Senin, 12 November 2012

laporan 1, PELETAKAN NILAI AGAMA DALAM PARTAI POLITIK YANG BERLANDASKAN NASIONALIS Partai Amanat Nasional (PAN), Ridho Falah Adli, KPI 1 E

PELETAKAN NILAI AGAMA DALAM PARTAI POLITIK YANG BERLANDASKAN NASIONALIS

Partai Amanat Nasional (PAN)

 

Nama : Ridho Falah Adli

NIM    : 1112051000143

 

I.Latar Belakang

Pandangan masyarakat terhadap partai-partai politik yang ada di Indonesia sangat beragam. Tidak sedikit pula masyarakat yang bersikap apatis atau cenderung menganggap pergerakan yang dilakukan para partai politik ini sebagai angin lalu atau ada misi tersembunyi seperti menarik minat masyarakat untuk memilih saat pemilihan umum. Yah, kita sadari atau tidak seolah-olah para partai politik ini hanya keluar dan nampak apabila dekat dengan pemilihan umum, seperti saat pemilihan Presiden, pemilihan Gubernur dan pemilihan untuk kursi DPR. Dengan kampanye yang bermewah-mewahan, mereka saling mengumbar janji untuk mensejahterakan Bangsa Indonesia, tetapi setelah mereka mendapatkan apa yang mereka ingginkan kita lah yang menjadi korban. Janji-janji yang mereka lantangkan tidaklah terasa oleh kita.

Dari wacana diataslah timbul sebuah tanda tanya besar pada diri saya bahwa jika para partai politik ini menggunakan nilai-nilai agama dengan baik, tidak akan ada janji-janji manis yang tak terealisasi atau sebuah kebohongan publik di Indonesia. Saya juga bertanya-tanya sebenarnya apa yang dilakukan para partai politik ini yang mengandung kegiatan keberagamaan.

Saya pun akhirnya berlabuh ke sebauah kantor kepengurusan Partai Amanat Nasional (PAN). Disana saya menanyakan tentang nilai-nilai agama dalam pandangan partai nasionalis seperti PAN. Saya memilih Partai Amanat Nasional (PAN) karena partai yang didirikan oleh Prof. Amien Rais ini bisa terbilang sudah cukup kaya akan pengalaman baik dalam kebangsaan maupun perhatiannya pada rakyat yang terwujud dalam visi dan misi.

 

II.Pertanyaan Pokok Penelitian

1.Bagaimana pandangan partai PAN dalam penggunaan nilai-nilai agama?

Jawaban: karena partai PAN adalah Partai yang berlandaskan Nasionalis total, kedudukan Agama dan Nasionalisme pada tubuh PAN adalah berimbang. Dalam tubuh PAN banyak beda agama yang berkerja untuk PAN, karena landasan keagamaan Pan prospeknya itu pandangan pada Bhineka Tunggal Ika. Jadi, agama menurut Partai PAN tidak harus ditunjukan dengan praktek agama dalam partai.

 

2.Apa saja kegiatan-kegiatan partai PAN yang mengandung nilai keagamaan?

Jawaban: beberapa bulan terakhir yang melakukan bentuk kegiatan yang bersifat keagamaan seperti adanya menyediakan qurban pada idhul adha, mengadakan buka puasa bersama pada bulan Ramadhan kemarin, serta banyak pula kegiatan yang lain yang pada dasarnya digolongkan pada kegiatan keagamaan.

 

III.Metode Penelitian

Metode penelitiaan: kualitatif ,metode ini digunakan guna menggali lebih dalam tak hanya dalam menelisik pandangan agama tapi juga menelisik peran dan gerak parpol dalam menjalankan kinerjanya yang pada dasarnya mengunakan manfestasi nilai agama

Waktu: 07 november 2012 , jam 14:00-16:30

Tempat: kantor pusat partai amanat nasional (PAN)

                                             Jl. Tb .simatupang . Jakarta selatan

 

IV.Gambaran Tokoh

Narasumber Anton Syafriuni.s.sos  beliau  meruapakan wakil sekretaris jendral dari DPP PAN pusat , dalam kapsitasnya beliau juga merupakan tokoh dalam partai yang juga berpengalaman dalam seluk beluk partai itu sendiri , tak hanya sebagai pengurus partai tapi beliau juga merupakan tokoh yang cukup aktif baik dalam pendidikan seperti menjadi dosen dan pengamat politik, dengan kata lain beliau juga banyak faham akan bagaimana partai PAN  dimata beliau.

 

V.Analisis

Partai Amanat Nasional (PAN) adalah partai yang berlandaskan Nasionalisme total. Agama menurut Partai PAN tidak harus ditunjukan dengan praktek agama dalam partai, karena PAN bukanlah partai yang berlandaskan agama. Banyak beda agama yang berkerja dalam tubuh PAN. Dari situlah toleransi beragama sangat kuat dalam partai ini.karena landasan keagamaan PAN prospeknya itu berpandangan pada Bhineka Tunggal Ika yaitu, meskipun bermacam-macam tapi tetap satu jua. Maksudnya meskipun berbeda-beda tapi punya satu tujuan yaitu, yang tertera pada visi PAN itu sendiri

"terwujudnya PAN sebagai partai politik terdepan dalam mewujudkan masyrakat madani adil dan makmur , pemerintahan yang baik dan bersih di dalam Negara Indonesia yang demokratis  dan berdaulat , serta diridhoi allah SWT , tuhan yang maha esa"

            Dengan demikian partai amanat nasional tak hanya bergerak dalam kepentingan politik tak juga terjun langsung pada masalah dan juga mengawasi keamanan masyrakat bangsa yang aman tentram dan damai dan itu lah sumbangan paling tinggi dalam partai amanat nasional (PAN) untuk Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini