Senin, 12 November 2012

laporan 2, Toleransi Beragama dalam Nilai Perjuangan Etnis Betawi, Annisah Bilqis, KPI 1 E

Toleransi Beragama dalam Nilai Perjuangan Etnis Betawi
Nama  : Annisah Bilqis
NIM     : 1112051000158
I.                    Latar Belakang
Indonesia memiliki berbagai macam etnis salah satunya betawi. Betawi merupakan etnis yang sangat berperan besar di Indonesia. Betawi juga mempunyai nilai-nilai agama yang kental dan kuat. Dan di Indonesia banyak bermunculan organisasi masyarakat yang menonjolkan kebudayaan betawi salah satunya FORKABI (Forum Komunikasi Anak Betawi).
FORKABI merupakan forum yang berdiri pada tahun 1994. Terbentuknya FORKABI didasari oleh nilai-nilai perjuangan etnis betawi yang mulai hilang berbagai macam RAS dan kondisi.
Dalam peneitian ini saya ingin mengulas toleransi dalam perjuangan didalam etnis betawi di Indonesia. FORKABI disini berperan sebagai objek penelitian.
II.                  Pertanyaan Pokok Penelitian
-          Bagaimana pandangan FORKABI terhadap agama?
-          Apa pandangan FORKABI mengenai toleransi agama?
III.                Metode Penelitian
Metode Kualitatif. Lokasi di Rawabelong, Jak-bar. Waktu pada jam 14.00-16.30
IV.               Gambaran Tokoh
Pak M. Dahlan Abdullah S.sos menjabat sebagai penasehat FORKABI.
V.                 Analisis
FORKABI adalah sebuah forum yang bergerak dan berfungsi untuk mengumpulkan masyarakat-masyarakat betawi. Dalam pandangan FORKABI agama merupakan penggambaran dari nilai-nilai betawi sendiri, karena dalam FORKABI (betawi) terdiri dari berbagai macam etnis seperti etnis Arab dan China. FORKABI bersifat netral dalam berpandangan mengenai agama.
FORKABI sangat menekankan toleransi beragama kepada setiap anggotanya. Salah satu contoh toleransi beragama yang ditunjukkan oleh FORKABI adalah pengamanan malam natal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini