Senin, 12 November 2012

M.Badruzzaman_Lap2_Bali view futsal

Institusi Bisnis Bali View Futsal

Muhammad Badruzzaman (1112051100015)

A. Latar Belakang

Olahraga futsal kini menjadi olahraga permainan yang diminati dari berbagai kalangan hal ini dikarenakan permainan futsal dapat dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Olahraga futsal merupakan modifikasi dari permainan sepak bola. Modifikasinya berupa pengurangan pada ukuran lapangan, bentuk dan ukuran peralatan yang digunakan, jumlah pemain dan aturan permainan. Dalam hal ini permainan futsal merupakan olahraga beregu yang dimainkan oleh dua regu, setiap regu terdiri dari lima orang pemain termasuk penjaga gawang.

Dalam perkembangannya permainan futsal di Indonesia mengalami banyak kemajuan, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya masyarakat yang bermain futsal baik tertutup (indoor) atau lapangan terbuka (outdoor). Secara ekonomis, bisnis olahraga ini sangat menjanjikan, karena dapat mendapatkan laba yang besar setiap harinya.

Bali View futsal merupakan salah satu arena futsal diantara banyak arena futsal lainnya yang menyediakan fasilitas dua lapangan futsal dengan kualitas yang baik serta fasilitas lainnya seperti kafe, taman bermain, dan Toilet. Sehingga pengunjung atau konsumen bisa menikmati bermain futsal dengan santai dan enjoy

B. Pertanyaan pokok

  1. Kapan berdirinya Bali View futsal ini? Bagaimana struktur kepemimpinannya? Jumlah karyawan yang bekerja?

Bali view futsal ini didirikan pada tahun 2005. Bisnis ini didirikan oleh perusahaan PT Wijaya Arya.

Struktur kepemimpinannya yaitu Manager Unit 1, Kepala klub, divisi kolam renang, Administrasi, divisi futsal dan tennis. Jumlah karyawan yang terlibat dalam futsal ini berjumlah 25 orang, mereka semua bukan karyawan tetap melainkan outsourcing.

  1. Apa kelebihan Bali View futsal ini dengan fulsal lainnya?

Kelebihan Bali View futsal dengan arena futsal lainnya adalah selain dipakai untuk bermain futsal lapangannya juga bisa di gunakan untuk bermain tennis, salah satu kelebihan Bali view futsal dengan futsal lainnya. Kemudian kami juga menyediakan kafe untuk pengantar atau pengunjung yang tidak bermain futsal serta taman bermain untuk anak-anak.

  1. Apa pengaruh Bali view futsal ini terhadap masyarakat sekitar?

Pengaruhnya baik terhadap masyarakat sekitar karena, selain arena berolahraga Bali view sport ini juga dijadikan sarana rekreasi, dengan adanya Bali view futsal ini diharapkan dapat mendongkrak prestasi sepak bola nasional secara umum.

C. Metode Penelitian

Metode penelitian; Kualitatif, metode ini digunakan untuk menggali dan mengetahui tentang informasi lebih dalam melalui wawancar dengan nara sumber.

Waktu      : 10 November 2012, pukul 16.00 – 17.00

Tempat     : Bali View Sport club Jl. Taruma Negara. Tangerang Selatan.

D. Gambaran Tokoh

Bapak Heriandi, beliau merupakan kepala klub Bali View sport, beliau sangat berpengaruh dan mengerti tentang Bali view sport ini karena Bali view sport disini yang  mengelola beliau dan beliau tahu betul tentang seluk beluk Bali view sport club ini karakteristik dan manajemen dan sebagainya.

E. Analisis

Dalam perkembangannya permainan futsal di Indonesia mengalami banyak kemajuan, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya masyarakat yang bermain futsal baik tertutup (indoor) atau lapangan terbuka (outdoor). Inilah yang menjadi landasan didirikannya Bali View futsal. Karena selain bernilai ekonomis, dengan adanya Bali View futsal ini diharapkan dapat mendongkrak prestasi sepak bola nasional secara umum, khususnya di bidang futsal. Bali View futsal ini didirikan pada tahun 2005. Bisnis ini didirikan oleh perusahaan PT Wijaya Arya. Dengan struktur kepemimpinannya yaitu Manager Unit 1, Kepala klub, divisi kolam renang, Administrasi, divisi futsal dan tennis. Jumlah karyawan yang terlibat dalam Bali view sport ini berjumlah 25 orang, mereka semua bukan karyawan tetap melainkan outsourcing.

Mayoritas yang bermain atau bertanding di Baliview futsal ini rata-rata dari kalangan pelajar dan mahasiswa, tetapi tak menutup kemungkinan warga sekitar Bali view ini untuk bermain di Bali view futsal, karena di dalam Bali view futsal ini babas untuk bermain futsal mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bisa bermain di Bali view futsal ini. Untuk Tarif yang dikenakan hari biasa berbeda dengan hari libur. Tarif biasa senin – jum'at, 07.00 – 17.00 yaitu Rp 50.000 sedangkan pada pukul 17.00 – 22.00 yaitu Rp 70.000, hari libur sabtu – minggu, 07.00 – 17.00 yaitu Rp 60.000 sedangkan pukul 17.00 – 22.00 yaitu Rp 80.000.

Kelebihan Baliview futsal dengan futsal indoor lainnya yaitu terdapat fasilitas pelengkap kafe, kolam renang, taman bermain dan sebagainya. Lapangan futsal pun tidak khusus  dimainkan untuk futsal saja, melainkan bisa dipakai untuk tennis juga. Pengaruh Bali view futsal  ini terhadap masyarakat sekitar yaitu sangat baik, sebagai arena olahraga juga arena rekreasi atau fasilitas umum untuk masyarakat sekitar karena terdapat fasilitas lainnya sepeti taman bermain, kedai atau kafe dan sebagainya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini