Senin, 12 November 2012

Nur Fajri Rahmawati_Lap1_usaha penyalur pesurat kabaran_jrnltk1a

USAHA PENYALUR PERSURAT KABARAN
 
NAMA             :  Nur Fajri Rahmawati
NIM                : 1112051100023
JURUSAN        : Jurnalistik 1a
 
I.                   Latar Belakang
 
Banyak zaman sekarang macam – macam wirausahawan sebagai alat untuk profesi. Salah satunya yaitu agen penyalur koran  kita sebagai mahasiswa sangat banyak membuka  informasi – informasi selain internet ada juga Koran yang berfungsi sebagai jendela dunia.
 
Alasan saya memiilih tema ini karena menarik dan karena program studi saya di perkuliahaan jurnalistik  maka saya berminat mengambil tema ini  dan mengetahui bagaimana cara membuat dan menyalurkan media cetak  hingga sampai ketangan konsumen.
 
II.                Pertanyaan pokok penelitian
 
1.      Ada berapa usaha media percetakan yang Bapak keluarkan untuk usaha persurat kabaran?
 
Untuk media percetakan yang saya geluti sekarang ada tiga macam media cetak, adapun media cetak yang saya geluti sekarang ini hanya Koran , tabloid, majalah.
 
2.      Adakah usaha lain yang anda geluti selain agen penyalur surat kabar?
Ada, untuk memenuhi kebutuhan keluarga saya, saya juga usaha kontrakan, ruko, kios, dan usaha menjual sembako untuk masyarakat daerah rumah saya.

III.             Metode Penelitian
 
Metode penelitian yang saya lakukan yaitu metode kualitatif dengan cara saya tejun langsung menemui orang yang saya ingin wawancarai. Penelitian ini saya lakukan pada hari Sabtu, 10 November 2012, Bertempat di Jln raya PLP curug . Dengan narasumber Bapak Pujiono.
 
 
IV.             Gambaran Subyek Penelitian
 
Pujiono, Lahir di 23  Juli 1969. Beliau merupakan seorang wirausahawan penyalur Koran selama  25 tahun beliu merupakann tamatan s1 di UNIS tangerang tetapi karena beliau sudah mempuyai jiwa wirausahawan yang berani mengambil resiko maka beliau memilih menjadi wirausahawan .
 
V.                Analisis
 
Berkisar 25 tahun Bapak Pujiono menggeluti usaha penyalur pesurat kabaran. Beliau telah memiliki karyawan sebanyak 33 orang,dari usaha beliau pak Pujiono mendapatkan  omset perhari, dan keuntungannya perhari sebanyak 3000 exemplar dan 300 ribu pehari. Bapak Pujiono selain mendirikan usaha pemasaran ini beliau juga memberikan fasilitas yang diberikan untuk menunjang bisnis ini untuk karyawannya berupa tempat berjualan atau kios – kios , kendaraan, dan tempat tinggal.
 
Beberapa  jenis produk yang dijual itu berupa 45 macam Koran, tabloid, dan majalah. dari usaha ini beliau sudah memasarkan ke perumahan, pasar,stasiun  dan terminal. Bapak Pujiono juga memiliki  usaha lain yang beliau geluti selain agen penyalur surat kabar yaitu usaha kontrakan, ruko, kios, dan usaha menjual sembako.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini