Selasa, 15 Maret 2016

Fitri Lutfiana_Biografi Ustadz Fauzi_Tugas 2

Nama : Fitri Lutfiana

NIM : 11140530000062

MatKul : Metodologi Penelitian Dakwah

Jur/smt : Manajemen Dakwah/4B

 

Biografi Ustadz Fauzi

Ustadz Fuazi, biasa akrab orang memanggilnya, beliau lahir di Yogyakarta pada tanggal 19 April 1971, beliau terlahir sebagai anak pertama dari keluarga yang sederhana. Ayahnya tukang becak dan ibunya pedagang es keliling. Namun, keadaan keluarga yang demikian semakin membuat beliau semangat untuk menjalani hidup.

Istri beliau bernama Syifa Evi Cahya Ningsih juga jama'ah dari pengajian yang beliau ikuti. Ustadz Fauzi ayah dari enam anak yang kini berprofesi sebagai ustadz dalam jamaah ahlusunnahnya, beliau juga memiliki pekerjaan lain. Yakni, beliau membuka klinik herbal dan terapi bekam, beliau juga aktif sebagai DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Al-Huda perumahan chandra baru – Bekasi.

Dahulunya, beliau sekolah dasar di SD Muhammadiyah 1 Yogyakarta, beliau telah mahir dalam membaca Al-Qur'an karena didikan orang tuanya sejak kecil. Kemudian beliau sekolah menengah pertama di Muhammadiyah 1 Yogyakarta, lalu sekolah menengah atas di Sekolah Menengah Teknologi Industri. Setelah sekolah menengah atas beliau tidak melanjutkan ke perguruan tinggi karena faktor ekonomi keluarganya.

Beliau ahli dibidang kimia, tidak ada basic pesantren dalam pendidikannya, namun beliau bisa menjadi ustadz. Beliau menyadari, pemilik segalanya hanya Allah sehingga beliau berniat untuk berhijrah ke jalan yang lebih baik, maka beliau mengikuti pengajian Ahlusunnah.

Dimulai dari beliau mengikuti suatu pengajian ahlusunnah pada tahun 2000. Beliau menyekolahkan anak-anaknya di lembaga pendidikan pesantren, kemudian tahun 2009 beliau diamanahi untuk menyampaikan ilmu-ilmu yang telah beliau miliki kepada jama'ah-jama'ah yang baru. Beliau mengajar tafsir qur'an hingga sekarang. Terkadang ada beberapa jama'ah yang konsultasi tentang keagamaan mereka kepada beliau.

Menurut beliau, basic pendidikan pesantren bukanlah hal yang utama dalam menyampaikan ajaran-ajaran Allah. Bahkan menyampaikan dan mengajak kepada kebaikan juga menjauhi kemunkaran adalah perintah Allah, "tidak harus lulusan pesantren" ucapnya.

Motivasi beliau adalah "inna sholati wanusuky mamahyayaa mamamaaty lillahirabbil 'aalamiin" yang artinya sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanya untuk Allah SWT semata.

Tanggapan beberapa jama'ah, beliau adalah orang yang tegas namun ramah. Cara penyampaiannya pun menarik dan tidak terburu-buru sehingga mudah difahami dan dimengerti. Setiap pertanyaan dari jama'ah pun selalu beliau tanggapi dengan baik.

Visi beliau yakni mampu menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi laranganNya. Misi beliau, salah satunya adalah menyampaikan ayat-ayat Allah meskipun sedikit, sebagaimana hadits "ballighuu 'anniy walaw aayah" yang artinya, sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat.

Metode beliau dalam menyampaikan materi beliau selalu menyamakan dengan kisah kisah rosulullah di masa lalu atau pun dengan kisah kisah sahabat sahabat nabi. Terkadang beliau juga menggunakan metode cerita.

Pesan beliau untuk para da'i pemula yakni jangan pernah malu dalam menyampaikan ayat-ayat Allah. Tidak perlu tunggu lulus sarjana atau tunggu jadi ustadz, karena mengajak amar ma'ruf nahi munkar adalah tugas setiap muslim.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini