Selasa, 15 Maret 2016

Arif Budiman_KH Helmy Abdul Mubin Lc,_ tugas 2

Nama : Arif Budiman

NIM : 11140530000059

Tugas 2

Matakuliah Metodologi Penelitian Dakwah

Tugas Penelitian Subjek Dakwah

KH Helmy Abdul Mubin adalah pendiri sekaligus pimpinan pondok pesantren Ummul Quro Al-Islami yang berlokasi di bogor barat tepatnya di kampung banyusuci kecamatan leuwiliang Bogor, beliau dilahirkan di kota Sumenep, Madura. Beliau adalah salah seorang alumni Pesantren Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, beliau menyelesaikan studinya di Islamic University of  Medina, Saudi Arabia. Pesantren modern Ummul Quro Al-Islami didirikan pada tanggal 21 Juli 1993 yang bertepatan dengan 1 Muharram 1414 H. Beliau hadir ke tengah masyarakat melalui kegiatan dakwah dengan merespon kondisi masyarakat yang dihadapinya melalui sarana pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan masyarakat sekitar. Dalam hal ini penulis bertujuan meneliti cara dakwah beliau.

Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana pemikiran dan aktivitas dakwah KH Abdul Mubin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif menggunakan metode historis, wawancara dan observasi.

Pemikiran dakwah KH Abdul Mubin ialah berdakwah bukan hanya sekedar dari mimbar ke mimbar tetapi dengan mendirikan sebuah lembaga pesantren modern yang mewajibkan para santrinya untuk berbahasa arab dan inggris, hal ini bermula ketika beliau masih menjadi guru/ustadz disuatu pesantren, ada utusan dari Australia yang dating berkunjung. Tamu dari jauh tersebut mendatangi pesantren untuk mencari guru mengaji yang bisa berbahasa inggris. Namun amat sangat disayangkan tujuan sekaligus harapan tamu dari negri seberang samudra tersebut tidak dapat terpenuhi oleh pihak pesantren. Permasalahan sumberdaya ustadz yang memiliki kemampuan bahasa inggris menjadi kendala utama. Menyadari kekecewaan sang tamu, Kyai Helmy yang pada saat itu masih berstatus sebagai staf pengajar bercita-cita mendirikan pesantren sendiri yang mana pesantren yang beliau cita-citakan itu diusahakan dapat menjadi jawaban bagi harapan tamu tersebut. Itulah permulaan KH Helmy Abdul Mubin mendirikan Pesantren Modern yang diberi nama Ummul Quro Al-Islami atau biasa disebut UQI.

Metode dakwah yang dilakukan oleh KH Helmy Abdul Mubin adalah Al-Mauidzatul Hasanah, Al-Mujadalah Bi Al-Lati Hiya Ahsan. Media dakwahnya dengan mendirikan sebuah lembaga pendidikan agama yaitu Pondok Pesantren Modern yang diberi nama Ummul Quro Al-islami di daerah Bogor. Guna mencetak kader-kader muda bangsa yang berjiwa Islam, tangguh dan mempunyai modal pendidikan agama dan umum yang layak seperti yang dicita-citakannya.

Adapun tujuan beliau memilih jalan dakwah dengan cara mendirikan Pesantren Modern ini meliputi tujuan umum dan tujuan khusus ialah sebagai berikut:

1.      Tujuan umum

·         Pesantren modern ini bertujuan untuk melestarikan Islam dunia khususnya di Indonesia.

·         Mempersiapkan Mundzirul Qoum dalam sector yang disyariatkan Allah dalam surat Al-Mujadalah ayat 11.

·         Ikut berpartisipasi membantu pemerintah dalam mencerdaskan bangsa.

·         Mempersiapkan pengajar atau mubaligh Islam yang luas keislamannya dan tidak ekstrim.

·         Mencetak kader-kader intelektual dengan disertai jiwa takwa dan siap mengabdi di masyarakat.

2.      Tujuan khusus

·         Mendalami ilmu agama Islam secara luas dan mendasar.

·         Melatih dan membiasakan muamalah yang baik menurut aturan Allah dan aturan manusia.

·         Melatih jiwa kepemimpinan yang tangguh dan berdanggung jawab melalui sebuah organisasi santri yang disebut (ISPA/ISPI) dan media lainnya.

·         Melatih cara mengajar dan mendidik yang baik.

·         Membiasakan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan bahasa Arab disegala aktifitas yang telah ditentukan.

·         Melatih kemampuan berdakwah dengan menggunakan dua bahasa (Arab dan Inggris) baik lisan maupun tulisan dengan metode yang baik dan sistem yang efektif.

·         Mengadakan pelatihan skill dan ketangkasan melalui kursus-kursus atau kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler.

Demikianlah hasil pemaparan dari hasil penelitian saya terhadap subjek dakwah yang mana dalam hal ini ialah "KH Helmy Abdul Mubin", semoga hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi seluruh umat muslim pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini