Senin, 03 November 2014

TUGAS 6_GITA SULISTYANI_KPI 5 C

APLIKASI FILSAFAT DALAM KOMUNIKASI

Menurut Socrates, filsafat sebagai cara berfikir yang radikal dan menyeluruh, cara berfikir yang mengupas sesuatu sedalam-dalamnya. Pengaplikasian filsafat dalam komunikasi berarti megupas keseluruhan dimensi yang terdapat dalam komunikasi. Sebuah komunikasi terjadi apabila terdapat sejumlah komponen di dalamnya, yaitu komunikator, pesan, media, komunikan dan efek. Pesan yang disampaikan komunikator merupakan pernyataan dari pikiran dan perasaannya yang dapat berupa informasi, keluhan, nasihat, dan sebagainya. Nantinya pesan tersebut akan menimbulkan dampak atau efek tertentu terhadap komunikan.

Prof. Onong Uchjana Effendy membagi proses komunikasi menjadi dua, yakni komunikasi tatap muka dan komunikasi bermedia. Menurutnya, komunikasi bermedia adalah komunikasi menggunakan saluran atau sarana untuk meneruskan suatu pesan kepada komunikan yang jauh tempatnya dan banyak jumlahnya. Media yang digunakan untuk komunikasi bisa berbagai macam seperti menggunakan media massa. Menurut Cangara, media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak dengan menggunakan alat-alat komunikasi seperti surat kabar, film, radio dan televisi. Walaupun media massa merujuk pada surat kabar, radio, dan televisi, tetapi kini sudah ada yang di sebut dengan media baru (new media), yaitu teknologi berbasis komputer seperti internet. Selain itu, media massa juga memilki fungsi untuk memberikan informasi, pendidikan, hiburan, dan persuasif.
Saat ini media massa telah menjadi fenomena tersendiri dalam proses komunikasi bahkan ketergantungan manusia pada media massa sudah sedemikian besar. Namun, dari sekian media massa yang ada media komunikasi massa yang paling disenangi masyarakat adalah televisi. Ini dikarenakan banyak program acara yang ditampilkan mulai dari anak-anak hingga orang tua, sehingga mereka dapat banyak pilihan untuk memilih yang sesuai dengannya. Televisi juga lebih menggambarkan apa yang terjadi di luar lingkungan mereka karena berupa audio saja tetapi juga visual. Sifat media massa yang serempak inilah yang akan membuat khalayak yang menonton acara yang sama secara serempak menaruh perhatian terhadap pesan yang didalam acara yang ditontonnya. Terkadang tujuan pesan yang ingin disampaikan suatu acara tidak selalu sama dengan yang diterima oleh penontonnya, bisa positif kadang bisa juga negatif. Misalnya seperti yang terjadi pada program yang dibuat oleh salah satu stasuin TV yang ceritanya tentang anak remaja, dalam sebuah adegan salah satu pemerannya menyanyikan sebuah lagu, kemudian penonton menyukai lagu tersebut, tidak lama berselang akhirnya membuat penyanyi aslinya yang mulanya tidak dikenal menjadi terkenal. Ini membuktikan bahwa penggunaan media massa memiliki dampak yang cukup besar dalam kehidupan manusia. Entah dampak tersebut nantinya berupa hal positif maupun negatif, ataupun bisa memberi manfaat bagi orang lain atau justru merugikan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini