadinya dan keberhasilan beliau mendirikan TPA selama 17 tahun lamanya sampai sekarang, walaupun tempatnya tidak besar namun insyaAllah ilmu yang Ustadz H. Sanin berikan sangat besar kepada anak-anak generasi masa depan yang pandai membaca serta cinta kepada Al-Qur'an.

Demikian hasil penelitian saya tentang Ustadz H. Sanin Setiawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini