Senin, 12 November 2012

Mia Kurnia Ningsih_kpi 1E_Laporan 1

Judul Penelitian    : Agama dalam kehidupan sosial (PARPOL PAN)
Peneliti        : Mia Kurnia Ningsih (1112051000156)        

I.) Latar Belakang
            Partai politik PAN mempunyai andil yanhg sangat penting dalam partai politik di Indonesia .
Indonesia merupakan negara Demokrasi yang bayak terdiri dari berbagai Parpol- parpol yang sangat banyak , dan salah satu nya adalah Partai Politik PAN .
Partai politik PAN didasari nasioanalisme ,namun Agama juga berpengaruh dalam partai politik tersebut . selain partai Politik PAN juga berdiri atas MAJELIS AMANAT RAKYAT , yakni yang menjadikan partai ini dinamai PAN.
PAN berdiri pada tahun 1998 yang dipelopori Drs.Amin Rais.Pada Parpol PAN.
PAN memang berbasis Nasionalisme Namun menurut partai PAN Agama juga berpengaruh di dalam nya , selain itu PAN bersifat Sosial , partai PAN tidak membedakan RAS , RAGAM,SUKU,dan AGAMA ,karena menurut mereka agama dipartai politik beragam namun yang terpenting Tujuan mereka tetap sama.
Lagi pula landassan partai PAN adalah BHINEKA TUNGGAL IKA yang artinya berbeda-beda namun tetap satu .

II.) Pertanyaan Dalam penelitian
  1. Bagaimanakah  melihat PAN  dalam agama ?
              Dalam partai PAN melihat agama sebagai kesinambungan antara agama dengan nasionalisme .
Partai Politik PAN tidak membedakan agama dalam suatu PARPOL untuk mereka perbedaan dalam agama bukan menjadi hambatan dalam seseorang untuk berkarya dalam partai politik.
Dalam partai politik Nasionalisme sangat berkesinambungan dengan agama .
Dalam nasionalisme itu terdapat suatu yang sangat penting yakni  amanat rakyat yang bersifat nasional (kebhinekaan) ,sedangkan dari segi  agama PAN tidak membedakan apakah agama itu sendiri.

2. Dalam partai politik, apakah agama berpengaruh di dalamnya, dan apakah agama mempunyai andil di dalammya serta adakah dinamikanya ?

             Dalam Partai PAN, PAN melihat agama lebih menimbulkan bercak agama pada banyak kinerjanya. Bagi Partai PAN, agama merupakan corak yang mendasari partai PAN sendiri dan Partai PAN terdiri dari berbagai macam agama, tidak hanya agama Islam. Banyak dari agama lain yang ikut andil dalam kinerja PAN.
PARPOL PAN agama mempunyai andil di dalam partai politik PAN , dan tentu saja mempunyai dinamika tersendiri untuk Partai PAN .

III.) Metode Penelitian
metode penelitian: kualitatif
lokasi penelitian: jalan TB. simatupang
waktu penelitian: rabu, 7 november 2012 , jam 14:00-16:30

IV.) Obyek Penelitian
            Bapak Anton Syafriuni S.sos wakil sekretaris jendral DPP PAN pusat

V.) Analisis
          Dalam analisa kami bahwa PAN merupakan PARPOL yang bersifat netral dan juga mempunyai nilai social yang sangat baik ,PAN tidak membeda-bedakan RAS dalam Partai nya ,dalam partai PAN nasionalisme dan agama adalah suatu bentuk yang berkesinambungan tidak dapat di pisahkan
PAN landasi  oleh Bhineka Tunggal Ika dan Nasionalisme ,namun konteks agama tetap ada pada PAN.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini