Senin, 12 November 2012

M.Badruzzaman_Lap1_Yayasan Darunnisa

Institusi sosial Yayasan Darunnisa

Muhammad Badruzzaman (1112051100015)

I. Latar Belakang

Saat ini, ada banyak sekali  yayasan yang berdiri di Indonesia dengan berbagai bidang yang digelutinya. Mayoritas penduduk Indonesia yang beragama islam  inilah yang melatar belakangi lahirnya organisasi kemasyarakatan khususnya dibidang Dakwah dan syiar islam selain memertebal keimanan organisasi masyarakat islam juga sebagai sarana pendidikan seperti kajian tentang islam maupun al-Qur'an serta tentang kehidupan sosial yang terjadi dimasyarakat. Sehinggga inilah yang mendorong lahirnya organisasi kemasyarakatan dalam bidang keislaman selain bersifat dakwah juga sebagai silaturrahmi antar masyarakat, dalam perkembangannya organisasi kemasyarakatan islam ini mengalami banyak kemajuan, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya majlis ta'lim, lembaga islam dan lain sebagainya disetiap daerah atau kecamatan, secara umum organisasi kemasyarakatan islam ini dapat mempersatu umat dan menciptakan kedamaian dalam islam.

II. Pertanyaan Pokok

1.      Apa latar belakang berdirinya yayasan Darunnisa?

Karena pada waktu itu masyarakat sekitar itu masih percaya terhadap hal-hal yang mistis seperti menaruh sesaji di pohon besar dan kurang mengetahui agama secara mendalam, sehingga tercetuslah untuk membuat yayasan dalam bidang syiar islam yaitu yayasan Darunnisa untuk meluruskan keimanan dan mencegah kemusyrikan, serta membentuk amar ma'ruf nahi munkar yaitu  mengajak hal-hal baik dan mencegah hal-hal yang buruk.

2.      Apakah pengaruh yayasan Darunnisa terhadap masyarakat sekitar?

Pengaruhnya itu banyak selain memerkuat atau mempertebal keimanan, syiar dan dakwah islam juga sebagai sarana silaturrahmi antar masyarakat dan memajukan masyarakat.

III. Metode Penelitian

Metode penelitian; kualitatif  metode ini digunakan untuk menggali dan mengetahui tentang informasi lebih dalam melalui wawancar dengan nara sumber.

Waktu      : 12 November pukul 17.00 – 18.00

Tempat     : Jl Legoso raya Tangerang Selatan

IV. Gambaran Tokoh

Rusdiah Sabuki, beliau merupakan ketua yayasan darunnisa dan pemimpin jemaah haji darunnisa, beliau sangat berpengaruh dalam yayasan darunnisa ini selain berjiwa pemimpin beliau juga seorang pendakwah bahkan beliau tidak berdakwah di Indonesia saja melainkan samapai ke mancanegara seperti Amerika Serikat dan Jepang, beliau juga sosok yang dermawan dengan mendirikan yayasan yatim piatu dan lansia.

V. Analisis

Yayasan Darunnisa adalah organisasi kemasyarakatan islam yang didirikan pada tahun 1973 dengan penggagas atau pendiri yayasan darunnisa ini adalah Alm.Drs. Sabuki alasan beliau mendirikan yayasan darunnisa ini karena pada waktu itu masyarakat masih percaya tentang hal-hal mistis atau yang menyekutukan Allah seperti sesaji dan percaya pada benda-benda yang dianggap keramat, hal inilah yang mendorong terbentuk yayasan darunnisa untuk meluruskan keimanan dan mencegah kemusyrikan. Seiring berjalannya waktu kini yayasan darunnisa dipimpin oleh Hj. Rusdiah Sabuki, dengan wakil ibu Mughni dan bendahara ibu Safuan serta anggota sekitar 300-an lebih. Perkambangan yayasan darunnisa ini sangat pesat selain di daerah ciputat, yayasan darunnisa juga membuka cabang di Baros, Serang Banten serta mendirikan sekolah dan yayasan yatim piatu. Kegiatan sehari-hari di yayasan darunnisa adalah setiap subuh mulai dari pukul 04.00 – 07.00 melakukan sholat subuh berjamaah, ceramah subuh, serta mengkaji tentang isi al-Qur'an, pengaruh yayasan darunnisa terhadap masyarakat sekitar yaitu selain memerkuat atau mempertebal keimanan, syiar dan dakwah islam juga sebagai sarana silaturrahmi antar masyarakat dan memajukan masyarakat. karena dakwah dan syiarnya mudah yayasan darunnisa dapat diterima oleh masyarakat sekitar. Darunnisa ini juga mempunyai kegiatan yaitu menyantuni fakir miskin, lansia dan anak yatim. Yayasan darunnisa ini adalah majelis ta'lim nya perempuan karena sebagian besar jamaah nya perempuan tetapi kegiatannya tidak  khusus perempuan saja banyak juga pihak laki-laki yang terlibat seperti santunan dan sekolahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini