Selasa, 15 Maret 2016

Desi Nuryani_Ustadz Drs. H. A. Chotib MZ_Tugas 2

Nama    : Desi Nuryani

NIM      : 11140530000051

Jurusan : Manajemen Dakwah 4 B

 

 

HASIL PENELITIAN DENGAN SUBJEK DAKWAH ( Ustadz H. A. Chotib. MZ)

 

Biografi dan Riwayat Pendidikan, Drs. H. A. Chotib MZ atau yang akrab disapa Ustadz Chotib, beliau kelahiran Bogor tanggal 5 Juni 1954 adalah seorang guru agama sekaligus penda'i di wilayah tempat tinggalnya di Kota Depok tepatnya di Desa Pangkalan Jati Baru. Beliau lahir dari keluarga Betawi asli, ia mengikuti jejak kedua orang tuanya yang juga sekaligus pemuka agama. Kini beliau sangat populer sekali di lingkungannya melalui ceramah ceramahnya dari masjid ke masjid juga tenaga pengajar di Yayasan Nurul Aitam (yayasan yatim-piatu). Ia juga pernah menjabat sebagai ketua MUI cabang Cinere (Depok).

Sewaktu kecil ia sudah mendapat didikan ilmu yang berbasis agama, pertama ia disekolahkan di Ibtidaiyah, Tsanawiyah, SPIAIN atau yang setara dengan Aliyah dan meneruskan perguruan tingginya di IAIN Syarif Hidayatullah, kemudian pendidikan Al-Akidah, serta melanjutkan S1 di Unindra Jurusan Bahasa Inggris juga S2 Jurusan IPS. Beliau juga mengajar diberbagai sekolah diantaranya, sekolah kebidanan, SMA Kesehatan dan Keperawatan. Mengenai dakwahnya beliau mengajar dari masjid ke masjid dan juga belajar dari sekolah-sekolah yang pernah ia tempuh.

Kepiawaiannya dalam berdakwah membuat beliau selalu disegani masyarakat, karena beliau memiliki ilmu yang cukup luas, ia selalu mampu membuat materi-materi yang mudah dipahami oleh semua kalangan. Beliau juga terkadang memasukan unsur humor dalam dakwahnya, sehingga banyak yang yang mendengarkan dan sesekali tertawa.

Sosok Guru Agama seperti beliau, membuat kita semakin termotivasi untuk terus belajar dan menggali ilmu  dan mengamalkannya pada siapa saja, karena beliau tak hanya mempunyai ilmu agama tetapi  juga mempunyai ilmu pengetahuan umum, yang kadang kita sendiri tak mampu membawanya dalam Era Globalisasi sekarang ini. Apalagi ketika zaman sudah semakin canggih dengan teknologi informasi dan gadget yang dipergunakan, seharusnya muslim dan muslimin bisa memanfaatkannya untuk hal yang bermanfaat. Dalam menuntut ilmu dikatakan oleh beliau haruslah ikhlas dan ridha untuk mencarinya, agar kelak ilmu yang kita dapat membawa keberkahan untuk banyak orang.

Visi dan Misi beliau di dalam berdakwah ialah "Amar Ma'ruf Nahi Munkar", yang mana mengajak masyarakat untuk berbuat baik dan mencegah dari hal-hal yang buruk. Diantara salah satu kesulitannya dalam berdakwah pasti ada rintangannya, ada yang menerima bahkan ada yang tidak. Diantara tujuan ustadz A. Chotib MZ di dalam mengamalkan ilmu & mentransferkan berbagai ilmu untuk berbagi motivasi. Pesan untuk pendakwah yang masih pemula, beliau mengatakan bahwa pendakwah/penda'i yang masih pemula diutamakan untuk banyak belajar dan niat karena Allah SWT. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini