Selasa, 15 Maret 2016

tugas 2

KHOIRUL WILDAN_RA MIFTAHUL ULUM_TUGAS 2
 
Untuk memenuhi tugas Metodologi Penelitian
Manajemen Dakwah 4 c
Nim 11140530000079
 
kali ini saya akan mencoba mendeksrifsikan hasil penelitian saya terhadap lembaga pendidikan Islam Raudhatul Athfal Miftahul Ulum.
Raudhathul Athfal (RA) Miftahul Ulum, merupakan suatu lembaga pendidikan Islam pra sekolah atau bisa disebut juga taman kanak-kanak (TK) yang terakreditasi B melalui surat keputusan akreditasi No, 02.00/205/BAP-SM/SK/X/2012.  RA Miftahul Ulum yang berdiri sejak tahun 2002 dibawah naungan yayasan Miftahul Ulum Sawangan yang disahkan melalui surat keputusan Kementrian Agama Republik Indonesia No. Kd.10.22/4/PP.00.1/308/2010. RA Miftahul Ulum yang beralamatkan di Jl. Pendidikan Serua Bulak Rt 02/03 Kel. Pondok Petir, Bojongsari depok berdiri di atas tanah seluas 300 m2, dengan luas bangunan 250 m2 dan halaman bermain 50 m2.  
RA miftahul Ulum ini beroreintasi untuk mengembangkan pendidikan anak usia dini khususnya di Kota Depok agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah dan berakhlakul karimah dimasa yang akan datang, maka dari itu yayasan Miftahul Ulum melalui Raudhatul Athfal menyiapkan serangkaian pembelajaran 3 doman + 1, yaitu aspek kognitif Afektif, psikomotorik dan aspek spiritual yang dilakukan melalui konsep Joyfull Learning (belajar yang mengembangkan) dan meaning full learning ( pembelajaran bermakna).
Dari segi kurikulum nya, RA miftahul Ulum mengimplementasikan kurikulum nasional, yaitu kurikulum berbasis kompentensi (KBK) yang mengikuti sistem dari pemerintah tentang apa saja yang harus yang harus di pelajari oleh murid serta hasil akhir yang harus didapat dari pembelajaran tersebut. Maka dari itu pembelajarannya sama dilakukan oleh seluruh RA yang berada di kota Depok.
RA Miftahul Ulum mempunyai tujuan pendidikan, yaitu : terbentuknya geberasi muda yang bertaqwa dan berakhlak karimah, mempunyai kreatifitas yang tinggi, dapat membedakan mana yang baik dan yang buruk dalam pergaulan baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat dan dapat memahami dan menghargai lingkungan, makhsluk hidup, menggunakan pengetahuan dan keterampiulan yang dimiliki. Dari tujuan yang telah disebutkan tadi, maka RA Miftahul Ulum mempunyai visi, yaitu : "Dengan Berlandaskan Iman Dan Taqwa Melahirkan Tunas Bangsa Yang Cerdas, Kreatif Dan Berakhlakul Karimah." Untuk tercapainya visi tersebut, maka perlu adanya misi sebagai alat untuk mencapai visi, yaitu : pertama, menanamkan dasar-dasar keagamaan yang kuat sejak anaka usia dini. kedua, menciptakan sauasana belajar yang bersifat Pakem (Pembelajaran, Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan). Ketiga, memantapkan gerakan bebas buta huruf latin dan Al-Qur'an. Keempat, menumbuhkan suasana pergaulan yang penuh kasih sayang ( marhamah) dimulai sejak dari kehidupan keluarga sampai masyarakat.
RA Miftahul Ulum Terdapat dua kelas, yaitu kelas A dan kelas B. Waktu pembelajarannya dengan menggunakan 5 hari efektif dalam seminggu, yaitu Senin-Jum'at, mulai dari 07.30-10.00 WIB untuk kelas A dan 07.30-11.30 WIB untuk kelompok B. Pada setiap harinya, murid diwajibkan memakai seragam yang telah ditentukan oleh yayasan, pada hari senin untuk laki-laki dan perempuan menggunakan seragam kotak-kotak ungu lengkap, sepatu hitam tanpa tali dan kaos kaki bebas. Pada hari selasa, untuk laki-laki menggunakan seragam batik dengan celana panjang putih, separtu hitam tanpa tali dan kaos kaki bebas, sedangkan untuk perempuan menggunakan baju  batik dengan rok putih , kerudung, sepatu hitam tanpa tali dan kaos kaki bebas. Pada hari rabu, laki-laki dan perempuan menggunakan seragam olahraga, sepatu hitam tanpa tali dan kaos kaki putih. Pada hari kamis, untuk laki-laki dan perempuan menggunakan seragam polisi lengkap, sepatu hiytam tanpa tali dan kaos kaki hitam. Pada hari jum'at, untuk laki-laki dan perempuan menggunakan pakaian muslim putih dengan sepatu hitam tanpa tali dan kaos kaki bebas.
Untuk membangun kreatifitas anak, RA Miftahul Ulum mempunyai beberapa ekstra kurikuler, diantaranya melukis, Bahasa Inggris, Renang, Menari dan Drumband. Bahkan, RA Miftahul Ulum ini sering mengikuti dan mengadakan kegiatan di luar sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan melatih mental anak, seperti kegiatan Manasik Haji, Study Tour dan mengikuti lomba-lomba tingkat Kota dan Provinsi.
Sedangkan, untuk membangun kreatifitas anak dan mendukung kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah, RA Miftahul ulum memfasilitasi siwa dengan beberapa fasilitas, diantaranya 3 ruang kelas, halaman bermain, ruang guru,  mainan edukatif, perpustakaan, ruang musik dan kamar mandi/MCK. Sedangkan untuk mendukung pempelajaran, terdapat 5 guru yang berpotensi, 3 guru kelas, 1 guru melukis dan 1 guru Bahasa Inggris.
Demikianlah hasil penelitian yang dapat sayaa paparkan terhadap lembaga pendidikan Islam RA Miftahul Ulum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini