Laporan 1, Agama dalam Kehidupan Sosial pada Partai Amanat Nasional (PAN)
Nama : Thabita N Dhiraja
NIM : 1112051000141
I. Latar Belakang
Di Indonesia terdapat banyak partai, di partai partai tersebut ada beberapa yang dilandasi dengan nilai nilai keagamaan. Dengan adanya penelitian yang meneliti nilai nilai keagamaan yang terdapat dalam sebuah partai maka dengan itu saya mencoba menleiti dan menelaah apakah partai PAN ( Partai Amanat Nasional ) memiliki sebuah nilai keagamaan yang terkandung dalam partainya.
II. Pertanyaan Pokok Penelitian
1. Bagaimana kedudukan agama dan nasionalisme dalam partai ini? Dan apakah ada perlakuan khusus kepada masyarakat yg beragama islam atau sebagainya?
2. Bagaimana landasan agama yang dianut dan di pegang oleh PAN sendiri?
III. Metode Penelitian
Metode peneliatan : Kualitatif
Dengan menggunakan metode penelitian ini kita dapat mengetahui lebih mendalam, spesifik dan lebih tepat dengan apa yang sedang diteliti dan yang ingin diketahui tentang informasi dari partai politik berikut.
Waktu : 07 november 2012 , jam 14:00-16:30
Tempat : Kantor pusat partai amanat nasional (PAN)
Jl. Tb .simatupang . Jakarta selatan
IV. Gambaran Subyek/Obyek Penelitian
Narasumber Anton Syafriuni S.Sos, merupakan wakil sekretaris jendral dari DPP PAN pusat, juga merupakan tokoh dalam partai yang berpengalaman dalam seluk beluk partai PAN. Beliau tidak hanya pengurus partai tapi juga merupakan tokoh yang cukup aktif baik dalam pendidikan seperti menjadi dosen dan pengamat politik, dengan ini beliau sangat paham dengat dunia politik.
V. Analisis
PAN merupakan partai yang berlandaskan nasionalisme total. PAN sudah berdiri sejak tahun 1998 yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaan. Agama menurut partai ini tidak harus ditunjukkan dengan praktek agama dalam partai. Menurut partai PAN kedudukan masnyarakat adalah rata di mata hukum, tidak memandang kedudkan sosial dan juga tidak memandang kedudukan agamanya. Dalam partai ini kedudukan agama dan nasionalisme mempunyai kedudkan yang seimbang dengan kata lain tidak dibeda bedakan karna mempunyai peran yang sama sama penting. Prospek dalam landasan keagamaan PAN itu berpandangan pada Bhineka Tunggak Ika yang dengan kata lain tidak membeda bedakan suku dan agama masyarakat, karena para anggota PAN sendiri juga dari agama yang berbeda juga maka dengan itu agama di partai ini memiliki kedudukan penting.
Laporan 2, Agama Dalam Forum Kumpulan Anak Muda Betawi (FORKABI)
Nama : Thabita N Dhiraja
NIM : 1112051000141
I. Latar Belakang
Forkabi adalah organisasi yang berada dalam masyrakat yang khususnya itu komunitas anak anak betawi. Terbentunya organisasi yang di rampungkan dengan nama forum anak muda betawi, lebih jelasnya lagi bahwa dalam terbentuknya organisasi ini terdorong dari suatu permasalahan yang melingkupi masyrakat betawi yang mulai terkikis zaman, sehingga sulit didapatkan dengan kesatuan dalam satu wilayah yang tetap, pada awalnya betawi merupakan kumpulan dari berbagai etnis mulai dari arab dan cina (mayoritas) namun sekarang telah tumbuh menjadi masyarkat multi etnis karena telah bercampur dengan berbagai macam etnis. Dalam forum ini ternyata terdapat banyak anak anak yang menganut aagama Islam yang saling menghargai perbedaan agama yang terdapat dalam lingkungan masyarakat.
II. Pertanyaan Pokok Penelitian
1. Apa yang mendasari terbentuknya FORKABI?
2. Apa pandangan agama menurut FORKABI?
III. Metode Penelitian
Metode Penelitian : Metode Kualitatif
Metode ini cocok untuk meneliti dengan tetap ormas ormas seperti FORKABI ini
Waktu : 08 november 2012 , jam 14:00-16:30
Tempat : Pasar minggu ,Jakarta selatan danRawa belong , Jakarta barat
IV. Gambaran Subyek/Obyek Penelitian
Ahmad dahlan .s.sos : Pembina utama forkabi (nara sumber utama)
Zulkifli hasan : participant
Abdullah yasin : participant
Muhammad sodikin : anggota
Idrus shahab : anggota
Kamaluddn harahap : anggota
Muhammad syarifuddin: anggota
Jihat alamsyah : anggota
Maskur ahmad : anggota
Helmy yahya : anggota
Chairul razak : anggota
Ahmad mumtaz raiz : anggota
Putra jaya Husain : anggota
Taufik abdillah : anggota
Chairil anwar : anggota
Ahmad bakri Husain : anggota
Ali farhan : participant
Darwis habibi : anggota
Ahmad maulana : anggoa
Aries saputra : participant
Mustofa arifin : anggota
Decky umammur rais : anggota
Deden zainuddin : anggota
Ahmad zikrillah : anggota
Zainuddin umar : anggota
Muhammad najib : anggota
Muhammad aidillah p : anggota
Rahman hakim : anggota
Asep saipullah : anggota
Radytia : anggota
Kusni mubarok : anggota
Haryanto : anggota
Didin hafiluddin : anggota
V. Analisis
Forkabi merupakan organisasi yang berada dalam masyarakat. Organisasi ini lebih tepatnya adalah forum yang merupakan perkumpulan anak anak muda betawi yang sadar akan terkikisnya budaya betawi dengan seiring berjalannya waktu. Ternyata dalam forum ini dapat diketahui bahwa mayoritas orang betawi merupakan penganut agama islam. Walaupun mayoritas menganut agam islam organisasi ini tetap menghargai perbedaan perbedaan agama yang terdapat di masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar