Selasa, 15 Maret 2016

Muhammad Zainul Ilyas_Metodologi Penelitian Dakwah dan Jenis-jenisnya_Tugas 1

METODOLOGI PENELITIAN DAKWAH DAN JENIS-JENISNYA

Oleh: Muhammad Zainul Ilyas 

11140530000013 MD 4A

Metodologi penelitian atau metodologi riset bahasa inggrisnya adalah Science research method. Metodologi berasal dari kata methodology, yang berarti ilmu yang menerangkan metoda-metoda/ cara-cara. Penelitian adalah terjemah dari bahasa Inggris "research" yang terdiri dari kata re (mengulang) dan search (pencarian, pengejaran, penelusuran, penyelidikan, atau penelitian), maka research berarti berulang melakukan pencarian. Dalam KBBI, penelitian berarti kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum. Jadi metodologi penelitian bermakna seperangkat pengetahuan tentang langkah-langkah sistematis dan logis tentang pencarian data yang berkenan dengan masalah tertentu untuk diolah, dianalisis, diambil kesimpulan dan selanjutnya dicarikan cara pemecahannya.[1] Sedangkan dakwah adalah sebuah proses penyampaian ajaran Islam dari da'i (orang yang berdakwah) kepada mad'u (orang yang didakwahi) dengan proses dan media tertentu.[2]

Penelitian mempunyai jenis yang beragam yang dapat dibagi kedalam beberapa kategori, diantaranya:[3]

a.       Berdasarkan esensi hasil penelitian

Penelitian dilihat dari hasilnya yang akan dicapai, penelitian bisa dikelompokkan kepada dua macam, yaitu penelitian murni (pure) dan penelitian terapan (applied). Penelitian murni adalah penelitian yang menghasilkan teori-teori yang mempunyai tingkat abstraksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan penelitian terapan dan biasanya penelitian ini dipergunakan untuk kepentingan khazanah teori, untuk membentuk body of knowledge bidang studi yang bersangkutan. Sedangkan penelitian terapan adalah penelitian yang memiliki tingkatan abstraksi yang rendah, sehingga mudah difahami, bahkan langsung dapat menunjukan datanya dengan definisi operasional.

b.      Berdasarkan tempat penelitian

Berdasarkan tempatnya, penelitian dapat dikelompokkan kepada penelitian lapangan (field) yaitu penelitian lapangan kehidupan masyarakat, yang bertujuan untuk menghimpun data tentang masalah tertentu mengenai kehidupan masyarakat yang menjadi objek penelitian. Dan penelitian laboratorium yaitu penelitian yang dilakukan dikamar atau tempat tertentu seperti seorang ahli kesehatan melakukan penelitian di ruang laboratorium rumah sakit.

c.       Berdasarkan bidang penelitian

Berdasarkan bidangnya, penelitian dikelompokkan sesuai bidang penelitiannya. Seperti penelitian ilmu sejarah, ilmu sosiologi, ilmu ekonomi, ilmu dakwah, ilmu tafsir, dan bidang ilmu lainnya.

d.      Berdasarkan tujuannya

Berdasarkan tujuannya, penelitian terbagi kepada penelitian eksplorasi, develovmental dan verifikasi. Penelitian eksplorasi adalah penelitian pendahuluan yang bertujuan untuk mencari permasalahan dan data singkatyang diperlukan yang berkenaan dengan masalah tersebut untuk keperluan penyusunan perencanaan penelitian. Penelitian develovmental atau penelitian pengembangan yaitu penelitian pengembangan teori-teori atau ilmu yang sudah ada. Dan penelitian verifikasi atau penelitian pemeriksaan adalah penelitian yang digunakan untuk memeriksa, apakah teori yang sudah ada masih relevan dengan keadaan sosial apa tidak.

e.       Berdasarkan taraf hasil penelitian

Dari segi hasilnya, penelitian terbagi kepada deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian deskriptif berupa laporan apa adanya tetang sesuatu yang aktual tanpa terdapat analisis dari peneliti. Sedangkan hasil penelitian inferensial merupakan laporan deskriptif yang memuat analisis hubungan variabel-variabel.

f.       Berdasarkan jenis data dan analisisnya[4]

Menurut jenis data dan analisisnya, penelitian dibedakan menjadi penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian gabungan kualtatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang datanya dalam bentuk gambar, kata, dan kalimat. Sehingga analisisnya juga menggunakn analisis kualitatif (deskriptif). Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang datanya dalam bentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan. Sehingga analisisnya menggunakan analisis kuantitatif (inferensi). Dan penelitian gabungan kualitatif dan kuantitatif adalah penelitian yang datanya terdiri dari clan data kualitatif dan kuantitatif sehingga analisisnya pun menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.

g.      Jenis penelitian lainnya

1)   Penelitian eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan dengan percobaan-percobaan terhadap objek.

2)   Penelitian kasus yaitu meneliti permasalahan atau keadaan tertentu.

3)   Penelitian survei yang bertujuan untuk mengetahui secara keseluruhan dengan menghubung-hubungkan banyak konsep atau variabel dari objek penelitian yang luas.

4)   Penelitian grounded yaitu penelitian yang penelitinya tidak dibekali dengan rencana penelitian secara tertulis, tetapi peneliti telah menguasai teori-teori tertentu secukupnya. Peneliti pergi ke lapangan untuk melihat gejala, gejala itu kemudian diterangkan oleh teori, dianalisis menjadi konsep, kemudian membuat hipotesis, mencari data lagi untuk menguji hipotesis tersebut.

5)   Content analisis adalah penelitian yang banyak dipergunakan untuk meneliti isi komunikasi sebagia bagian dari who says, what to whom, how, with what effect (siapa, berkata apa, kepada siapa, bagaimana dan apa pengaruhnya).

Data analisis penelitian terdapat tiga macam, yaitu data kualitatif yang berarti data dalam bentuk kata, kalimat, dan gambar. Data kuantitatif, yaitu data dalam bentuk angka, atau data kualitatif yang diangkakan seperti nilai 5 = selalu, nilai 4 = sering, nilai 3 = kadang-kadang, nilai 2 = jarang, dan nilai 1 = tidak pernah. Dan data gabungan antara data kualitatif dan data kuantitatif.



[1] Wardi Bachtiar, Dr., Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah (Ciputat: LogosWacana Ilmu, 1997), h.1.

[2] Ibid., h.2.

[3] Ibid., h.13-17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini