Senin, 12 November 2012

Laporan Penelitian, Agama dalam Kehidupan Sosial pada Parpol dan ORMAS, Thabita N Dhiraja, KPI 1E

Laporan 1, Agama dalam Kehidupan Sosial pada Partai Amanat Nasional (PAN)

 

Nama  : Thabita N Dhiraja

NIM   : 1112051000141

 

I. Latar Belakang

           

            Di Indonesia terdapat banyak partai, di partai partai tersebut ada beberapa yang dilandasi dengan nilai nilai keagamaan. Dengan adanya penelitian yang meneliti nilai nilai keagamaan yang terdapat dalam sebuah partai maka dengan itu saya mencoba menleiti dan menelaah apakah partai PAN ( Partai Amanat Nasional ) memiliki sebuah nilai keagamaan yang terkandung dalam partainya.

 

II. Pertanyaan Pokok Penelitian

 

1.      Bagaimana kedudukan agama dan nasionalisme dalam partai ini? Dan apakah ada perlakuan khusus kepada masyarakat yg beragama islam atau sebagainya?

2.      Bagaimana landasan agama yang dianut dan di pegang oleh PAN sendiri?

 

 

III. Metode Penelitian

 

            Metode peneliatan : Kualitatif

            Dengan menggunakan metode penelitian ini kita dapat mengetahui lebih mendalam, spesifik dan lebih tepat dengan apa yang sedang diteliti dan yang ingin diketahui tentang informasi dari partai politik berikut.

Waktu                               :  07 november 2012 , jam 14:00-16:30

Tempat                             :  Kantor pusat partai amanat nasional (PAN)

                                             Jl. Tb .simatupang . Jakarta selatan

 

IV. Gambaran Subyek/Obyek Penelitian

           

            Narasumber Anton Syafriuni S.Sos, merupakan wakil sekretaris jendral dari DPP PAN pusat, juga merupakan tokoh dalam partai yang berpengalaman dalam seluk beluk partai PAN. Beliau tidak hanya pengurus partai tapi juga merupakan tokoh yang cukup aktif baik dalam pendidikan seperti menjadi dosen dan pengamat politik, dengan ini beliau sangat paham dengat dunia politik.

 

V. Analisis

 

            PAN merupakan partai yang berlandaskan nasionalisme total. PAN sudah berdiri sejak tahun 1998 yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaan. Agama menurut partai ini tidak harus ditunjukkan dengan praktek agama dalam partai. Menurut partai PAN kedudukan masnyarakat adalah rata di mata hukum, tidak memandang kedudkan sosial dan juga tidak memandang kedudukan agamanya. Dalam partai ini kedudukan agama dan nasionalisme mempunyai kedudkan yang seimbang dengan kata lain tidak dibeda bedakan karna mempunyai peran yang sama sama penting.   Prospek  dalam landasan keagamaan PAN itu berpandangan pada Bhineka Tunggak Ika yang dengan kata lain tidak membeda bedakan suku dan agama masyarakat, karena para anggota PAN sendiri juga dari agama yang berbeda juga maka dengan itu agama di partai ini memiliki kedudukan penting.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Laporan 2, Agama Dalam Forum Kumpulan Anak Muda Betawi (FORKABI)

Nama : Thabita N Dhiraja

NIM    : 1112051000141

 

I. Latar Belakang

           

Forkabi adalah organisasi yang berada dalam masyrakat yang khususnya itu komunitas anak anak betawi. Terbentunya organisasi yang di rampungkan dengan nama forum anak muda betawi, lebih jelasnya lagi bahwa dalam terbentuknya organisasi ini terdorong dari suatu permasalahan yang melingkupi masyrakat betawi yang mulai terkikis zaman, sehingga sulit didapatkan dengan kesatuan dalam satu wilayah yang tetap, pada awalnya betawi merupakan kumpulan dari berbagai etnis mulai dari arab dan cina (mayoritas) namun sekarang telah tumbuh menjadi masyarkat multi etnis karena telah bercampur dengan berbagai macam etnis. Dalam forum ini ternyata terdapat banyak anak anak yang menganut aagama Islam yang saling menghargai perbedaan agama yang terdapat dalam lingkungan masyarakat.

 

II. Pertanyaan Pokok Penelitian

1.      Apa yang mendasari terbentuknya FORKABI?

2.      Apa pandangan agama menurut FORKABI?

 

III. Metode Penelitian

            Metode Penelitian : Metode Kualitatif

Metode ini cocok untuk meneliti dengan tetap ormas ormas seperti FORKABI ini

Waktu                               : 08 november 2012 , jam 14:00-16:30

Tempat                             : Pasar minggu ,Jakarta selatan danRawa belong , Jakarta barat

 

 

IV. Gambaran Subyek/Obyek Penelitian

Ahmad dahlan .s.sos   : Pembina utama forkabi (nara sumber utama)

Zulkifli hasan               : participant

Abdullah yasin             : participant

Muhammad sodikin    : anggota

Idrus shahab                : anggota

Kamaluddn harahap   : anggota

Muhammad syarifuddin: anggota

Jihat alamsyah                        : anggota

Maskur ahmad                        : anggota

Helmy yahya               : anggota

Chairul razak               : anggota

Ahmad mumtaz raiz   : anggota

Putra jaya Husain        : anggota

Taufik abdillah            : anggota

Chairil anwar              : anggota

Ahmad bakri Husain   : anggota

Ali farhan                    : participant

Darwis habibi              : anggota

Ahmad maulana         : anggoa

Aries saputra               : participant

Mustofa arifin             : anggota

Decky umammur rais : anggota

Deden zainuddin         : anggota

Ahmad zikrillah           : anggota

Zainuddin umar          : anggota

Muhammad najib       : anggota

Muhammad aidillah p            : anggota

Rahman hakim            : anggota

Asep saipullah             : anggota

Radytia                        : anggota

Kusni mubarok            : anggota

Haryanto                     : anggota

Didin hafiluddin          : anggota

 

 

V. Analisis

            Forkabi merupakan organisasi yang berada dalam masyarakat. Organisasi ini lebih tepatnya adalah forum yang merupakan perkumpulan anak anak muda betawi yang sadar akan terkikisnya budaya betawi dengan seiring berjalannya waktu. Ternyata dalam forum ini dapat diketahui bahwa mayoritas orang betawi merupakan penganut agama islam. Walaupun mayoritas menganut agam islam organisasi ini tetap menghargai perbedaan perbedaan agama yang terdapat di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini