Senin, 12 November 2012

Mia Kurnia Ningsih_KPI 1 E_LAPORAN 2


Judul penelitian : AGAMA DALAM PANDANGAN FORKABI
(FORUM KOMUNIKASI ANAK MUDA BETAWI)
Peneliti : Mia kurnia Ningsih (1112051000156)

 
Pendahuluan

a.  Latar belakang
Indonesia merupakan NEGARA yang memiliki berbagai macam kebudayaan dan juga kaya dengan suku dan budaya, berbagai macam suku terdapat di Indonesia .
Di antaranya suku Jawa,sunda,batak,dan masih banyak lagi namun kali ini kami meneliti tentang suatu forum komunikasi anak muda betawi , betawi merupakan suatu budaya khususnya di daerah jakarta ini sendiri , terdapat banyak orang betawi yang menjadi ciri dari kota jakarta itu sendiri .
    FORKABI merupakan  organisasi masyarakat yang tumbuh pada komunitas betawi yang terbentuk didasari oleh nilai perjuangan, nilai etnis betawi yang mulai terkikis oleh bermacam-macam ras dan kondisi pada saat itu.
Maka dari itu dengan penelitian ini akan mngetahui bagaimana anggapan mereka terhadap agama dan bagaimanakah pandangan  tentang nilai keagamaan.
 
b. Pertanyaan Pokok
1. Apakah saja yang sudah di wujudkan forkabi untuk kesejehteraan sosial dalam masyarakat?
2. bagaimanakah forkabi menilai agama dalam konteks berorganisasi ?
 
 
 
 
c. Tujuan
1.      Pertanyaan ini untuk mengetahui apakah FORKABI mempunyai nilai sosial dalam masyarakat , guna membantu masyarakat itu sendiri.
2.      Hal ini ditanyakan guna mengetahui seberapa banyak nilai-nilai agama yang menjadi tolak ukur organisasi FORKABI iu sendiri.
d . Metode Penelitian
Metode Kualitatif merupakan metode yang menggunakan sistem penelitian secara lebih mendalam melalui pendekatan secara individual, wawancara, dan penelitian-penelitian dan pikirkan.
Waktu                : Kamis,8 november 2012 , jam 14:00-16:30
Tempat               : jl.swadaya 1.RT.12. RW .09 kecamatan pasar minggu
·         Gambaran Tokoh
Nara sumber dalam penelitian terhadap forum komunikasi anak betawi (FORKABI) didapat dari wawancara langsung terhadap pembina ranting FORKABI sendiri yaitu bapak Ach. Dahlan. S.sos
e. Analisis
Setelah kami mewawancara didapatlah beberapa pernyataan penting  bahwa dalam FORKABI pada dasarnya didirikan dari mayoritas muslim .
            FORKABI bukan suatu forum keagamaan melainkan suatu ormas masyarakat yang bergerak menghimpun suatu hal untuk kemajuan FORKABI itu sendiri.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini