Selasa, 15 Maret 2016

Rizky Nurfajrianjto_Majlis Ta'lim Riyadhul Ibtida_Tugas 2

Nama   : Rizky Nurfajrianto
Jurusan: Manajemen Dakwah 4A
Nim     : 11140530000021
MAJLIS TA'LIM RIYADHUL IBTIDA
Di zaman era globalisasi ini sangat penting menanamkan pendidikan agama kepada anak-anak di usia dini, memupuk tanamkan aqidah pada anak-anak sejak dini, mengenal dan belajar membaca al-qur'an, agar mereka tidak buta huruf al-qur'an.
Majlis ta'lim Riyadhul Ibtida adalah salah satu majlis ta'lim yang berada di Kampung Kadu Jaya RT 01 RW 02 Desa Kadu Jaya kecamatan Curug kabupaten Tangerang. Majlis ta'lim ini berdiri pada tahun 1992, Majlis ta'lim ini adalah Majlis ta'lim kedua dari dua Majlis ta'lim yang berada di kampung Kadu Jaya pada saat itu. Majlis ta'lim pertama iyalah Majlis ta'lim Riyadussalam yang di pimpin langsung oleh Ust. Mastur, dan yang kedua adalah Majlis ta'lim Riyadul Ibtida yang di pimpin langsung oleh Ust. Sainuddin. Majlis ta'lim ini dirintis oleh keluarga dan masyarakat setempat.
Kegiatan di Majlis ta'lim ini yaitu sebuah pengajian mingguan yang rutin dilaksanakan pada hari rabu pagi untuk ibu-ibu kampung Kadu Jaya, dan pengajian anak-anak yang dilaksanakan rutin setiap hari kecuali hari jum'at. Metode pembelajaran yang diterapkan di Majlis ta'lim ini mengikuti metode guru di ponpes Al-Mubtadiin Candu-Tangerang.
Untuk jamaah ibu-ibu berjumlah kurang lebih 40 orang, sedangkan santri anak-anak putra-putri kurang lebih 80 orang. Peningkatan murid untuk anak-anak pada puncak nya pada tahun 2011 sampai 150 anak putra putri.
 Materi utama yang diajarkan di Majlis ta'lim ini yaitu membaca al-quran, paling dasar untuk anak usia 6 tahun belajar membaca iqra, tajwid, praktek sholat, menulis bahasa Arab, belajar kitab Tauhid, kitab Fiqih, kitab Akhlak, hafalan juz Amma, hafalan Nahwu dan do'a-do'a. Kegiatan solat jamaah sebelum melakukan pengajian setiap hari dilakukan oleh anak-anak pengajian majlis ta'lim, kitab rawi, barjanji, marhaba di baca khusus untuk malam jum'at.  
Setiap 2 tahun sekali kepengurusan majlis ta'lim Riyadhul Ibtida mengadakan acara intihan yang di dalam acara ini adalah wisuda anak-anak santri putra-putri yang sudah lulus dalam membaca iqra untuk anak-anak pada tahap paling dasar, dan juga di barengi dengan acara mualid nabi Muhammad SAW.
Sudah banyak alumni majlis ta'lim Riyadhul Ibtida yang berkiprah di tengah masyarakat, ada yang menjadi guru, polisi, dan bidan. Visi misi pimpinan majlis ta'lim Riyadhul Ibtida yaitu memberantas buta aksara huruf Al-qur'an. Moto nya jadilah santri pelopor jangan menjadi santri pengekor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini