Senin, 03 November 2014

tugas 6 / Siti Aisyah_kpi 5e_1112051000144

APLIKASI FILSAFAT DALAM KOMUNIKASI
 
Filsafat merupakan induk segala ilmu, the queen of the sciences, karena daripadanya berkembang ilmu-ilmu pengetahuan yang beragam sampai pada spesifikasinya yang amat khusus. Maka filsafat sering kali disebutjuga sebagai "metafisika". Dalam arti ini filsafat harus dipelajari sesudah ilmu-ilmu alam, sebaba filsafat berkaitan dengan persoalan-persoalan asasi, yang mendasari kenyataan-kenyataan alam. Untuk selanjutnya menjadi lazim bahwa filsafat dipahami sebagai pengetahuan yang komprehensif dan mendasar mengenal kenyataan. Objek filsafat bisa meliputi apa saja, baik manusia, alam, maupun ketuhanan.
Media telah menjadi fenomena tersendiri dalam proses komunikasi. Saat ini bahkan ketergantungan manusia pada media sudah sedemikian besar. Media komunikasi abad ini yang tengah digandrungi masyarakat bermacam-macam mulai dari televisi, radio, handphone, internet dan lain sebagainya.
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak ke pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila ada bahasa verbal yang tidak dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, cara ini disebut komunikasi non verbal. Dalam komunikasi kita juga perlu media sebagai perantara ataupun symbol dalam berkomunikasi.
Media alat komunikasi adalah alat yang digunakan dalam penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan yang bertujuan untuk efisiensi penyebaran informasi ataupun pesan tersebut. media komunikasipun beragam jenisnya, berikut beberapa contoh alat komunikasi :
1.      Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara. Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.
  1. Televisi
Televisi adalah sebuah media telekomunikais yang terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom  (hitam-putih) maupun yang berwarna. Kata televisi merupakan gabungan dari kata "tele" yaitu jauh dari bahasa yunani dari "visio", penglihatan dari bahasa latin, sehingg atelevisi dapat diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual atau penglihatan.
3.      Telepon genggam (Handphone)
Alat komunikasi yang satu ini adalah alat elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon biasanya, namun handphone ini dapat dibawa kemana-mana dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.
4.      Radio
Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara.
Dalam pembelajarannya filsafat terbagi atas tiga unsur, yaitu meliputi: ontology, estimologi, dan aksiologi. Ontology membahas tentang yanag ada, yang tidak terkait oleh suatu perwujudan tertentu. Espitimologi adalah bagian filsafat yang meneliti asal-usul, asumsi dasar dan sifat-sifat. Dan yang terakhir adalah aksiologi, adalah ilmu yang menyelidiki hakikat nialai yang umumnya ditinjau dari sudut pandang kefilsafatan. Sederhananya dapat disebut dengan teori yang membicarakan guna nilai pengetahuan itu.
Dengan kemajuan teknologi sekarang ini kita dapat berkomunikasi tanpa bertatap muka dengan perbedaan jarak yang sangat jauh. Oleh karena itu munculah hanphone sebuah perangakat alat komunikasi yang dapat dibawa kemana-mana, dan yang seperti telah dijelaskan diatas. Hanphone menjadi alat komunikasi yang sangat penting saat ini.
Jika dilihat dari segi epistimologinya, system hanphone terlahir dari seorang Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 3 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon gengam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola ( divisi tempat cooper bekerja) dengan model pertama adalah dynaTAC. Ide dicetuskan oleh cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.
Dari segi ontologinya handphone merupakan perkembangan dan teknologi telepon konvensional yaitu alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Telepon ditemukan oleh Antonio Meucci yaitu seorang penemu berkebangsaan italia. Umumnya penemu telepon  yang lebih dikenal masyarakat adalah Alexander Graham Bell, tetapi sepertinya sejarah harus ditulis ulang karena adalah seorang imigran dari Firenze (Florence), italia yang bernama Antonio Meucci yang telah menciptakan telepon pada tahun 1849 dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871.
Dan aksiologi dari produk komunikasi berupa handphone adalah berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon. Handphone umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Adapula penyedia jasa telepon genggam dibeberapa Negara yang menyediakan layanan 3G dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran maupun untuk televisi online ditelepon gengam mereka. Mengikuti kembangan teknologi kini ponsel juga dilengkapi denga berbagai pilihan fitur, seperti bisa menagkap radio dan televise, MP3, video, kamera digital, game dan layana internet.
Dan dapat disimpulkan bahwa keberadaan Handphone sangatlah berguna untuk kelangsungan hidup manusia sebagai pelaku komunikasi. Dengan adanya perangkat handphone jarak yang jauh sudah tidak menjadi kendala bagi manusia untuk dapat berkomunikasi. Selama perkembangan zaman handphone akan terus berkembang dari segi desain, fitur-fitur dan akan terus memudahkan manusia dalam melakukan aktivitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini