Senin, 12 November 2012

tugas8/sarah meida pratiwi/ kpi1E

Nama              : Sarah Meida Pratiwi

NIM                 : 1112051000160

Tugas               : 8

Tema               : Agama dalam Kehidupan Sosial

 

PANDANGAN AGAMA DI DALAM PAN

  I.            Latar Belakang

Di Indonesia terdapat banyak partai yang memeliki pengaruh yang berbeda pada masyarakat sekitar. Penelitian ini memfokuskan pada nilai-nilai agama yang terkandung didalamnya. Melihat pada masa sekarang banyak partai yang kurang menonjolkan nilai-nilai agama pada masyarakat.

PAN (Partai Amanat Rakyat) merupakan salah satu partai politik yang ada di Indonesia. PAN berdiri tahun 1998 dan pendiri PAN adalah Prof.Amien Rais. Pengaruh yang diberikan PAN kepada rakyat terbilang tak terhingga dilihat dari umur PAN sekarang. PAN merupakan organisasi politik yang menjalani ketentuan hukum yang dibentuk dengan suatu tujuan untuk memberikan kontribusi yang positif dalam demokrasi Indonesia. PAN tebentuk untuk memberikan pencerahan,keadilan dan kesejahteraan rakyat. Selama reformasi PAN telah memberikan banyak pengaruh pada masyarakat seperti memberikan hak-hak rakyat.

 

II.            Pertanyaan

1.      Apa pandangan PAN tentang agama ?

Pertanyaan ini ditujukan guna untuk mengetahui seberapa jauh partai ini memahi agama dan bagaimana partai ini menilai berbagai macam agama yang adadi Indonesia.

 

2.      Apa saja yang dilakukan PAN untuk menarik simpati masyarakat ?

Pertanyaan ini untuk mengetahui apa saja yang telah diberikan PAN pada masyarakat dari awal PAN berdiri sampai sekarang.

 

 

III.            Metode Penelitian

Kualitatif, metode ini dipilih karena lebih mudah memahami secara mendalam tentang pandangan agama dalam parpol.

Waktu                 : 07 November 2012, jam 14.00-16.30

Tempat               : kantor pusat Partai Amanat Nasional (PAN)

                        Jl. TB.Simatupang, Jakarta Selatan

 

IV.            Gambaran Tokoh

Narasumber Anton Syafriuni.s.sos beliau merupakan wakil sekretaris jendral dari DPP PAN pusat. Beliau juga merupakan tokoh yang cukup aktif dan baik dalam pendidikan seperti menjadi dosen dan pengamat politik,

 

V.            Analisis

Latar belakang Indonesia yang sangat majemuk dari segi agama membutuhkan toleransi yang tulus agar kehidupan yang bermatabat dapat berlangsung. Aanggota PAN sendiri terdiri dari berbagai agama. Di dalam PAN agama tidak harus ditunjukan dengan praktek agama. PAN lebih menimbulkan tanda-tanda agama pada kinerjanya yang diterapkan pada hari-hari besar seperti saat idul adha dan mengadakan buka puasa bersama saat bulan Ramadhan. Keagamaan PAN berlandaskan Bhineka Tunggal Ika walaupun dalam PAN terdapat berbagai suku dan agama namun mereka tetap membentuk suatu kesatuan dan kedudukan agama berimbang dengan kedudukan nasionalisme.

Selama PAN berdiri, PAN memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. PAN juga telah berperan penting sebagai partai yang mampu memberantas korupsi pada masa reformasi yang dipimpin oleh Amien Rais. PAN juga telah memberikan hak-haknya pada masyarakat, seperti memberikan modal pada masyarakat untuk berwirausaha mengadakan pelatihan bagi para wirausaha.

 

 

 

NILAI-NILAI AGAMA DALAM FORKABI

 

       i.            Latar Belakang

Forum Komunikasi Anak Muda Betawi (FORKABI) merupakan suatu organisasi masyarakat yang dibentuk karena didasarkan pada nilai perjuangan etnis betawi yang mulai tergerus oleh berbagai macam-macam ras dan tradisi. FORKABI berdiri pada tahun 1999 dan usisanya sampai saat ini telah berusia 13 tahun. Terbentuknya FORKABI tidak lepas dari para masyarakat betawi dan sesepuh serta para tokoh-tokoh penting yang melihat langsung kehidupan masyarakat betawi ditengah-tengah ibu kota Jakarta.

FORKABI merupakan satu-satu nya ormas yang sangat menjunjung tinggi nilai persatuan di masyarakat betawi. Ormas ini juga sangat disegani oleh sesama anak bangsa serta mampu merangkul orang-orang yang bukan asli betawi menjadi bagian keluarga di FORKABI.

 

      ii.            Pertanyaan

1.      Apa pandangan agama menurut FORKABI ?

Pertanyaan ini untuk mengetahui apakah ormas ini hanya mementingkan nilai-nilai kesukuannya saja atau tidak. Dan bagaimana pandangan FORKABI dalam menilai agama.

2.      Apakah yang membuat FORKABI berbeda dengan ormas lainnya ?

Pertanyaan ini untuk mengetahui perbedaan antara FORKABI dengan ormas lainnya dan hal apa yang membuatnya menjadi beda dengan yang lain. 

 

    iii.            Metode Penelitian

Kualitatif, metode ini dipilih agar lebih mudah memahami secara mendalam tentang adanya nilai-nilai agama yang terdapat di ormas ini.

Waktu              : 08 November 2012, jam 14.00-16.30

Tempat            : Pasar minggu, Jakarta Selatan

                  Rawa belong, Jakarta Barat

 

    iv.            Gambaran Tokoh

Narasumber Achmad Dahlan.s.sos, beliau menjabat sebagai pembina di FORKABI.

 

      v.            Analisis

Agama menurut FORKABI merupakan suatu nilai yang menjadi sumber panutan bagi masyarakat betawi sendiri. Dalam FORKABI juga terdapat berbagai suku seperti arab dan cina. FORKABI sendiri tidak membedakan satu sama lain maka dari itu agama bagi FORKABI netral.

FORKABI selalu menerapkan nilai kebersamaan yang tinggi didalam masyarakat Betawi yang ditujukan  untuk selalu menjalin tali silaturahmi tidak hanya pada masyarakat Betawi tetapi juga pada masyarakat yang non-betawi. FORKABI terbuka untuk siapapun. FORKABI dibentuk untuk mengorientasikan diri sebagai suatu organisasi yang berbasis pada massa ( perkumpulan masyarakat yang makro) sedangkan ormas lainnnya dibentuk karena adanya kepentingan individu di dalamnya dan biasanya bertujuan politik atau ingin mendapatkan kekuasaan. Biasanya ormas-ormas tersebut adalah ormas yang suka menentang kebijakan pemerintah yang menurut mereka itu salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini