Senin, 12 November 2012

Tugas lap 2 FORM KOMUNIKASI ANAK BEBAS ( ORMAS ISLAM), Nama : Dewi Utari (1112051000134)


 
FORM KOMUNIKASI ANAK BEBAS ( ORMAS ISLAM)
Nama : Dewi Utari (1112051000134)
       I.            Latar Belakang
           Bangsa Indonesia merupakan suatu Bangsa yang demokratis, adil dan tegas serta Bangsa yang sudah maju, berkembang, modern dan canggih seperti aspek tekhnologi, pendidikan, tempat rekreasi, tempat wisata kuliner, dan sebagainya. Didalam Bangsa ini banyak terdapat beberapa-beberapa golongan perkumpulan antar daerah, contohnya seperti kelompok Madura, kelompok Yogyakarta, kelompok Malang, kelompok Sumatra, kelompok Betawi, dan lain-lainnya.
           Namun karena, semakin canggihnya tekhnologi, semakin modernnya bangsa ini maka semakin sulit dan jarang ditemukan sekelompok kalangan antar Negara ini. Dan hal ini sangat memprihatinkan bagi saya, untuk itu saya berusaha untuk menganalisis dan mengetahui secara mendalam dari salah satu sekelompok antar wilayah ini. Dan saya memusatkan perhatian saya kepada sekelompok kalangan Betawi yaitu FORKABI, dimana kalangan ini adalah suatu kalangan penduduk  asli dari setiap masing-masing antar wilayah ini. Tetapi, karena bangsa ini dari hari ke hari semakin canggih, modern saja maka hamper dari sebagian masyarakat yang aslinya adalah masyarakat dari wilayah lain pada berdatangan untuk mencari nafkah, mencari pendidikan bahkan sampai menetap dibanga ini sehingga membuat kalangan minoritas betawi ini pun semakin pudar dan hilang saja.
 
    II.            PERTANYAAN POKOK
                                          1.         Apa alasan didirikannya FORKABI?
                                          2.         Bagaimana pandangan FORKABI mengenai agama?
 
 III.            METODE PENELITIAN
           Metode yang saya gunakan disini adalah Metode Kualitatif, dimana suatu metode yang dilakukan dengan cara yang lebih singkat tetapi lebih mendalam, serta mengetahui suatu analisis ini secara terperinci dan saya sangat ingin mengetahui FORKABI ini secara mendalam.
 
 IV.            GAMBARAN TOKOH
Nara sumber dalam penelitian terhadap forum komunikasi anak betawi (FORKABI) didapat dari bapak Ach. Dahlan. S.sos , beliau adalah pembina ranting dalam partai tersebut.
 
    V.            HASIL ANALISIS
              Setelah saya melakukan pengamatan mengenai FORKABI ini maka dapat disimpulkan bahwa FORKABI adalah Suatu Forum Komunikasi Anak Bebas khususnya masyarakat Betawi yang didirikan oleh hampir sebagian minoritas kaum agama islam, sekitar 18 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1994. terbentuk FORKABI ini didasarkan oleh nilai-nilai perjuangan etnis betawi yang dari hari kehari jadi semakin tergeserkan dan hilang oleh kelompok wilayah lain dari berbagai macam ras dan suku, sehingga mereka berinisiatif untuk membuat suatu forum tentang masyarakat betawi dengan tujuan supaya kalangan betawi ini tidak luntur dan hilang karena semakin canggih nya bangsa ini dan semakin banyak ras dan suku yang datang. Agama dalam pandangan FORKABI sendiri merupakan suatu pencitraan dari nilai-nilai masyarakat betawi itu sendiri karena dalam FORKABI itu sendiri terdiri dari suku Arab dan Cina serta FORKABI selalu bersikap netral dalam urusan agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini