Senin, 12 November 2012

Umi Kulsum_Lap1_"Organisasi Peremaja" Jurnalistik 1A

Wawancara Organisasi Masyarakat

Judul Penelitian  : Organisasi Masyarakat Peremaja

Peneliti                : Umi Kulsum (1112051100003)

Narasumber : Ricardo Denay (Ketua Peremaja sementara )

       I.            Latar Belakang

Peremaja (Persatuan Mahasiswa Jambi Jakarta Raya) termasuk organisasi besar yang menaungi perkumpulan mahasiswa-mahasiswa yang tersebar di Indonesia. Menurut saya, tema ini sangat menarik untuk diteliti selain organisasi ini sebagai perkumpulan mahasiswa tetapi didalam peremaja ini diajarkan banyak hal agar sewaktu pulang ke Jambi nanti dapat memberikan sumbangsi yang bermanfaat bagi masyarakat. Organisasi ini juga telah diakui oleh Pemerintah Jambi sehingga ini adalah organisasi yang telah diresmikan oleh Pemerintah Jambi.

 

    II.            Pertanyaan Pokok Penelitian

1.      Pada tahun berapakah awal organisasi peremaja ini didirikan?

Pertanyaan utama ini sangatlah penting untuk melanjutkan ke pertanyaan selanjutnya. Karena pertanyaan tentang didirikannya organisasi ini adalah untuk memperjelas pertanyaan lain. Pertanyaan ini sangat erat kaitannya dengan keterangan berdirinya organisasi ini.

2.      Apa tujuan didirikan organisasi peremaja?

Pertanyaan mengenai tujuan didirikannya organisasi juga sangat penting dalam memperjelas bagaimana organisasi ini bisa didirikan, apa visi dan misinya mendirikan organisasi ini, tidak ada sebuah organisasi yang tidak mempunyai tujuan.

 

 III.            Metode Penelitian

                                i.            Metode yang saya gunakan dalam penelitian ini ialah Metode Kualitatif, tujuan saya menggunakan metode ini ialah metode kualitatif bisa lebih fleksibel dan agak lambat melakukan fokus. Ia dapat melakukan proses fokusisasi (focussing) saat studi dijalankan. Intinya metode ini sangat memudahkan saya dalam melakukan penelitian.

 IV.            Gambaran Subjek/Objek Penelitian

Organisasi Peremaja yang saya teliti ini adalah organisasi perkumpulan mahasiswa Jambi yang sedang menuntut ilmu didaerah manapun tetapi memiliki sebuah naungan yaitu organisasi peremaja ini. Ketua peremaja sementara Ricardo Denay juga menjelaskan banyak manfaat yang didapatkan dari organisasi ini, yang terpenting ketika pulang ke Jambi nanti kita mempunyai segudang ilmu yang dapat di realisasikan kepada masyarakat Jambi. Peremaja ini adalah organisasi besar yang menuntun kita menuju kesuksesan. Dapat mempererat silahturahmi antar mahasiswa lain dalam perkumpulan, mendapatkan banyak pengalaman dll.

 

    V.            Analisis

Dari penelitian ini saya dapat menarik kesimpulan organisasi ini sangatlah berguna, memberikan banyak ilmu, dapat mempererat jalinan silahturahmi. Dari kegiatan yang dilakukan dalam organisasi ini juga banyak memberikan manfaat contohnya seminar, kajian bersama dll. Sangat menguntungkan bila bergabung dalam organisasi ini. Organisasi ini sudah diaku adanya oleh Pemerintah Jambi. Dana yang didapatkan juga dari APBN Pemerintah Jambi, dari kas anggota, hasil baksos, dan sumbangan dari anggota yang telah sukses tapi tetap mengabdi pada organisasi ini. Inilah yang dinamakan solidaritas, walaupun sesukses apapun ia akan tetap ingat pada kelurganya dahulu (sesama peremaja).
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peremaja

(Persatuan Mahasiswa Jambi Jakarta Raya)

                  Peremaja didirikan pada tahun 1997 dengan nama Peremaja (Persatuan Mahasiswa Jambi Jakarta Raya) Karena dengan pertimbangan agar mencakup seluruh daerah akhirnya pada tahun 2002 Peremaja dilengkapkan menjadi Peremaja JABODETABEK.

                  Tujuan didirikan organisasi ini untuk mengaktifkan dan mempersatukan remaja Jambi, mempererat silahturahmi, memperkenalkan satu sama lain, memberi  sumbangsi sebagai suatu pelajaran ketika pulang ke Jambi nanti.

                  Ketua Peremaja adalah Mu'min Rusli yang sedang menuntut ilmu disebuah perguruan tinggi di STAI Indonesia. Penggantian ketua dan pengurus sejak tahun 2012 setiap 2 tahun sekali sedangkan tahun tahun sebelumnya setiap penggantian pengurus dan ketua hanya 1 tahun sekali.Ketua dan pengurus peremaja dipilih berdasarkan hasil musyarah dan mufakat bersama dari setiap anggota peremaja. Organisasi ii diakui oleh Gubernur Jambi , dan dana yang digunakan untuk kegiatan didapatkan dari APBN Pemerintahan Jambi, dari kas anggota, baksos, dan dari dana anggota yang telah sukses. Kegiatan yang dilakukan dalam organisasi ini biasanya seminar, dan membicarakan agenda kegiatan untuk bulan kedepan.

           Organisasi Peremaja adalah seluruh Mahasiswa Jambi yang sedang menuntut ilmu di daerah JABODETABEK. Organisasi ini juga memiliki basecamp tempat berkumpulnya para anggota yang beralamat di Jalan Kramat Sentiong RT 03/01 NO. 76 Jakarta Utara.

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini