Senin, 03 November 2014

tugas 6_etika filsafat_dani perdana_KPI 5D_1112051000025

Tugas 6 Etika Filsafat dan Komunikasi
Dani Perdana
KPI 5D
111205100025
 
 Aplikasi Filsafat Dalam Komunikasi

Mempelajari ilmu komunikasi secara menyeluruh, mendalam dan spekulatif, berarti mempelajari filsafat komunikasi. Karena sifatnya yang luas itulah, maka kajian filsafat komunikasi sebagai langkah penelusuran akar ilmu komunikasi membutuhkan referensi dalam berbagai varian dan jenisnya menurut ruang lingkup akar komunikasi itu sendiri. Ketersediaan buku-buku referensi tentang akar-akar ilmu komunikasi adalah hal yang mesti.

Secara filosofis dan teoritis, misalnya, untuk mendalami psikologi sebagai akar ilmu komunikasi, maka penelaahan tentang perspektif-perspektif psikologi dan psikologi sosial misalnya, harus didukung oleh sejumlah hasil penelitian lapangan dan uji teoritis secara keilmuan. Komunikasi merupakan bagian dari pergelutan filosofis. Pergelutan filosofis adalah pemikiran yang mencoba untuk mencari dan merumuskan hakikat segala sesuatu.

Komunikasi merupakan bagian dari kajian filosofis hingga akhirnya berdiri sendiri sebagai sebuahdisiplin ilmu. Namun, bukan berarti ilmu komunikasi sudah tidak lagi membutuhkan peranan filsafat di dalam disiplin ilmu dan penerapannya. Menerapkan pemikiran filosofis dalam praktek komunikasi, merupakan sebuah bentuk implementasi filsafat dalam ilmu komunikasi itu sendiri.

Apabila ilmu komunikasi dimaknai sebagai ilmu yang mempelajari penyampaian pesan antarmanusia, dapat dinyatakan bahwa filsafat ilmu komunikasi mencoba mengkaji ilmu komunikasi dari segi ciri-ciri, cara perolehan, dan pemanfaatannya.

Ilmu komunikasi memiliki sejumlah ilmu praktika, yaitu:
  1. Hubungan Masyarakat
  2. Periklanan
  3. Jurnalistik
Ilmu-ilmu tersebut merupakan anak dari ilmu komunikasi yang dihasilkan oleh penghayatan dan pengamalan nilai-nilai filsafat. Sehingga, komunikasi dapat menjadi kajian ilmu yang bermetode, bersistem, dan berlaku universal. Ia memiliki objek kajian formal (tingkah laku) dan material (manusia).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini