Senin, 17 September 2012

Apa pemikiran August comte tentang Agama ? Dan Apa pemikran Emile Durkheim tentang Agama ?

 
Tugas ke II
 
Nama : Mia Kurnia Ningsih
Kelas : KPI I E
NIM  : 1112051000156
 
Apa pemikiran August comte tentang Agama ?
Dan
Apa pemikran Emile Durkheim tentang Agama ?
         
Pemikiran August comte pandangan tentang Agama yang salah satu nya saya ambil dari buku berjudul
ARTI PERKEMBANGAN MENURUT FILSAFAT POSITIVISME AUGUST COMTE .
Dalam buku tersebut yang berisi tentang kehidupan August comte beserta pandangan – pandangan filsafat August comte ada suatu bab di Bab V yakni yang membahas tentang
AJARAN STATISTIKA DAN DINAMIKA SOSIAL DAN RUANG LINGKUP FILSAFAT POSITIVISME AUGUST COMTE .
Dalam suatu pembahasan dalam Ruang lingkup August comte terdapat beberapa pembahasan dari berbagai Segi – Segi kehidupan diantaranya Segi filsafat sejarah,Segi filsafat sosial,dan Segi filsafat Agama .
Dan terdapat pertanyaan di atas tentang bagaimana pemikiran August Comte tentang agama ?
Disini tertulis dari segi Agama comte dalam kaitannya untuk mengganti tatanan sosial abad tengah yang sudah tidak sosial lagi , august comte juga mengajarkan untuk membentuk suatu religi yang baru, yaitu religi yang memenuhi tuntutan akal atau pandangan yang positif.
Religi yang baru adalah religi yang menyembah kemanusiaan sebagai "THE GREAT BEAT"
            Dengan tetap mengagumi disiplin moral serta disiplin sosial ,katolisisme ,august Comte dalam religi baru yang ia bentuk , menggantikan obyek penyembahan tuhan dengan apa yang ia sebut "HUMANITY".(38)
"…….The highest form of the moral life consists in the love and service of humanity. In the positive phase of thought humanity take the place occupied by GOD in theological thought ,and the object of positivist worship is the "GREAT BEING" ,hmanity with a capital letter ….. humanity does not possess all the at-tribute once predicated of GOD.
 
            Dalam pandangan August Comte ini memang menjadi sebab bagi para pengkutnya untuk menuduh , bahwa karena pengaruh Clodite de Vaux, seorang wanita "teman hidup bersamanya"yang telah mendahului meninggal pada  tahun 1846 pandangan August Comte berubah menjadi positivisme sebagai " a RELEGION OF HUMANITY " ,suatu perubahan sikap intelaktualisme yang ekstrem menjadi mitisme yang ekstrem  pula.
 
 

Pemikiram Emile durkheim pandangan tentang Agama  , yang salah satunya saya ambil dari buku yang berjudul   SOSIOLOGI AGAMA SUATU PENGENALAN AWAL .
            Dimana dalam buku tersebut yang berisi tentang mencakup keseluruhan tentang sosiologi agama dan di dalam buku tersebut ada suatu bab yaitu bab tentang  AGAMA DAN KAUSALITAS SOSIAL .
yang  di dalam bab tersebut membahas tentang pandangan Emile Durkheim tentang Agama itu sendiri .
            sejak Periode sebelum perang Dunia 1 , Emile durkheim mencoba mempertanyakan dan menjawab dua pertanyaan
pertama dia memberikan perhatian pada apa itu agama? , dan kemudian para peranan yang dimainkan  oleh agama dan masyarakat .
meteologinya menjurus pada apa yang dianggap nya sebagai "hal-hal sosial" , dan bagi dirinya Agama merupakan suatu "hal sosial " yang utama .
dia memandang agama dalam kaitan dengan opembagian radikal semua pengalaman manusia ke dalam dua bagian heterogen yang radikal pula .
menurutnya Agama ditandai oleh sikap sakral pengalaman dan dituangkan dalam bentuk ritual dan praktek-praktek suci sambil tetap menjaga batas –batas yang keras.
Durkheim memandang obyek agama adalah kelompok itu sendiri yakni masyarakat , yang berada di belakang heterogenitas peralatan dan simbol-simbol yang mendatangkan ekspresi nyata bagi mereka yang meyakininya.
Agama itu membuat individu menjadi makhluk sosial, Durkheim melihat Pemujaan terhadap tuhan sebagai pemujaan tersamar pada masyarakat , yaitu entitas yang  menjadi tempat individu bergantung.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini