Senin, 12 November 2012

Dede Fauziah_lap1_FKPPI

Judul Penelitian           : Institusi Masyarakat
Peneliti                        : Dede Fauziah (1112051100022)
I.                   Latar Belakang
Organisasi masyarakat tentu sangat erat hubungannya dengan masyarakat, dimana organisasi tersebut memiliki visi dan misi untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan pancasila, serta memiliki kepedulian antar sesama baik dalam bidang sosial, ekonomi, dan pendidikan.
Seperti yang dijelaskan oleh Emil Durkheim tentang human dualisme yang terdiri kesadaran diri sendiri ( individu ) merupakan dari masyarakat serta kesadaran masyarakat merupakan dari diri sendiri ( individu ). Hal tersebut saling berkaitan dengan adanya organisasi masyarakat yang merupakan kumpulan-kumpulan individu yang memiliki rasa kepedulian terhadap masyarakatnya.
 
II.                Pertanyaan Pokok Penelitian
1.      Peran apakah yang telah diberikan organisasi masyarakat ini ( FKPPI ) terhadap masyarakat sekitar, sehingga dapat menghasilkan dampak yang positif bagi masyarakat?
JAWABAN :
Dengan berdirinya FKPPI di tengah-tengah masyarakat merupakan suatu hal yang diharapkan oleh masyarakat sekitar. Kepedulian FKPPI terhadap masyarakat sangat di terima , banyak peran-peran yang telah diupayakan oleh FKPPI dalam berbagai bidang, yaitu dalam bidang sosial, kebudayaan/olahraga, pendidikan, hukum, kerohanian, kewiraswastaan dan masih banyak lainnya. FKKPI juga telah banyak melakukan kegiatan seperti donor darah, bakti sosial, serta penggalangan dana untuk bencana alam yang sifatnya lokal dan nasional.
 
III.             Metode Penelitian
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif hal ini dikarenakan menurut peneliti metode ini lebih cocok serta memberikan kemudahan bagi peneliti.
Penelitian ini dilakukan pada :
Hari / tanggal             : Sabtu, 10 November 2012
Tempat                       : JL. Raya Puspiptek desa setu RT 14/04       
 
IV.           Gambaran Objek Penelitian
           Organisasi ini bernama Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri Angkatan Bersenjata Republik Indonesia disingkat FKPPI. FKPPI berdiri pada tanggal 12 September 1978 di Jakarta dan dikembangkan menjadi organisasi kemasyarakatan pada tanggal 12 September 1995, untuk waktu yang tidak ditentukan. Pusat Organisasi FKPPI berkedudukan di Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia.
           FKPPI mempunyai hubungan kesejarahan dan emosional dengan PEPABRI, persatuan purnawirawan POLRI ( PP POLRI ), Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD ), Persatuan Purnawirawan Angkatan Udara ( PPAU ) dan Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut ( PPAL ) dalam Koordinasi TNI-POLRI.
           FKPPI sebagai organisasi berfungsi menjembatani berbagai latar belakang sosial segenap putra putri purnawirawan dan putra putri TNI-POLRI untuk menjalin kerjasama yang bersifat kekerabatan sehingga tercipta cita-cita bersama. FKPPI berfungsi sebagai dinamisator, mediator, stabilisator, katalisator dan komunikator dalam kepentingan Poltik Bangsa.
 
V.              Analisis
           Dari pengamatan yang peneliti lakukan terhadap organisasi FKPPI dapat di lihat bahwa FKPPI memiliki peran yang cukup baik serta dapat menjalankan maksud, tujuan serta fungsinya. Hal ini dapat diketahui dengan adanya kegiatan-kegiatan yang dilakukan FKPPI, peran yang dilakukan serta adanya pengakuan dari beberapa masyarakat yang merasakan dampak positif serta peran aktif dari FKPPI.
           Menurut bapak Daryanto (48) selaku ketua RT setempat dia merasakan adanya keuntungan yang telah diberikan oleh berbagai organisasi masyarakat salah satunya FKPPI, FKPPI sering melakukan kegiatan penggalangan dana dan pelatihan kewirausahaan. Hal tersebut juga dirasakan oleh Ibu Usi (35) seorang Ibu rumah tangga.
DAFTAR PUSTAKA
 
Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga Dan Peraturan Organissasi FKPPI. 2009. Sekretariat Jenderal Pengurus Pusat FKPPI. Jakarta
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini