Selasa, 15 Maret 2016

Khoirunnisa_Madrasah Ta'limul Banaat_Tugas 2

Nama  : Khoirunnisa
NIM  : 11140530000006
Kelas  : Manajemen Dakwah 4A  


Dalam kesempatan kali ini saya akan melaporkan hasil penelitian tentang Obyek Dakwah sekitar lingkungan, yakni tentang TPA. Madrasah Ta'limul Banaat. Berikut informasinya…..
Madrasah Ta'limul Banaat, berlokasi di jalan penganten ali kecamatan ciracas kelurahan ciracas kampung Rambutan jakarta timur , berdiri bangunannya pada tahun 1988. Madrasah ini didirikan oleh Alm. KH. Ishaq bin H. Ja'mat bin H. geger bin Lu'lu yaitu salah satu ulama disekitar kampong rambutan. Beliau adalah keturunan dari perantau yaitu dari pulau Sulawesi ke Batavia (Jakarta). Merantau karena mengejar ilmu untuk mendalami ilmu agama islam. Maka tak heran jika alm sendiri sangat kental ilmu agama islamnya berkat ayah hingga uyutnya. Madrasah ta'limul banaat ini berjalan juga dengan bimbingan beberapa guru salah satunya putrinya yaitu Ibu Irhamnah. Arti dari "Ta'limul Banaat" sendiri adalah Tempat Belajar Anak Perempuan. Sebelum berkembang sampai sekarang madrasah ini belajar mengajarnya berawal di kediaman beliau yaitu di jalan pule, jalan H. Ishaq dimusholla samping kediaman beliau, mulainya pada awal tahun 1985. Seiring berjalannya waktu karena semakin banyaknya santri, maka lokasi dipindahkan dan didirikan bangunan khusus madrasah ke jalan penganten ali pada tahun 1988. Awalnya dipimpin sendiri oleh Alm. KH. Ishaq, kemudian pada tahun 1988 dengan berpindahnya lokasi madrasah maka beralih kepada salah satu putri beliau yaitu Ibu Irhamnah yang dipimpin hingga sekarang ini. Walaupun awalnya madrasah berjalan dimusholla kediaman alm, tetapi hingga sekarang tetap berjalan majelis untuk kaum laki-laki. Madrasah ini didirikan bermula untuk kaum perempuan, namun semakin banyaknya peminat dari kaum laki-laki maka diterimalah anak laki-laki maupun anak perempuan. Dibangunnya madrasah ini atas dasar pribadi, dari segi status maupun biaya pendirian bangunan itu sendiri tanpa bantuan dari luar. Bangunan ini terdiri dari 3 kelas belajar mengajar, halaman, serta 1 toilet. Lebarnya sekitar 500 meter.
Sistem pengajaran di madrasah ini dipimpin Ibu Irhamnah dan dibantu oleh pengajar-pengajar baru maupun lama, pengajar ini meliputi beberapa rekannya maupun anggota keluarga besarnya alm kh. ishaq. Waktu belajar mulai dari hari senin hingga hari jum'at, jam pagi dan jam siang. Untuk kelas pagi mulai jam 8 sampai jam 11 sedangkan untuk kelas siang dari jam 1 hingga jam 4. Kelas pagi khususnya untuk kelas balita tetapi jika murid yang sekolah formalnya siang maka masuk madrasahnya pagi. Sedangkan kelas siang khususnya untuk anak-anak yang sudah bersekolah formal. Kisaran murid-murid madrasah ini mulai umur 3 tahun hingga umur 13 tahun. Periode lulus pada madrasah ini sampai 4tahun belajar terdiri dari kelas 1a (kecil), 1a (besar), 1b dan kelas 2. Pelajaran yang ada pada madrasah ini memang khususnya ilmu agama islam, mata pelajaran meliputi Al-Qur'an, Tauhid, Fiqih, Bahasa Arab, Sejarah, BTA (baca tulis qur'an), tajwid, tahfidz, tafsir, hadits, huruf arab-melayu, kaligrafi, dll. Untuk kegiatan tahunannya seperti Maulid Nabi dan 10 Muharraman santunan anak yatim.
Sedangkan untuk sistem keuangan dan pemasukan, karena madrasah ini atas dasar pribadi dalam belajar mengajar untuk gaji guru dari spp bulanan murid-murid terdiri dari 150 santri dan 7 guru. Dengan perbulannya hanya 30ribu per murid, Alhamdulillah sampai saat ini berjalan dengan lancar proses belajar mengajar di madrasah ta'limul banaat. Untuk perawatan madrasah itu sendiri didapat dari infaq sehari-hari. Sedangkan biaya untuk kegiatan tahunan diperoleh atas pimpinan madrasah maupun dari donatur sekitar. Demikian informasi yang dapat disampaikan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini