Senin, 12 November 2012

Umi Kulsum_Lap 2_"Agen Penyalur Pesurat Kabaran" Jurnalistik A

Wawancara dibidang Bisnis

Judul Penelitian   : Agen Penyalur dan Penyedia Surat Kabar

Peneliti                : Umi Kulsum (1112051100003)

Narasumber : Pujiono (Pimpinan)

       I.            Latar Belakang

Bapak yang lahir 42 tahun silam ini mengawali karier berbisnisnya sejak dibangku SMP (Sekolah Menengah Pertama). Beliau memiliki 5 orang anak yang masih mengenyam pendidikan semuanya, beliau sarjana S1 di sebuah perguruan tinggi di UNIS Tangerang dengan gelar S.pd. Tetapi, dengan gelarnya sebagai S.pd ia lebih beralih ke jalur bisnis. Perjuangannya untuk memiliki karyawan banyak tidaklah mudah, ia harus mengupayakan semuanya sendiri tanpa bantuan siapapun. Kerja keras siang malam ia hiraukan bahkan hujan badaipun ia tak peduli. Akhirnya semua itu tidak sia-sia perjuangan dahulu membuahkan hasil yang memuaskan. Beliau bisa membahagiakan kedua orangtuanya dikampung halaman sana.

 

    II.            Pertanyaan Pokok Penelitian

1.      Sudah berapa tahun bapak menggeluti usaha ini?

Pertanyaan ini ialah deskripsi seorang narasumber pebisnis dalam mengawali kariernya hingga saat ini. Dari pertanyaan tersebut dapat diketahui seberapa lamakah beliau dalam menggeluti bisnisnya. Sudah apa saja yang dikembangkan dalam menggeluti usahanya.

2.      Berapa karyawan/anak buah yag bapak miliki hingga saat ini?

Pertanyaan serupa juga tidak kalah penting dalam memberikan penjelasan di sebuah penelitian. Pertanyaan tersebut ada kaitannya dengan usaha yang beliau geluti saat ini. Dapat memperjelas juga berapa banyak karyawan yang beliau miliki untuk membantunya dalam usaha ini agar semuanya berjalan dengan lancar.

 

 III.            Metode Penelitian

Metode yang saya gunakan dalam penelitian kali ini menggunakan Metode Kualitatif, karena mengandalkan dalam pengumpulan data dari narasumber misalkan biografi narasumber, dan awal merintis bisnisnya. Metode ini lebih fleksibel dan mudah dibandingkan metode kuantitatif mengandalkan dalam pengumpulan angka yang harus teliti metode ini sangatlah rumit.

 

 IV.            Gambaran Subjek/Objek Penelitian

Seorang bapak 5 anak ini ialah seorang yang pekerja keras membiayai  pendidikannya sendiri dari awal dari hasil keringatnya sendiri tanpa bantuan orangtua sepeserpun. Sejak kecil ia sudah dititipkan pada kakak kandungnya tetapi beliau tidak ingin selalu menengadahkan tangan dan akhirnya ia berjualan Koran ditrotoar. Karena beliau pekerja keras dan tak pernah mengenal lelah apalagi mengeluh ia dapat membiayai hidupnya dan sampai memiliki gelar sarjana dari uangnya sendiri.  Beliau menjadi sukses dengan memiliki 33 Karyawannya, dan usaha lainnya seperti bisnis kios dan kontrakkan.

    V.            Analisis

Saya sangat tertarik untuk meneliti usaha ini, karena dengan pertimbangan dan lain hal usaha dibidang penyalur ini terbukti berhasil jika ada itikad baik, ulet, pekerja keras, dan tak mudah mengeluh. Beliau mengawali usahanya dari 0 dari yan awalnya berjualan ditrotoar hingga memiliki banyak karyawan. Semua hasil yang beliau miliki untuk keluargaya. Beliau memiliki 33 orang karyawan, Omset perhari lebih dari 3000 exemplar perhari dengan keuntungan yang lumayan memuaskan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Agen Penyalur Surat Kabar

                Seorang pengusaha penyalur surat kabar bernama Pujiono, ia sudah berkeluarga dan memiliki 5 orang anak mengawali bisnisnya sejak 25 tahun lalu. Sejak beliau masih duduk dibangku SMP (Sekolah Menengah Pertama) semua biaya sekolah ia biayai sendiri karena orangtua berada di Jawa Tengah dan beliau merantau ke Jakarta.

               Sampai saat ini beliau memiliki 33 orang karyawan yang membantunya menggeluti usaha ini. Omset setiap harinya 3000 exemplar dengan keuntungan Rp. 300.000 ribu perhari. Produk yang dijual ada 50 macam Koran, tabloid, dan majalah. Menurutnya, dari keseluruhan keuntungannya perhari belum mencukupi kebutuhannya sehari-hari karena untuk biaya sekolah dll. Karyawan biasanya berjualan dan menyebarkan surat kabar ini didaerah perumahan, pasar, terminal, dll. Ada yag memiliki langganan tetap ada juga yang memiliki pangkalan sendiri. Tetapi, selain usaha ini beliau memiliki usaha lain yaitu usaha kontrakan, ruko, kios dan berjualan sembako. Menurut beliau agar usaha ini berjalan dengan lancar ialah adanya manajemen yang terkontroldan penyelesaian yang bijaksana.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini