Senin, 03 November 2014

Sarah Meida Pratiwi/KPI 5E/1112051000160/aplikasi filsafat dalam komunikasi

Nama  : Sarah Meida Pratiwi
Kelas   : KPI 5 E
NIM    : 1112051000160
 
APLIKASI FILSAFAT DALAM KOMUNIKASI
Onong U. Efendi dalam bukunya Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi mendefinisikan filsafat komunikasi sebagai suatu disiplin yang menelaah pemahaman (verstehen) secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis, kritis dan holistis teori dan proses komunikasi yang meliputi segala dimensi menurut bidangnya, sifatnya, tatanannya, tujuannya, fungsinya, tekniknya, dan metodenya.
Dalam hidupnya manusia membutuhkan orang lain, maka dari itu hal utama yang dibutuhkan manusia adalah berkomunikasi. Dalam berkomunikasi saat ini sudah banyak macam-macam media penunjangnya. Manusia tidak lagi harus berkomunikasi secara bertatap muka langsung. Banyak media yang dapat digunakan untuk berkomunikasi  walau dengan jarak yang jauh sekalipun. Seperti munculnya media sosial yang semakin berkembang pesat. Media sosial (Social Media) adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan membangun jaringan (networking).
Menurut AntonyMayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat. Tak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan kebutuhan menciptakan personal branding.
Media sosial mempunyai banyak jenisnya, seperti antara lain: twitter, facebook, friendster, path, instagram, dan sebagainya. Beragamnya jenis media sosial saat ini tidak lantas membuat para penggunanya bosan. Hal ini disebabkan media sosial terus mengalami peningkatan serta variasi yang menarik perhatian. Seperti media sosial twitter, hingga sekarang pengguna twitter terus mengalami peningkatan. Ini dikarenakan twitter terus mengalami peningkatan dalam hal pemanfaatan.
Media twitter tidak lagi hanya menjadi alat komunikasi yang dapat menghubungkan orang-orang yang jauh serta dapat menemukan teman baru maupun teman lama. Sekarang ini media twitter sering kali digunakan sebagai alat untuk menyebarkan informasi. Di media twitter banyak terdapat akun-akun yang sengaja dibuat untuk menyebarkan informasi berita terbaru, tips-tips kesehatan, serta informasi ajaran-ajaran Islam. Kedua fungsi ini lah yang menjadi alasan diadakannya twitter. Namun lagi-lagi masih banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan twitter ini untuk hal yang negatif. Seperti contoh banyak dijumpai pengguna twitter yang sengaja menyebarkan tulisan-tulisan maupun gambar yang bersifat "porno". Hal tersebut lah yang membuat citra media sosial kerap kali dianggap buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini