Senin, 03 November 2014

NIRMA SUGIARTI_1112051000136_KPI 5D_TUGAS KE-6

 
NAMA: NIRMA SUGIARTI                        KELAS: KPI 5D
NIM: 1112051000136                                    TUGAS KE-6
 
 
Media massa saat ini telah menjadi fenomena tersendiri dalam proses komunikasi terlebih lagi tingkat ketergantungan masyarakat terhadap produk media massa semakin tinggi. Media massa yang banyak digandrungi masyarakat saat ini adalah televisi. Perkembangan televisi di Indonesia juga semakin pesat dengan banyaknya televisi swasta yang bermunculkan menjadikan masyarakat memiliki banyak variasi dan alternatif pilihan acara yang akan ditonton.
Namun pada kenyataannya, yang terjadi saat ini stasiun-stasiun TV di Indonesia terjebak pada selera pasar karena tema acara yang disajikan hampir semua saluran TV tidak lagi beragam tetapi seragam di mana informasi yang sampai kepada publik hanya itu-itu saja tidak menyediakan banyak alternatif pilihan. Beberapa format acara TV yang sukses  di satu stasiun TV acapkali diikuti oleh TV-TV lainnya, misalnya saja tayangan bedah kasus, acara lawak, acara kriminal dan acara-acara lainnya. Berbagai program acara dibuat hanya untuk melayani kelompok budaya mayoritas yang potensial menguntungkan, sementara kelompok minoritas tersisihkan dari dunia simbolik televisi.
Televisi hanya berpangku pada tuntutan rating tanpa memperhatikan muatan informasi dari setiap acara yang dibuat. Akibatnya mau tidak mau masyarakat tidak memiliki pilihan untuk menonton acara selain yang disuguhkan.
Dalam beberapa tahun belakangan, salah satu acara yang banyak menjadi pilihan khalayak khusuSnya para wanita adalah tayangan infotainment. Kehadiran infotainment amat mewarnai program-program acara di televisi bahkan menempati posisi rating tertinggi. Pengiklan pun berbondong-bondong memasang iklan pada setiap tayangannya tentu saja semakin mamacu pengelola media untuk berloma-lomba membuat heboh acara infotainment yang dikemasnya.
Semua format yang tampil mengatasnamakan infotainment sebagai penggabungan dari kata "Information' dan Entertainment' (Informasi dan Hiburan) wujudnya merupakan paket tayangan informasi yang dikemas dalam bentuk hiburan & informasi yang menghibur.
Namun dengan dalih jurnalisme, seringkali tayangan infotainment tidak memperdulikan penting tidaknya tayangan untuk disuguhkan kepada khalayak, yang condong terlihat adalah bagaimana acara tersebut dapat menguntungkan secara komersial dan mendatangnkan banyak iklan. Bahkan seringkali media, mengesampingkan kode etik yang berlaku, mengangkat isu-isu yang sedang marak, entah hal itu bersifat fakta maupun hanya opini (gosip).
Fenomena ini menandakan satu permasalahan di dalam kehidupan nilai-nilai "filosofis" televisi di Indonesia. Televisi Indonesia semakin hari semakin memperlihatkan kecenderungan mencampuradukan berita dan hiburan melalui format tayangan "infotainment". Kebergunaan berita menjadi berkurang bahkan menyimpang. Hal ini disebabkan di antaranya oleh tekanan pasar yang makin meningkat.
 
1.      Kajian Aspek Epistemologis:
Dalam berita hal terpenting adalah fakta. Pada titik yang paling inti dalam setiap pesannya pelaporan jurnalisme mesti membawa muatan fakta. Setiap kepingan informasi mengimplikasikan realitas peristiwa kemasyarakatan. Tiap pesan menjadi netral dari kemungkinan buruk penafsiran subyektif yang tak berkaitan dengan kepentingan–kepentingan kebutuhan masyarakat. Charnley (1965 : 22.30) mengungkapkan kunci standardisasi bahasa penulisan yang memakai pendekatan ketepatan pelaporan faktualisasi peristiwa, yaitu akurat, seimbang, obyektif, jelas dan singkat serta mengandung waktu kekinian. Hal-hal ini merupakan tolok ukur dari "The Quality of News" dan menjadi pedoman yang mengondisikan kerja wartawan di dalam mendekati peristiwa berita & membantu upaya tatkala mengumpulkan & mereportase berita. Secara epistemologis cara-cara memperoleh fakta ilmiah yang menjadi landasan filosofis sebuah berita infotainment yang akan ditampilkan berdasarkan perencanaan yang matang, mapan, sistematis & logis.
 
2.       Kajian Aspek Ontologis
Dalam kajian berita infotainment ini bahasan secara ontologis tertuju pada keberadaan berita infotainment dalam ruang publik. Fenomena tentang berita infotainment bukan gejala baru di dunia jurnalisme. Pada abad 19, pernah berkembang jurnalisme yang berusaha mendapatkan audiensnya dengan mengandalkan berita kriminalitas yang sensasional, skandal seks, hal-hal yang menegangkan dan pemujaan kaum selebritis.
Fenomena infotainment merupakan hal yang tidak bisa terhindarkan dari dunia jurnalisme kita. Pada realitasnya ini banyak disukai oleh masyarakat dengan bukti rating tinggi (public share tinggi).
 
3.        Kajian pada aspek aksiologis
Secara aksiologis kegunaan berita infotainment dititik beratkan kepada hiburan. Pengelola acara ini menarik audiens hanya dengan menyajikan tontonan yang enak dilihat sebagai sebuah strategi bisnis jurnalisme. Hal ini akan berdampak pada menundanya selera dan harapan sejumlah orang terhadap sesuatu yang lain. Ketika etika infotainment telah salah langkah mencoba untuk "menyaingkan" antara berita & hiburan. Padahal nilai dan daya pikat berita itu berbeda, infotainment pada gilirannya akan membentuk audiens yang dangkal karena terbangun atas bentuk bukan substansi.
Pengelola media melalui berita infotainment terkadang tidak lagi mempertimbangkan moral sebagai pengontrol langkah mereka sehingga begitu mengabaikan kepentingan masyarakat. Hal itulah yang terjadi dengan berita infotainment di Indonesia, beberapa kaidah yang semestinya dijalankan malah diabaikan demi kepentingan mengejar rating dan meraup keuntungan dari pemasang iklan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini