Senin, 12 November 2012

Aragea Noorma Gustina_Lap 1_Kandank Jurank Doank

Judul  Penelitian          : Partisipasi Masyarakat Sekitar Terhadap adanya Kandank Jurank  Doank

 

Peneliti                        :  Aragea Noorma Gustina ( 1112051100008 )

 

I.                    Latar Belakang

Kandank Jurank Doank (KDJ) ini merupakan salah satu komunitas untuk menyediakan lahan bermain yang terbuka bagi anak-anak atau remaja yang sudah mulai merasa kehilangan tempat atau wahana bermain yang bebas dan berbau ke pada alam dan mendidik. Alasan sosiologis saya memilih KDJ ini sebagai bahan penelitian karena KJD ini memberikan ruang bermain bagi anak-anak atau siapapun, tetapi bermain. Namun bukan bermain yang menghabiskan waktu melainkan sambil belajar dan mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat. Kita tau modernisasi telah banyak merubah gaya hidup orang banyak, tak hanya orang dewasa saja, tapi anak kecil pun sudah berubah gaya hidupnya. Dari yang dulu senag sekali bermain naik sepeda atau semacamnya, namun sekarang mereka lebih senang belanja atau bermain di mall. Dan komunitas ini hadir sebagai wadah untuk bermain anak-anak tetapi bermain sambil mendapatkan ilmu dan tidak hanya sekedar membuang-buang waktu dan materi yang sudah ada.

 

II.                  Pertanyaan Pokok

 

1.      Bagaimana apresiasi masyarakat sekitar mengenai adanya KJD ini?

Pertanyaan ini diajukan agar mengetahui  apa apresiasi masyarakat mengenai adanya KJD ini.

 

III.                Metode Penelitian

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yakni dimana peneliatian ini melalui pendekatan secara mendalam. Untuk mengetahui bagaimana aspresiasi masyarakat mengenai adanya KJD ini.

      Waktu Penelitian        : Sabtu-Minggu, 10-11 November 2012

      Pukul                           : 10.00 – 16.00 WIB

      Tempat                        : Kandank Jurank Doank, Jombang, Ciputat, Tang-Sel

      Narasumber                : Ka Fadly

 

 

 

 

IV.               Gambaran Objek Yang Dikaji

 

Objek yang dikaji adalah bagaimana KJD memberikan pengaruh bagi masyarakat sekitar berdirinya KJD. Sebab KJD ini berdiri di tengah komplek perumahan masyarakat di daerah Jombang, Ciputat, Tangerang Selatang. KJD sebagai salah satu institusi sosial, pasti memiliki pengaruh terhadap masyarakat sekitarnya. KJD yang berdiri di bawah rintisan Dink Doank ini dibentuk sebagai wahana atau temapat bermain yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

 

 

 

V.                 Analisis

 

KJD ini berdiri dirintis oleh Bang Dik Doank pada pada tahun 1993, yang lokasi pertamanya terletak di Angkasa Pura, Kemayoran. Lalu pindah ke Ciputat, Komplek Kalpita pada tahun 1997. KJD ini lalu mulai diresmikan pada tanggal 24 Mei 2005. Alasan KJD ini di dirikan karena KJD ini ingin membekali teman-teman baik usia anak-anak sampai remaja dengan ilmu-ilmu yang berguna bagi diri mereka sendiri. Berawal dari kegelisahan Bang Dik Doank yang merasa bahwa ruang bermain yang bermanfaat bagi anak-anak maupun remaja sudah tidak ada. KJD mengacu pada Taman Siswa yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara, yaitu belajar tanpa adanya sekat.

      KJD ini mulai dikenal oleh masyarakat luas karena diliput oleh media pada tahun 2008. Namun bagi KJD baik diliput maupun tidak diliput bukanlah masalah besar bagi mereka. Pada awal terbentuk KJD belum ada kepengurusan tetapnya, Cuma semakin lama, terbentuk lah struktur kepengurusannya. KJD ini juga memiliki beberapa peraturan yang mengikat, sebagai contoh, bagi pelajar sekolah dilarang bermain pada jam sekolah, dan masih mengenakan seragam sekolah, dan tetap menjaga lingkungan taman KJD. KJD ini tidak memiliki target khusus bagaimana menjaga ekstensinya, namun tetap menjalankan kegiatan seperti biasanya. Namun apabila ada media yang hendak mempublikasi KJD, mereka tentu akan menerima dengan terbuka.

      Masyarakat sekitar KJD pun merasa tidak keberatan adanya KJD. Bahkan mereka mendukung adanya KJD. Bahkan tak heran mereka juga sering berpartisispasi jika KJD sering  ada acara atau event. Bahkan masyarakat sekitar juga bisa memanfaatkan KJD sebagai lahan bisnis mereka, seperti contoh berdagang di kantin yang di miliki KJD atau sebagainya.

      Tokoh yang paling berpengaruh di KJD ini memang kebayakan mengatakan Bang Dik Doank, namun Bang Dik juga tidak menjadi otoriter terhadap KJD, bila keputusan atau planningnya dirasa kurang cocok dengan KJD, maka ia akan mendengarkan masukan dari anggota-anggota yang lain. Mereka mengatakan bahwa mereka melakukannya secara demokratis

 

VI.               DAFTAR PUSTAKA

 

-          Ketua Kandank Jurank Doank, Kak Fadly S.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini