Senin, 03 November 2014

Tugas 6_Fathimah Azzahra (1112051000125)_KPI 5D

Aplikasi Filsafat dalam Komunikasi
Filsafat komunikasi merupakan suatu disiplin yang menelaah pemahaman ( verstehen ) secara fundamental, metodoligis, sistemik, analitis, kritis dan holitis teori dan proses komunikasi yang meliputi segala dimensi dan metodenya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa filsafat komunikasi adalah studi secara mendalam tentang peryataan manusia yang disampaikan kepada manusia lain menuju kemengertian bersama.

Pada 1948, Harold Lasswell mengemukakan teori komunikasi yang bersifat satu arah atau linear. Model Lasswell adalah berbentuk ungkapan verbal, who says what in which channel to whom with what effect. Dari pernyataan tersebut dapat diketahu bahwa unsur - unsur komunikasi menurut Lasswell adalah unsur pengirim, pesan, media, penerima pesan dan pengaruh yang ditimbulkan.
Berdasarkan teori komunikasi Lasswell tersebut, media komunikasi, alat komunikasi atau produk komunikasi sangat dibutuhkan pada saat komunikasi. Produk komunikasi dibuat untuk mengemas simbol-simbol atau makna yang ingin disampaikan. Pesan tidak disampaikan langsung tetapi dituangkan terlebih dahulu dalam media komunikasi, seperti koran, televisi, radio, ponsel (handhphone) dan lain sebagainya
Koran
Media yang satu ini menjadi media atau alat komunikasi modern yang punya kegunaan sebagai alat komunikasi, penyampaian pesan atau iklan sebuah usaha atau perusahaan. Selain itu koran selalu memberitakan informasi atau kejadian yang berhubungan dengan sosial, budaya, hukum, politik, teknologi dan masih banyak lagi.
Seiring dengan berkembangnya teknologi, peran koran bukan lagi hanya di baca dalam bentuk cetak. Kini koran versi digital sudah banyak di temukan di internet.
Televisi
Televisi (TV) menjadi media komunikasi modern yang sekarang hampir setiap rumah memiliki "kotak ajaib" tersebut. Dengan adanya TV, banyak orang bisa mengetahui informasi berita dan bisa menonoton tayangan lain yang memberikan aspek edukasi atau hiburan.
Radio
Awal perkembangannya radio digunakan sebagai mengirimkan pesan telegraf menggunakan kode Morse antara kapal dan darat. Radio juga digunakan untuk menyalurkan perintah dan komunikasi antara Angkatan Darat dan Angkatan Laut di kedua pihak pada Perang Dunia II. Seiring berkembangnya zaman radio merupakan gelombang elektromagnetik yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang hanya terdengar suara saja. Banyak siaran radio yang bisa di nikmati oleh manusia, biasanya radio menyajikan informasi berita, musik, diskusi yang bisa di dengar saja.
Handphone
Masyarakat beranggapan keberadaan handphone saat ini dianggap sebagai barang kebutuhan yang sangat diperlukan bagi setiap orang, sehingga setiap orang harus memiliki alat komunikasi handphone sebagai penunjang kebutuhan berinformasi dan memudahkan mereka dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Keberadaan handphone saat ini bukan suatu barang yang mewah bagi setiap orang karena hampir semua orang dari berbagai macam status golongan, pekerjaan dan usia saat ini bisa memilikinya.
Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G).

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bhakti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini