Senin, 12 November 2012

laporan 1, Pandangan Partai Nasionalis terhadap Nilai Agama, Annisah Bilqis, KPI1 E

Pandangan Partai Nasionalis terhadap Nilai Agama
 
Nama  : Annisah Bilqis
NIM     : 1112051000158
I.                    Latar Belakang
Indonesia memiliki berbagai macam partai politik dari yang berlandaskan agamis, nasionalis dan nasionalis agamis. Disini saya mewawancara partai politik yang berlandaskan nasionalis total yaitu PAN (Partai Amanat Nasional). Partai ini sudah cukup besar dan sudah cukup lama berdiri di pemerintahan legislatif.
 
Timbul rasa penasaran dalam diri saya mengenai pandangan PAN tentang perbedaan agama dalam sebuah partai dan tujuan partai PAN untuk memajukan Indonesia dalam agama.
 
II.                  Pertanyaan Pokok Penelitian
-          Bagaimana parpol ini memandang perbedaan agama dalam partainya?
PAN memandang bahwa di parpol ini agama bersifat universal, bhineka tunggal ika. Tidak ada persyaratan untuk sebuah agama mengikuti parpol ini. PAN tidak memprioritaskan sebuah agama dalam partainya tetapi agama memang sudah menjadi kewajiban untuk setiap pemeluknya. Jadi, di PAN ini tidak ada perbedaan agama untuk menjadi anggota PAN.
-          Apakah tujuan PAN untuk memajukan Indonesia dalam beragama?
Terdapat pada visi PAN yaitu untuk memberikan pencerahan bagi Indonesia, memberantas KKN dan membentuk pembangunan Indonesia. Itu visi pada nasionalisnya tetapi yang menjadi dasarnya adalah sebuah agama. Indonesia bisa maju karena mempunyai dasar pada kemanusiaan.
III.                Metode Penelitian
Metode Kualitatif, lokasi di gedung PAN jl Tb. Simatupang, Jak-Sel. Waktu pada tanggal 7 November 2012 jam 14.00-16.30
IV.               Gambaran Tokoh
Pak Anton Syafriuni S.sos yang menjabat sebagai Wakasekjen PAN.
V.                 Analisis
Disini saya meneliti sebuah partai politik yang sudah cukup besar dan sudah cukup lama berdiri di pemerintahan legislatif. Menurut narasumber yang saya teliti adalah suatu partai yang berdasarkan UUD, kebangsaan dan pancasila. Tidak berdasarkan agama tetapi ketakwaan. PAN tidak memprioritaskan dipartainya dengan agama tetapi agama memang sudah menjadi kewajiban untuk bagi pemeluknya. PAN berprinsip bhineka tunggal ika. Tujuan PAN untuk memberikan pencerahan bagi Indonesia, memberantas KKN dan membentuk pembangunan Indonesia. Partai politik adalah salah satu pilar untuk demonstrasi atau sah mencalonkan anggota legislatif dan membuat kebijakan dalam poltik. PAN juga berlandaskan terhadap agama dalam etika bisa menjadi wadah untuk memajukan Indonesia dan bagi anggotanya. PAN ini melihat agama secara universal tidak membeda-bedakan -agama. Nilai-nilai kemanusiaan dan nilai sosial juga ada di PAN. Aktivitas-aktivitas sosial yang dilakukan PAN yang menyangkut keagamaan terutama agama Islam juga banyak seperti sunnat massal, baksos ke panti-panti sosial.
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini