Selasa, 15 Maret 2016

Muhamad Alam Agustian_Biografi Penelitian Buya KH Dadun Sanusi Sukabumi_Tugas 2

Nama   : Muhamad Alam Agustian

Jurusan : Managemen Dakwah (MD)

Kelas    : MD 4 B

NIM     : 11140530000047

 

HASIL PENELITIAN DENGAN SUBJEK BUYA KH DADUN SANUSI SUKABUMI

Penelitian saya ter fokus kepada sosok almarhum Buya ini, karena beliau sangat menginsfirasi saya dalam belajar khususnya di dalam belajar ilmu agama.

Perjalanan beliau dalam berdakwah menurut hasil penelitian yang saya dapatkan dari beberapa narasumber, baik dari santrinya, tetangga nya, bahkan keluarganya. Beliau berdakwah atau bersyi,ar dari sejak kecil sudah mengikuti berbagai macam pengajian baik di tingkat pesantren bahkat tingkat kabupaten, yang notabene di tingkat kabupaten itu di dalam nya terdapat bnyak ulama-ulama besar Sukabumi. Tetapi beliaulah yang paling muda pada saat itu yaitu sekitar umur 16 thn.

Beliau merupakan penerus pertama pondok pesantren Sunanulhuda, karena beliau merupakan anak tunggal dari alm Mama Kiai Uci Sanusi,

Beliau juga yang pertama mencetuskan adanya pendidikan formal di pesantren itu, dengan amanat yang beliau katakana, kalau dalam bahasa sunda begini "Sok sanajan sakola ges aya tetep pangajian mah nomer hiji" jadi bagi beliau pendidikan agama lebih penting daripada pendidikan duniawi,

Nah dari situlah saya sangat ter insprirasi dari beliau, beliau sosok kiai yang karis,atik dan sangat berpengaruh di kabupaten Sukabumi, bahkan ketika beliau wafat duka yang mendalam bukan hanya di rasakan oleh warga sukabumi sendiri, bahkan menurut informasi yang saya terima jalanan Sukabumi, Bogor, Cianjur, macet total ketika beliau wafat, Subhanallah begitu karismatiknya beliau.

Selain karismatik beliau juga sosok yang sangat ramah, sopan, santun, dan sangat baik. Tidak ada kata sombong pada diri beliau karena bagi beliau ilmu kehormatan bukan miliknya tetapi hanyalah milik Allah jadi apa yang harus di sombongkan.

Mungkin hanya ini hasil penelitian saya, kurang dan lebihnya saya minta maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini