Selasa, 15 Maret 2016

Ilmiyati Nufus_Metodologi Penelitian Dakwah_Tugas 1

Ilmiyati Nufus_Metodologi Penelitian Dakwah_Tugas 1

Nama:Ilmiyati Nufus

Kelas: MD 4A

Nim: 11140530000017

 

Dalam kamus bahasa Indonesia penelitian berarti pemeriksaan yang teliti; penyelidikan, kegiata pengumpulan, pengelolaan, analisis dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan suatu prinsip-prinsip umum.[1] Kerlinger dalam buknya (1973) mendefinisikan "penelitian ilmiah sebagai peneliti yag sistematis, terkontrol, empiris, dan penyelidikan kritis dari proposisi-proposisi hipotesis tentang hubungan yang diperkirakan antara gejala alam."[2] Penelitian juga diartikan pencarian teori, pengujian teori, atau pemecahan masalah, Ini berarti masalah telah ada dan telah diketahui bahwa pemecahan masalah tersebut sangat diperlukan. Masalah itu bukanlah suatu yang biasa dalam arti bahwa pemecahannya bisa didapatkan langsung.  

Selanjutnya dakwah artinya adalah mengajak masyarakat, penyiaran propaganda, penyiaran agama dan pengembangannya di kalangan masyarakat, seruan untuk memeluk, mempelajari, dan mengamalkan ajaran agama. Dakwah juga berarti mengajak atau menyeru masyarakat atau umat kepada kebaikan, agar masyarakat atau objek dakwah  melakukan atau mengerjakan dakwah yang telah disampaikan, oleh sebab itu berhasil atau tidaknya dakwah  ditentukan dari perlakuan para masyarakat tersebut, semakin baik, semakin buruk, atau sama saja tidak ada dampak apapun dalam dakwah tersebut.

            Dari  kegiatan penelitian dan dakwah terdapat cara-cara, sistem atau metode yang bisa digunakan untuk meneliti dakwah agar bisa lebih efktif dan efisien, disini Metode penelitian adalah cara alamiah untuk memperoleh data dengan kegunaan dan tujuan tertentu. Jadi setiap penelitian yang dilakukan itu memiliki kegunaan serta tujuan tertentu, umumnya ada tiga macam  yaitu: bersifat penemuan, bersifat pembuktian, besifat pengembangan.[3]

Maka, dalam sebuah penelitian ada berbagai macam jenis yang bisa dibedakan, Jenis-jenis penelitian diantaranya, yaitu:

a)      metode penelitian sejarah (historis)

b)      metode peneltian deskriptif

c)       metode pnelitian eksperimen

d)     metode penelitian ex post facto (kasual komperatif)

e)      metode penelitian partisipatori[4]

dari beragai jenis-jenis penelitian terdapat Jenis-jenis analisis data ada dua, yaitu: pertama analisis data secara kualitatif, kedua analisis data secara kuantitatif.



[1] Kamus Besar Bahasa Indonesia online, diakses jum;at 4 maret 2016 2.15 wib

[2] Consuelo G. Sevilla. Dasar-dasar Metode Penelitian Dakwah,Univeritas Indonesia. UI press. 1993

[3]  Informasi pendidikan, Macam-macam Metode Penelitian. Diakses kamis 4 maret 2016 12.45

[4] Consuelo G. Sevilla.Univeritas Indonesia, op.cit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini